Setetes asi selaksa cinta untuk buah hatiku yang istimewa



Kejutan penuh cinta


Aku hamil.

"Jangan galau, Cinta. Aku bakalan tanggung jawab kok" begitu ujar suami dengan nada bercanda padaku dan kusambut tawa kecil memegang strip tes kehamilan.

Tentu saja ada rasa bahagia menyambut surprise yang sangat luar biasa di usia yang tak lagi muda. Ini merupakan kehamilanku yang ketujuh, dan anakku yang ke-enam masih berusia dua belas bulan.

Tak hanya suami dan kakaknya sang bayi, keluarga besar juga turut mendukung kehamilanku dengan bahagia. Setiap bulan aku memeriksakan kandungan dan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan suplementasi pendukung kesehatan ibu dan bayi. Sedikit tantangan muncul saat tiga orang anakku mengalami sakit campak di saat kehamilanku memasuki pekan ke tiga belas. Ditambah lagi sedari awal aku menguatkan tekad untuk tetap melanjutkan Asi di tengah kehamilan (Nursing While Pregnant). Kondisi ini aku lakukan karena Dokter kandungan tetap mengizinkan dan mensupport dengan syarat kondisi perkembangan janin baik dan sehat.


Alhamdulillah aku bersyukur sekali tidak terpapar virus selama kehamilan disaat ketiga anakku sakit campak dan aku tetap dapat menyelesaikan tugas penting menggenapkan Asi buat anakku. Hari yang dinanti tiba. Bayi cantik-puteri kami yang ketujuh- lahir dengan sehat. Komitmen memberikan Asi sebagai nutrisi terbaik di 1000 hari pertama kehidupan anakku kembali diuji. Pihak keluarga khawatir aku menjadi letih karena melakukan tandem nursing pada kedua anakku sekaligus. Aku berusaha meyakinkan keluargaku dan terus memberdayakan diri untuk bugar agar bisa maksimal memberikan asi untuk keduanya. Sebagai seorang muslimah yang meyakini kebenaran kitab suci Al-Qur'an aku berusaha mengimplementasikan semua ayatNya termasuk perkara perintah menyusui bayi dan menggenapkan periode menyusui hingga dua tahun lamanya. Sebab aku percaya bahwa di saat Allah memerintahkan seorang ibu untuk menyusui maka Allah telah menyiapkan pula serangkai hal istimewa dan kesempurnaan Asi bagi disain dan sistem tubuh seorang bayi. Karena itu aku yakin dan percaya bahwa Asi mengandung komponen nutrisi lengkap yang diperlukan anakku selama masa tumbuh kembangnya dan mengandung antibodi yang melindungi mereka dari penyakit.


T-U-J-U-H anak, T-U-J-U-H pengalaman yang berbeda


Setiap bayi unik dan tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Termasuk pengalaman menyusui walaupun dari rahim ibu yang sama.


Tantangan saat memiliki anak yang pertama adalah masih minimnya ilmu tentang hamil dan menyusui yang aku miliki ditambah akses informasi yang tidak selancar seperti saat sekarang ini. Sebagai orangtua baru aku dan suami seringkali tidak mampu mengatakan tidak kepada para tetua terhadap mitos-mitos seputar menyusui.


Tantangan selanjutnya saat memiliki anak kedua yakni manajemen waktu yang kurang efektif ditambah lagi kondisi Long Distance Marriage (LDM) saat aku studi beberapa bulan di luar kota.


Saat anak ketiga, aku dan suami sudah lebih 'berani' berargumentasi dan kompak menyampaikan pilihan tepat yang kami miliki untuk melancarkan proses menyusui. Dan tantangannya adalah kondisi mastitis parah yang membuatku harus dirawat di Rumah Sakit.


Selanjutnya pada saat anak keempat, Alhamdulillah proses menyusui lancar jaya hingga genap dua tahun.

Namun kami mendapatkan tantangan kembali saat anak kelima kami memiliki problem menyusui disebabkan Tongue Tie dan Lip tie sekaligus sehingga ia harus diberikan tindakan frenotomi oleh Dokter spesialis anak. Saat itu, aku pun harus menjalani proses relaktasi mulai dari terapi dengan domperidone hingga akupuntur. Semuanya kami lakukan dengan tekad keras agar bayi kami mendapatkan hak Asi untuknya.


Pada anak ke-enam kami mendapatkan kemudahan menjalani Nursing While Pregnant (NWP) dan juga tandem nursing. Nikmat sekali rasanya menyaksikan putraku lulus asi hingga usianya dua tahun tanpa kendala yang berarti bahkan mampu menyapih dengan cinta (WWL).

