Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat tempur ibu ASI perah



Welcome to di kehidupan ibu menyusui

Pagi-pagi sudah repot pumping nampung ASI

Bawa alat tempur kesana sini

Pulang-pulang tangan nenteng tas penuh ASI


 Assalamualaikum para ibu pumping se-Indonesia. Semoga masih strugle memberikan yang terbaik bagi buah hati bunda. Perjalanan menyusui adalah satu dari berbagai momen emas di kehidupan para bunda. Momen dimana ada alarm yang muncul di kepala yang mengingatkan jadwal memerah ASI sekaligus menyusui bayi. Ditambah segudang aktivitas lain yang juga menuntut diberikan space untuk didahulukan. Kadang ada rasa letih, bosan yang memang manusiawi kita miliki. Namun, jangan sampai ada semangat yang hilang dalam memberikan yang terbaik untuk buah hati. Perjuangan para bunda hebat tercatat dengan baik sebagai salah satu upaya menunaikan amanah yang Allah berikan berupa bayi mungil yang sehat. Tersimpan juga di hati ananda sebagai pengikat hati. Kelak disaat kita tak lagi berjibaku dengan aktivitas padat super rempong, ada kerinduan dan kenangan manis terukir di ingatan kita. 

Membersamai ananda kadang tidak bisa kita lakukan 24 jam. Ada kalanya si kecil kita tinggalkan sebentar di rumah saat kita punya aktivitas di luar rumah. Namun kewajiban menyediakan ASI tetap kita penuhi sebelum kita keluar beraktivitas. Untuk itu perlu menyiapkan stok asi untuk persediaan minum si kecil saat kita tidak disampingnya.

Tak hanya bunda pekerja saja yang aktivitas hariannya diliputi kegiatan memerah ASI. Beberapa full time mommy pun melakukan kegiatan perah ASI yang bertujuan untuk menjaga kuantitas ASI tetap terjaga. Seperti yang saya lakukan di masa menyusui karena bayi seringkali tidak mengosongkan gentong ASI secara penuh. Maka untuk menjaga agar ASI tetap diinstruksikan otak untuk  kembali cepat  diproduksi maka sengaja ASI di perah hingga benar-benar kosong. Rutinitas ini saya lakukan hanya dua atau tiga kali saja dalam 24 jam. Selebihnya bayi diajarkan untuk menghisap langsung atau Direct Breastfeeding.

Yuk, intip alat tempur apa saja yang biasanya digunakan oleh ibu ASI perah.

1. Pompa ASI

ASI bisa diperah dengan tangan langsung dan bisa pula menggunakan alat bantu pompa ASI. Pompa ASI terdiri dari dua jenis. Ada yang manual. Ada pula pompa elektrik. Merek dan keunggulan masing-masing banyak sekali sehingga bunda bisa memilih yang paling sesuai dan nyaman bagi kebutuhan bunda. 

Tips memilih pompa ASI

  • Pastikan terlebih dahulu fungsi penggunaan pompa ASI apakah untuk memenuhi stok ataukah sekedar untuk stimulasi
  • Pilih pompa yang sesuai kebutuhan dan aktivitas bunda. Bagi bunda pekerja lebih efektif menggunakan pompa yang ringan dan rechargeable.
  • Pastikan pompa ASI sudah lulus BPOM dan memiliki SNI agar ASI perah aman dan bunda pun merasa nyaman
  • Sebaiknya gunakan pompa close system agar disaat memompa ASI tidak masuk kedalam slang pompa yang dapat menyebabkan kurangnya higienitas alat.
  • Pilih pompa dengan fitur yang mampu menstimulasi Let Down Reflek (LDR) lebih cepat
  • Pilih pompa yang mudah dicari sparepart dan proses servis yang mudah bila dibutuhkan

2. Penampung ASI silikon

Pompa silikon
Penampung ASI silikon


Penampung ASI silikon memiliki manfaat yang cukup efektif bagi sebagian ibu asi perah. Alat ini cukup simpel diaplikasikan dengan fitur yang ringan. Bisa digunakan saat bunda menyusui bayi dengan memanfaatkan Let Down Reflek (LDR) sehingga asi otomatis terstimulasi keluar dan tertampung dengan aman. Harga yang ditawarkan juga cukup ekonomis sehingga bunda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam dibandingkan dengan harga alat pompa ASI. Selain untuk menampung ASI yang keluar secara alami, penampung ASI silikon pun bisa membantu memompa ASI keluar. Namun tentunya tidak seefektif pompa ASI sungguhan. Daya tampungnya juga tidak banyak. Namun desainnya yang kecil membuat penampung ASI mudah dibawa berpergian dan mudah pula dibersihkan.

