Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Plays.org: Situs Game Online Ramah Anak dan Edukatif

Plays.org jejakbunda.com


"Setelah persimpangan belok ke kanan ya Pak. Rumah cat abu-abu," instruksiku pada bapak tukang becak yang kami tumpangi. 


"Oke, beres Bu," jawab si bapak setengah berteriak menandingi suara mesin motor yang menderu.


Akhirnya kami sampai juga di halaman rumah Yulia. Rumah dengan desain yang konvensional dan genting merah yang menandakan bangunan ini telah berumur puluhan tahun. Yulia tinggal hanya bersama ibu mertua dan ketiga anaknya saja.


Sudah lima bulan ini ia dan suaminya menjalani long distance relationship karena dipindahtugaskan ke kantor pusat. Praktis sejak saat itu pagar senantiasa di kunci gembok agar lebih aman.


Kriieeeet

Suara pintu dibuka.


"Yuk masuk. Maaf ya menunggu agak lama karena tadi Dio histeris" Yulia tergopoh-gopoh menghampiri kami.


"Iya gak papa. Emangnya histeris kenapa Dio?" tanyaku sambil bersalaman dengannya.


"Biasaaaa, tarik-tarikan hape sama eyangnya," jawab Yulia sambil tertawa memperlihatkan deretan gigi putihnya.


"Hai, Taqy," Sapa Yulia pada putraku. Usia anakku tujuh tahun. Sebaya dengan Dio, anak Yulia. Aufa hanya tersenyum.


"Bundaaa, look. The cat like a tiger," teriak Taqy menunjuk ke arah kucing yang tidur di sudut ruangan.


"Waaaah, pintar sekali. Kecil-kecil sudah bisa bahasa Inggris. Pasti rajin belajar sama Bunda. Nggak main hape melulu kerjaannya" tiba-tiba ibu mertua Yulia muncul dari balik pintu kamar dengan bibir mencucu ke arah Dio yang masih sesenggukan.


"Eh, ada Eyang,
Taqy malah ngerti bahasa Inggris dikit-dikit ya karena main hape, Eyang" jawabku sambil tersenyum simpul.


"Eyang gak percaya. Anak pegang hape itu gak ada bagusnya," tukas Ibu mertua Yulia mencibir.

Aku tersenyum.

Dulu aku pun memiliki kekhawatiran yang sama seperti Eyang Dio. Hingga suatu ketika saat menghadiri sebuah acara parenting, psikolog yang menjadi salah satu konselor pendidikan di Sekolah Dasar memberikan tips agar anak tertarik untuk belajar. 


Anak-anak usia SD masih dominan tertarik pada aktivitas bermain dan berbagai hal yang menyenangkan. Sebagai orangtua kita harus faham sehingga bisa menempatkan komposisi belajar pada porsi yang tepat. Bisa lewat aktivitas bermain ataupun mengemas pelajaran ke dalam bentuk permainan yang menarik minat dan fokus anak.


Konselor juga bercerita bahwa ia pernah memiliki pengalaman menghadapi anak yang cuek dan tidak mau belajar lewat perangkat teknologi yang sesuai. Teknologi merupakan pengetahuan yang harus dikuasai dan dimanfaatkan untuk belajar anak. Makanya setelah itu aku sadar dan tidak membatasi anak belajar dan memanfaatkan gawai sebagai sarana ia mendapatkan ilmu lewat plays.org


Plays.org merupakan salah satu sarana belajar sambil bermain lewat game online yang edukatif. Banyak games yang tersedia yang bisa dimainkan anak dan orangtua bersama sehingga selain mengisi waktu bersama bisa pula meningkatkan bonding antara anak dengan orangtuanya. 


Kosakata bahasa Inggris pun sedikit demi sedikit bertambah lewat game yang dimainkan anak. Seperti putraku yang mengingat vocabulary tiger karena memainkan games Daniel Tiger 's Neighbourhood spin and sing.


"Kamu gak kuatir membiarkan anak bermain games?" tanya Yulia

"Kuatir kenapa?" Tanyaku lirih

"Itu loh, banyak kejahatan di dunia internet yang tidak baik efeknya buat anak, " ujar Yulia menerangkan.

Aku tersenyum.

Memang tidak dapat dipungkiri banyak kejahatan seperti phishing dan bentuk kejahatan lainnya di dunia internet. Namun playstore.org sudah menyelesaikan tes Google Safe Browsing yang artinya situs ini cukup ramah anak dan aman dari phishing, malware dan bentuk kejahatan lain di dunia internet.


Plays.org merupakan salah satu situs permainan yang paling disukai para gamers karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan situs penyedia game lainnya. Salah satunya adalah karena bermain di Plays.org tidak perlu registrasi akun ataupun mendownload aplikasi tersendiri seperti kebanyakan platform lainnya.
 