Nah, tantangan saat ini yakni sebulan setelah kelahiran puteri ke-tujuh, aku mengalami mastitis akibat jamur yang menginfeksi kedalam kelenjar payudara dan luka lecet pada kedua putingku akibat latch on yang kurang sempurna saat puteriku menyusu. Ditambah kenaikan berat badan bayiku yang kurang dari angka kenaikan rata-rata pada umumnya. Aku segera mencari informasi dan berkonsultasi dengan Miranda, salah satu konselor laktasi dari AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) wilayah Sumatera Utara. Dan akhirnya aku direkomendasikan untuk menemui dokter spesialis anak pro-ASI, Dr Nina Miranda Amalia dan mencari tahu kendala dengan memantau dan evaluasi proses menyusui. Beliau begitu sabar dan terus memotivasi dengan informasi seputar laktasi yang belum saya ketahui bahkan bersedia saya chatt pribadi saat menemui kendala menyusui.



Author bersama suami dan ketujuh ananda yang saling mendukung suksesi Asi

Alhamdulillah berkat kegigihan dan dukungan banyak pihak terutama suami dan kakak-kakak si bayi, permasalahan seputar menyusui berhasil terlewati dan berbuah manis yakni kenaikan berat badan yang signifikan. Skin to skin, direct breastfeeding, pompa asi secara berkala, konsumsi makanan bernutrisi dan suplemen booster adalah rutinitas yang biasa kami lakukan. Selain itu tetap berupa untuk rileks dan happy agar pemberian asi pada bayi tetap lancar dan menyenangkan.


Ada rasa haru yang menyeruak di hatiku mengingat betapa kendala yang aku rasakan tidak sebanding artinya dengan keceriaan dan celoteh tawa anak-anakku. Suatu hari perjuangan ini akan menjadi momen indah dan pengikat jiwa (bonding) yang dirindukan kelak. Pengalaman menyusui adalah salah satu anugerah terindah dan kesempatan yang Allah berikan kepada seorang ibu, dan aku merasa beruntung sekali menjadi salah satunya. MasyaaAllah.



Menyusui merupakan fase penting dalam kehidupan seorang ibu, proses ibu berjuang untuk menyempurnakan idealismenya, bahkan menemukan jati dirinya.



Seperti dalam hidup, kegiatan menyusui pun ada jatuh bangun. Sebagian besar ibu bisa melewatinya dengan mudah, sebagian lain berhasil dengan usaha keras, dan sebagian kecil tak berhasil melewatinya meski sudah berusaha optimal.


Bersyukurlah saat telah berhasil melewati proses menyusui dengan mulus. Jangan patah arang jika menemui kendala dan proses menyusui kita berjalan tak sempurna. Jangan sungkan untuk mencari bantuan dan menggali banyak informasi untuk melancarkan proses menyusui bayi. Sebab menyusui adalah persembahan terbaik dari seorang ibu untuk bayinya juga menjaga kelestarian bumi.




Tips sukses menyusui


Hamil di usia jelang kepala empat, ditambah menyusui dan mengurus ke-enam anak-anak tidak lantas membuat aku enggan memberdayakan diri agar janin dan anak yang kelak lahir tumbuh sehat dan cerdas. Aku berupaya menggali informasi seputar menyusui dan mengajak suami dan anak-anak turut berpartisipasi mensukseskan proses hamil dan menyusui. 


Tips sukses menyusui yang aku lakukan sepanjang hamil dan menyusui antara lain :

Membekali diri dengan ilmu dan informasi penting seputar menyusui baik hal yang mendasar maupun tantangan yang bisa saja hadir disaat menyusui.

Meyakini bahwa ASI adalah nutrisi terbaik dan sempurna yang telah diciptakan Allah untuk bayi manusia yang tidak dapat digantikan dengan yang lainnya dan buah hati kita berhak mendapatkan yang terbaik.
Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi serta minum air putih sedikitnya 2liter setiap hari.

Jangan sungkan meminta bantuan dan pertolongan dari orang terdekat seperti keluarga maupun tenaga kesehatan yang mampu mendukung dan memotivasi kita sabar serta semangat menyusui.
Menjaga diri tetap sehat baik fisik maupun psikis dengan tetap berfikiran positif dan gembira.
Istirahat yang cukup dan minum suplemen bernutrisi yang mendukung kesehatan ibu dan bayi. Aku memilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold dong.
Selain hal diatas, upayakan agar ibu memastikan kecukupan Asi bagi buah hati dengan melihat tanda-tanda bayi cukup ASI seperti berat badan naik setiap bulannya, bayi pipis minimal 6-8 kali sehari dan menyusui dengan frekuensi yang teratur minimal 2 jam sekali.