3. Kantong ASI

Kantong ASI berfungsi sebagai media penampung dan penyimpan ASI perah. Penyimpanan ASI bisa menggunakan botol berbahan kaca ataupun plastik khusus yang steril.

Keduanya punya kelebihan-kelebihan masing-masing tergantung pilihan bunda. Untuk penggunaan botol kaca ASI keuntungannya memang lebih ekonomis karena botol bisa dicuci ulang dan tentunya lebih ramah lingkungan. Namun di sisi lain, bila botol dibersihkan dalam kondisi tidak steril dikhawatirkan bakteri dan jamur akan  merusak ASI yang ada didalamnya.

Untuk kantong ASI, penggunaan lebih praktis dan memudahkan untuk menyimpan di freezer. Pilih kantong ASI steril yang sudah BPA Free.

4. UV sterilizer

UV sterilizer bisa menjadi alternatif bila bunda membutuhkan alat yang bermanfaat untuk proses pengeringan dan sterilisasi wadah untuk mematikan kuman. Alat ini mampu mengurangi kontaminasi bakteri dari sirkulasi udara saat proses pengeringan alat yang digunakan seperti botol penampung ASI, alat makan dan minum bayi dan lain sebagainya. Proses membersihkan dan sterilisasi alat pompa lebih mudah, hemat waktu dan aman  tanpa perlu direbus di air mendidih.

Peralatan tempur Ibu ASI perah tentunya tidak semuanya harus kita miliki sendiri. Beberapa alat bisa kita sewa saja di tempat penyewaan peralatan bayi terdekat di area domisili kita. Karena bunda berdomisili di kota Medan, bunda mempercayakan tempat penyewaan peralatan yang dibutuhkan selama periode menyusui di Rental Breastpump Medan


Rental Breastpump Medan yang berbasis toko online sudah beroperasi sejak tahun 2015. Rental ini tidak hanya menyediakan peralatan ibu menyusui seperti pompa ASI, UV sterilizer dan kantong ASI saja. Ada steam blender, slow cooker, cookies ibu menyusui, Suplemen booster ASI dan lain sebagainya. Didukung berbagai merek yang terkenal dan banyak direkomendasikan untuk memudahkan fasilitasi menyusui bagi ibu dan bayi.

Keuntungan menggunakan layanan jasa sewa di Rental Breastpump Medan

✓ Tersedia alat yang memadai berbagai merek yang berkualitas baik

✓ Tersedia alat khusus muslim dan umum untuk pompa menyusui

✓ Proses peminjaman yang cukup simpel

✓ Alat dikemas rapi dan telah melalui proses sterilisasi terlebih dahulu serta diuji dengan baik sebelum dikirimkan kepada penyewa

✓ Free gift minuman booster ASI atau kantong ASI sesuai ketersediaan

✓ Penyewaan alat-alat hingga luar kota sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku

Untuk mengakses Rental Breastpump Medan, bisa langsung saja lewat IG

Nah dari beberapa alat tempur ibu ASI perah diatas yang mana saja yang bunda miliki?


22 komentar untuk "Alat tempur ibu ASI perah"

  1. asyik juga ya bisa sewa puping ASI.
    Apalagi bisa sewa yang mihil kayak yang elektrik gitu.
    Jadi kalo ternyata kita ndak cocok makenya, tinggal dipulangin aja.
    Kalo dah terlanjur beli yang mahal kan sayang sekali.

    BalasHapus
  2. Kebayang kalo Pumping bukan cuma sekedar Pumping. Harus ada ketenangan, kenyamanan biar quality dan juga quantity asi tetap terjaga.
    Asyiknya yang bisa rental tanpa menuhi barang di rumah saat tak terpakai lagi ya..

    BalasHapus
  3. Maaf, kak. Beneran terjamin ya dalam menyewa atau rental BreastPump? Dengernya itu seperti gimana gitu. Tapi kalau emang terjamin kualitas dan kebersihannya, bisa dicoba nih.

    Di Medan itu asik ya kak. Bisa rental Breast Pump.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya selalu ada proses sterilisasi sih Kak. Jangankan produk buat tempur asi, penyewaan produk mainan anak juga melalui proses sterilisasi kok.

      Hapus
  4. Baru tau ada jasa sewa alat tempur asi juga ternyata. Saya pikir cuma mainan anak yang bisa disewa. Memang sistem sewa begini memudahkan. Namun tetap harus dipastikan terkait kebersihan alat yang disewa.