Selain itu Plays.org juga cenderung mudah diakses lewat browser dan tidak mengeluarkan biaya tambahan. Cukup browsing dengan biaya kuota internet seperti biasa tanpa harus membayar biaya koin ataupun biaya tambahan lainnya. 

Games ramah anak jejakbunda.com

Banyak sekali games yang bisa dimainkan di plays.org. Ada ratusan games dengan berbagai jenis permainan yang cukup menarik. Kali ini saya mencoba mengulas aneka games ramah anak dan edukatif.



1. Pac Rat



Game yang terinspirasi dari game Pac Man ini didesain oleh Toru Iwatani. Dalam permainan Pac Man yang asli, pemain harus berhadapan dengan empat hantu yang memiliki karakter masing-masing.

 

Tugas pemain adalah memakan semua makanan pada arena permainan sekaligus menghindari keempat hantu tersebut. Nah, pada game ini karakter pemain ialah seekor tikus. Sedangkan karakter hantu digantikan oleh kucing.

 

Pac Rat jejakbunda.com
Games Pac Rat


Cara permainannya adalah menghabiskan makanan di arena permainan dan menghindari musuh yaitu kucing. Pac Rat Game menghadirkan keseruan bagi anak-anak karena tampilan visual yang atraktif serta semua level permainan yang semakin menantang. Game ini lumayan untuk menghilangkan bosan sekaligus menghibur kepenatan di sela waktu santai.


2. Daniel Tiger’s Neighbourhood Spin and Sing.



Game inilah yang membuat anakku Taqy belajar menambah kosakata Bahasa Inggrisnya. Lewat Daniel Tiger's Neighbourhood Spin and Sing ia belajar game online yang full music dengan instruksi menggunakan bahasa Inggris.

Plays org jejakbunda.com
Daniel Tiger's Neighbourhood Spin and Sing


Cara bermain game ini cukup mudah. Orangtua dapat bersama-sama dengan anak memutar spin bersama. Lalu setelah memutar spin, kita bisa main game seru ini dan ikuti perintahnya. Jika gagal, akan ada instruksi untuk melakukan lagi. Main game online Daniel tiger's neighborhood spin and sing sangat mengedukasi. Ada teks yang tertera di layar, lumayan bisa mengikuti ejaannya. Sehingga anak bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak 

 

3. Thomas and Friends Jigsaw Puzzle Game

 


Game online edukasi di plays.org dengan tingkat kesulitan 0 salah satunya Thomas and Friends Jigsaw Puzzle Game. Cara bermainnya mudah. Cukup mengarahkan kursor di gambar, puzzle bergerak sendiri sesuai tempat potongan puzzlenya.



4. Alphabet Bubbles



Game alphabet bubble adalah permainan edukasi untuk anak-anak dimana cara memainkan game ini adalah dengan cara pemain meletuskan gelembung dengan huruf di dalamnya saat mereka berada di atas peti harta karun yang menampilkan kata yang dimulai dengan huruf yang sama.  Di babak bonus, kita bisa meletuskan gelembung dalam urutan abjad

Alphabet bubble jejakbunda.com
Alphabet bubble



5. Guardians Defender of mathematica



Game yang satu ini adalah game dengan melatih kemampuam matematika di mana pemain harus memilih kategori matematika dan menjawab 10 pertanyaan untuk mengalahkan binatang ajaib, penyihir, troll, atau naga. 


Ada 16 kategori dan pemain dapat memilih kategori matematika campuran yang secara acak mencakup topik matematika apa pun.  Pertanyaan bisa menjadi lebih sulit saat pemain maju melalui permainan.

Defender of mathematica jejakbunda.com
Game guardian defender of mathematica


Serunya Guardian Defender of mathematica ini karena pemain  bisa mendapatkan perisai saat kita memenangkan permainan.  Pemain juga memenangkan harta karun dan boleh membuka kunci senjata dan aksesori lainnya untuk sesuai karakter yang dipilih mereka.

 

6. Jumper Frog

 


Game menyeberang jalan buatan Konami pada tahun 1981, Frogger menjadi inspirasi bagi Jumper Frog. Permainan ini cukup menegangkan ketika pemain harus menyeberangkan katak saat melewati jalan raya dan sungai.

 

Pemain harus memastikan katak tidak terlindas kendaraan dan tidak masuk ke sungai untuk memenangkan permainan. Inti permainan ini, kita harus cermat menentukan kapan katak digerakkan untuk menghindari kendaraan, kemudian melompat ke balok kayu dan melompat ke tepi sungai.

 

Jumper frog jejakbunda.com
Jumper Frog



Dalam setiap level, ada lima ekor katak yang harus menyeberang. Setelah satu katak berhasil menyeberang, waktu akan kembali ke awal.