Sejak mengetahui hamil di awal trimester pertama aku memilih mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Sebab suplemen hamil & menyusui ini memiliki 17 nutrisi esensialyang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi sejak hamil hingga menyusui. Dua diantara 17 nutrisi esensial yang terkandung dalam Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah asam folat dan zat besi. Dua komponen ini sangat penting bagi ibu hamil ataupun menyusui. Sebab kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia dan preeklampsia serta berisiko menyebabkan persalinan prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah, bibir sumbing, hingga kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada janin.


Jatuh cinta dan memilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold


Sebagai bentuk cinta buat anakku, aku bertekad memberikan semua yang terbaik yang mampu aku upayakan. Karena itulah aku memilih suplemen yang tepat mendukung nutrisi lengkap buat aku dan bayiku. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang mengandung kalsium yang dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah osteoporosis pada ibu. Serta yang tak kalah penting adalah suplemen ini juga mengandung omega 3/DHA yang sudah sangat dikenal baik untuk perkembangan otak anak. Omega 3/DHA juga penting sekali untuk dikonsumsi selama hamil dan menyusui sebab komponen ini dapat mengubah lemak, vitamin dan mineral menjadi lebih baik kadarnya.



Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold juga mengandung Omega 3/DHA namun suplemen ini sama sekali tidak berbau (odourless). Sehingga aku merasa  nyaman untuk mengkonsumsi suplemen ini. Biasanya  saat sedang  hamil trimester awal, indera penciumanku terasa sangat sensitif. Makanan dan minuman yang sedikit berbau tak ayal seringkali membuat aku muntah setelahnya. Tidak begitu yang kurasakan saat mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold.


Selain itu, poin yang tidak kalah pentingnya Blackmores Pregnancy & Breastfeeding gold mengandung zat besi yang sangat penting untuk mencegah anemia bagi ibu hamil dan menyusui.  Kandungan zat besi dari suplemen ini berasal dari besi fumarate sehingga tidak akan menyebabkan konstipasi. Dengan kandungan nutrisi esensialnya yang sangat lengkap aku jadinya tidak perlu lagi mengonsumsi beberapa suplemen berbeda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Cukup 2 kapsul Blackmores Pregnancy & Breastgeeding Gold saja setiap hari selama hamil dan menyusui. Pilihan kemasannya pun beragam. Mulai dari isi 60 kapsul , 120 kapsul ataupun 180 kapsul untuk persiapan dikonsumsi selama 3 bulan dengan kemasan botol kaca yang bisa digunakan kembali sehingga meminimalisir sampah plastik yang merusak lingkungan dan juga bumi.


Point terakhir memilih Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold dari Kalbe Nutrition adalah kemudahan mendapatkan produk. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold tersedia dimana-mana. Dan di masa pandemi yang menuntut kita untuk #dirumahaja Moms cukup mengunjungi official store Blackmores yang ada di e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Blibli dan Shopee.





Blackmores dan Bumi Sehat Foundation


Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold lewat Kalbe Blackmores Nutrition selalu semangat dalam mendukung pemberian ASI di Indonesia. Semangat ini diwujudkan pula dengan kerjasama Kalbe Blackmores Nutrition dan  Bumi Sehat Foundation yaitu sebuah organisasi non-profit yang memfokuskan pada layanan kesehatan berkualitas, higienis serta pengupayaan kelahiran anak secara layak. Komitmen Kalbe Blackmores Nutrition untuk mendukung pemberian ASI di 1000 hari pertama kehidupan anak ini dibuktikan dengan pemberian 12.000 botol Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold setiap tahunnya di klinik Bumi Sehat yang tersebar di Denpasar, Aceh dan Papua untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi para pasien yang membutuhkan. Tidak hanya itu, Blackmores Kalbe Nutrition turut berpartisipasi memberikan dukungan paket suplemen kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui yang terdampak bencana di Lombok.



Yayasan Bumi Sehat Foundation didirikan pada tahun 1995 oleh Ibu Robin Lim dan berbasis di Bali. Bumi Sehat Foundation percaya bahwa akses ke layanan kesehatan yang berkualitas dan persalinan anak yang sesuai dengan budaya serta penuh kasih adalah hak asasi manusia. Misi yang diusung adalah meningkatkan kualitas hidup dan mendorong perdamaian.