    BalasHapus
  5. setuju kak, dulu awak pikir pompa asi itu semua sama ternyata beda fungsi, entah kenapa awak suka yang silikon begini bahkan manual perah pakai tangan wkwkw, atau bisa jadi belum sanggup beli yang elektrik juga sih haha etapi banyak jasa sewa juga ya kan wah happy nya jadi ibu menyusui zaman now

    BalasHapus
  6. Seandainya bisa punya pengalaman pumping hehe,, baru tau kalo ada rental alat-alat pumping, kalo beli sendiri lumayan mehong ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mihil...
      iya kalo cocok, kalo ternyata kurang nyaman makenya, kan sayang sekali.
      Kayak awak kurang nyaman pake pumping dulu tu.
      Tapi memang sih pumping yang awak pake itu yang murahan., yang bentuknya macam tenot tenot tukang roti itu..

      Hapus
  7. Wuah saya baru tahu nih …
    Jadi pengetahuan baru nih buat saya untuk di masa depan nanti. Nggak mesti harus beli ya kan, sewa pun bisa. Nyimak dulu deh, karena belum ngalamin. Dulu kirain yang pump ini hanya satu jenis saja. Eh, rupanya banyak jenis ternyata.

    BalasHapus
  8. Wah dapat ilmu baru nih soal puping ASI. Semoga dapat menambah pemahaman nanti jika sudah berkeluarga hehe

    BalasHapus
  9. Saya dulu juga termasuk yang menyewa breast pump electric pas punya bayi kembar. Soalnya ngotot banget mau kasih full ASI minimal 6 bulan pertama untuk si kembar. Alhamdulillah BISA. Terbantu banget sama jasa breastpump ini. Asal harus hati2 juga pilih tempat sewanya. Pastikan benar-benar bagus treatmentnya. Trus, sekalian aja pilih breastpump paling bagus. Jatuhnya lebih murah sewa dibanding harus beli.

    BalasHapus
  10. Coba dulu ada rental pompa asi ya, gak perlu repot2 pompa pake tangan deh, alhasil karena susah pompa anak direct asi aja deh :)

    BalasHapus
  11. Disaat pandemi seperti sekarang yg rentan akan penjagaan kebersihan yang harus diperhatikan adalah Prokes nya ya.
    Sterilisasi harus maksimal, Insyaallah aman

    BalasHapus
  12. semangat mengASIhi ya mak... ASI tidak ada yang bisa menyaingi semahal apapun susu formula ya... semangat terus mamaknya bahagia dan sehat selalu

    BalasHapus
  13. Makin keren aja ya jadi busui zaman now, udah ada rental breastpump pula jadi gak perlu mubazir beli alatnya sendiri trus hemat tempat penyimpanan setelah gak dipakai lagi. Kakak pikir dulu bisa sewa mainan anak udah solutif banget orang2 nah ini breaspump juga ya, noted

    BalasHapus
  14. Pemilihan pompa ASI yang tepat ini tentunya sangat membantu sekali ya. Perkembangan jaman semua bisa semakin mudah. Rental breastpump di Medan ini bisa banget lah direkomendasikan ke kawan-kawan juga karena saya pun stay di Medan nih.

    BalasHapus
  15. Wah ditanya kalian masuk yang maan? Saya belum masuk kategori semuanya mbak hehe.
    Eh btw artikelnya membantu sekali untuk saya suatu saat nanti, dan bari tahu ada alas pompa khusu muslim dan umum juga..penasaran gimana bentuknya ya

    BalasHapus
  16. kalau nanti sudah punya baby kayaknya bakal ngurus soal beginian niy mba, alat tempur buat asi, jadi ilmu banyak buat aku niy bun, persiapan apa saja saat jadi ibu menyusui

    BalasHapus
  17. Ini jadii alat tempur wajib yah kak kalo mau kemana2 bagi ibu yang mengASIhi, luar biasa emang hihi. Aku pernah mengalami masa2 bawa ini kemana2 soalnyaa

    BalasHapus
  18. wajib banget ya, tp kalau dulu aku dirumah aja, jadi semuanya udah disiapin malah gak kepake hehe karena lebih prkatis, ngek langsung hap wkwkwk

    BalasHapus
  19. Proses menyusui adalah proses yang mempunyai banyak cerita..pompa asi selalu menemani keseharian dalam proses menyusui..maka wajib banget ada ini.

    BalasHapus
  20. pernah mendengar perihal sewa menyewa peralatan bayi dan ibu saat menyusui ini, mulai umum dan banyak karena kalau dipikir-pikir juga lebih hemat dan penggunaanya juga paling maksimal sampai dua tahun. jadi nggak mubadzir juga ya, asalkan memilih yang terpercaya, nyaman, dan steril

    BalasHapus