 

Kita bisa menggerakkan katak maju dan mundur untuk menghindari bahaya. Jika gagal menyeberangkan tiga ekor katak, otomatis permainan akan berakhir. Namun saya selalu game over saat bermain Jumper Frog ini.


Menurut saya saat bermain Jumper Frog ada kesulitan melintasi mobil atau kendaraan yang lalu lalang di jalan raya. Kemudian harus menyebrangi sungai dengan menumpang kayu atau kura-kura di sungai. Saat kura-kura tenggelam, kita akan tenggelam alias game over. Belum lagi terkena lalat saat di lokasi penyebrangan, itu bisa game over juga.


"Udah jangan lama-lama kamu kasih juga Dio main game di situs yang dibilang Bunda Taqy," Ujar nenek Dio.


"Jadi boleh nih Mah Dio diizinin main game?" tanya Yulia memastikan.


"Ya bolehlah. Kan game nya bagus dan bikin Dio bisa belajar juga," seru nenek Dio. Dio melompat kegirangan.


Syukurlah situasi berakhir menjadi damai dan menyenangkan. Yang terpenting adalah orangtua bisa mengarahkan anak untuk menggunakan teknologi dan media bermain dengan tepat sesuai porsinya.



18 komentar untuk "Plays.org: Situs Game Online Ramah Anak dan Edukatif"

  1. Terimakasih telah menyempatkan berkunjung dan berkomentar dengan baik.

    Salam hangat,
    Author

    BalasHapus
  2. Alfie suka banget dengan Pac rat dan Jumper frog, kak. Buat kesel sendiri dan melatih menahan sabar. Hahaha

    BalasHapus
  3. Jujur... baru tahu ada game2 yang disebutkan di atas. Terima kasih tulisannya mbak. Bisa dicoba ini buat ponakan-ponakan

    BalasHapus
  4. Betul sekali anak saya juga fasih bahasa english sejak kecil sebelum sekolah dr hp permainan2 edukatif sangat membantu

    BalasHapus
  5. Wah, ini nih yang sedang dicari. Aku bingung bun, nyari permainan seru sesuai umur anak, itu susah banget. Alhamdulillah ketemu tulisan ini. Gamesnya bervariasi 👍 Terima kasih bun infonya 💐

    BalasHapus
  6. senangnya si kecil bisa bermain game dengan aman dan para bunda tenang karena game yang di tawarkan oleh playsorg memang di peruntukan untuk anak-anak dan pilihan gamesnya ada banyak.

    BalasHapus
  7. Wah, saya baru tahu..

    Banyak games yang dimiliki oleh plays.org ini..

    Saya akan coba ulik dulu sebelum memberikan kepada anak.

    Terima kasih ya atas informasinya..

    BalasHapus
  8. Keponakan saya juga belajar kosakata bahasa Inggris saat main game. Kalau ada kosakata yang gak ngerti mereka nanya ke saya. Petunjuk yang pakai bahasa Inggris nanya ke saya.

    BalasHapus
  9. Dengan adanya play org ini bisa membuat anak jadi lebih kreatif ya mba misal main games. Memang seharusnya ortu memilih games edukatif

    BalasHapus
  10. owh ternyata banyak banget ya game-game seru yang ada di situs ini. bolehlah buat pemain game cupu kayak saya, milihnya game yang ngampang-gampang, hehehe...

    BalasHapus
  11. Aku baru tahu deh ada game yang cocok untuk anak anak gini...
    .
    Boleh la nanti dicoba in ...
    Play org ini membantu emak2 yang anaknya suka dengan games dialihkan kesni jadi anak lebih kreatif

    BalasHapus
  12. games ni disukai anak anak, makanya ortu harus pilah juga mana yg ok dan gak. plays.org ni bgs, banyak pilihan game edukatif ya

    BalasHapus
  13. Edukatif juga nih permainan di plays org. Ada guardian defender of mathematics. Jadinya si Alzam bisa jago matematika dari main game

    BalasHapus
  14. Saya juga mau coba de buat nauman, daripada main game hantu...
    padahal dia takut...

    BalasHapus
  15. Games nya banyak ya kak. Seru juga nih bisa pilih games di plays.org. Yang penting anak tetap diawasi supaya nggak bablas.

    BalasHapus
  16. keren ya kak plays.org. Gak perlu harus beli koin dan bayar-bayar. palak awak kadang ada yg main hp, harus bayar-bayar. palys.org ini jawaban bagi kita yang pengen mengedukasi anak walau anak main game online yakan kak.

    BalasHapus
  17. Betul kak, ini game edukasi banget anak-anak saya dulu sewaktu kecil suka mainkan game di web ini

    BalasHapus
  18. Boleh nih Plays org jadi rekomendasi game online edukasi buat anak-anak ya BunShis,, gak perlu download aplikasi yang menuh2in ruang ponsel, tinggal pergi ke website nya aja yaa

    BalasHapus