Kalbe Blackmores Nutrition menggandeng para ibu hamil dan menyusui untuk menyebarluaskan semangat mengASIhi di sosial media dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week yang jatuh di pekan pertama Agustus setiap tahunnya. Tentunya  Program ini diharapkan dapat menginspirasi para ibu lainnya agar dapat mengupayakan pemberian ASI bernutrisi bagi sang buah hati. Langsung saja  follow Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold di Instagram @blackmoresid atau cuss ke websitenya Blackmores.

Banyak sekali informasi kesehatan, promo dan program menarik lainnya seputar Kalbe Blackmores Nutrition yang sayang sekali bila dilewatkan. 


Mommies, mari kita saling mendukung ibu hamil dan menyusui di lingkungan sekitar kita agar mampu menjalani proses mengAsihi dengan lancar. Sebab menyusui tidak dapat dilakukan sendirian. Perlu banyak tangan mewujudkannya agar tercipta keseimbangan dalam peradaban makhluk di bumi kita tercinta. Jangan lupa bagi rekan seperjuangan yang sedang hamil dan menyusui untuk terus memberikan k(ASi)h dan cintanya lewat tetesan Asi yang bernutrisi untuk ananda dengan mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold 1-2 kali sehari ya.


Keluarga Blackmores





79 Komentar

  1. Masya Allah Tabarakallah Mba, tujuh buah hati...beneran ceritanya komplit pasti, terlebih masalah mengASIhi. Dan benar sekali jika, Ibu menyususi mesti menjaga diri tetap sehat baik fisik maupun psikis dengan tetap berfikiran positif dan gembira.Juga istirahat yang cukup dan minum suplemen bernutrisi yang mendukung kesehatan ibu dan bayi Sehingga proses mengASIhi akan lancar jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah
      Barakallahu fiik mba Dian.

      Bener sekali mba. Saat fisik dan psikis sedang down berasa banget bedanya saat mengAsihi

      Hapus
  2. Sehat-sehat ya adek Jenna..
    Semoga nutrisi ASI yang lengkap semakin menambah kepintaran dan juga daya tahan tubuh yang kuat buat Jenna.. ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiin, makasih aunty.

      Semoga Allah kabulkan doa semuanya

      Hapus
  3. Masya Allah keren banget ini dikasih 7 buah hati yang lucu-lucu. Jadi pengen baca lebih jauh nih mengenai pengasuhan anak-anaknya. Btw Blackmores memang terkenal bagus sih ya untuk menghasilkan ASI yang berkualitas temanku juga pada minum ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah
      Tabarakallah mba.

      Blackmores Pregnancy n Breastfeeding Gold mengandung 17 nutri essentials dan komposisi vitamin yang lengkap sehingga Asi jadi lebih bernutrisi buat tumbuh kembang bayi yang maksimal

      Hapus
  4. hwoooo ga kebayang sibuknya. sehat2 semua ya..

    produknya bagus ya. nanti direkomendasiin ke temen deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya betul.
      Lumayan olahraga nih mba Dhenok. Soalnya 4 cowok petarung ini bener2 warbyasak energik.

      Amiiiin terimakasih mba Dhenok.

      Hapus
    2. Memang gak terbayang lah kak Dhenok.. wkwkwk eh tapi anaknya mandiri kok..

      Hapus
  5. Tujuh? MasyaAllah keluarga besar ya. Senang melihatnya. Saya juga waktu hamil konsumsi blackmores. Menurut saya ngebantu juga untuk kesehatan bumil yang gampang capek. Semoga sehat selalu sekeluarga mbak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba,
      T.U.J.U.H hehehe

      Semoga mba juga sehat selalu sekeluarga ya.

      Pelukk

      Hapus
  6. Masya Allah, 7 permata hati yang beruntung dengan ayah dan bunda yang begitu peduli dengan berusaha terus belajar dan memberikan ASI sebagai makanan terbaik bagi bayi. Sehat selalu sekeluarga Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah, biiznillah mba.
      Sebab, bayi memiliki hal untuk diberikan ASI, dan ini salah satu ikhtiar melaksanakan amanah yang diberikan oleh Allah

      Terimakasih mba sudah mampir

      Hapus
  7. Masha Allah... 7 kesayangan Mba?
    Luar biasaaaa..

    Salut dan kagum ih :)

    Dan setuju banget Mba, bahkan setetes ASI itu layaknya selaksa bukti cinta nyata kita buat si buah hati, karena manfaatnya luar biasa banget.

    Senang deh ada produk yang membantu ibu busui kayak blackmores :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba,

      Produk nya juga mudah bangettt didapat di e-commerce sehingga gak repot harus keluar rumah lagi selama pandemi ini

      Hapus
    2. Nah iya, itu penting banget:)
      Zamannya anti ribet-ribet club inih, mau suplemen busui bumil bisa online aja.
      Jadi meminimalis keluyuran di luar ya.

      Menyusuipun jadi lebih lancar :)

      Hapus
  8. Luar biasa. Salut saya untuk ibu hebat seperti ini. Semoga sekeluarga dikaruniai sehat selalu ya. Padahal saya hanya menyusui satu anak, rasanya sudah campur aduk. Bener2 nggak kebayang kalau 7. Untung ada suplemen asi yang berkualitas ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah..

      Iya betul. Suplemen ini terbukti membantu berbagai tantangan ibu hamil dan menyusui sehingga ibu tetap fit dan tidak mudah lelah

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  9. Koq aq gagal fokus sama wajahmu wajhiyaa hahaa,, cantiikk kaliiii, bedaaa, ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkwkw,
      Ponakan eyke(anaknya Abang suami) MUA, kemaren mau nambahin profilnya. Di make-up dong.
      Yg punya muka aja pangling.
      Apalah daku yang walimah cuma pake bedak bayi. Perdana di permak ya nge-blackmores. Ngeriiih🤣🤣

      Hapus
    2. Awak pikir tadi bunga citra lestari udah pake jilbab ya kan.. wkwkwk

      Hapus
    3. Ah, tau nya awak di umbang Mak Ali.

      Hapus
  10. Sehat selalu yaa busui sayang... Blackmores emang sahabat busui ya dalam menjamin kecukupan nutrisi menyusui.

    Seru ya punya anak banyak,, masyaallah tabarakallah...

    BalasHapus
  11. MasyaaAllah
    Barakallahu fiik kak Mia.

    Terimakasih doanya

    BalasHapus
  12. Wah hebat 7 orang. Skrg udah jarang yg anaknyab > 4. Kebayang indahnya meriah ya kan. Sehat2 semua ya kak 🙏😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meriah lah pokoknya bang Sani.
      Amiiiin
      Semoga sehat2 semuanya

      Hapus
  13. Kak Shisca, beneran aku pangling loh, kukira Zaskia Adya Mecca tadi, masyaAllah haha, sehat sehat adek Jenna, dek Ilmy kirim salam haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa murka mas Hanung Bramantyo sama Zaskia KW ini, hahaha
      .
      Abang Olil gak ikutan tidak ke Adek Jenna? Hihi

      Hapus
    2. Dv juga pangling lho liat kak siska. Kayaknya terakhir kali ketemu nggak gembul begini pipinya. Tapi makin cantik loh kak..

      Hapus
  14. Masyaa Allah Mbak. Pengalamanmu menyusui sungguh komplit. 7x! Uwow! Jujur saya banyak takjubnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaaAllah
      Rezeki dari Allah ni mba

      Makasih mba Susi

      Hapus
  15. Masya Allah, 7 anak buat saya sangat luar biasa banget. Semoga makin barakah ya Kak. Lebih luar biasa lagi semua dikasih ASI cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ASI memang salah satu hak buat Ananda ya Mas.

      Terimakasih sudah mampir

      Hapus
  16. masyaAllah tabarakallah kak siska dan keluarga. sehat2 ya! smoga diberikan keberkahan dlm hidup. drama anak tuh emg ada aja ya kak, apalagi diproses mengASIhi. blackmores ini emg bagus ya kak, banyak macem2nya lagi, ada yg buat vitamin sehari2 gitu. cm berat diharga aja kadang 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allahumma Aamiiin

      Kadang drama ini jadi kenangan manis di suatu hari ya kan els

      Hapus
  17. Ibu saya konsumsi Omega 3 nya, Kak. Biar darahnya ga kental. Lagian nyari merk ini termasuk gampang. Di Berastagi Supermarket banyak, jenisnya juga banyak, tinggal pilih. Harga juga termasuk terjangkau lah dibanding beli yang cair merk lain.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah... bunda super dengan tujuh anak. Hebat kak sis!! Kebayang gimana rempongnya mengurus 7 anak sekaligus. Tubuh pasti butuh nutrisi dan suplemen tambahan agar tetap fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari sebagai istri dan ibu. Pas banget Blackmores ini untuk kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.
      Suplemen sangat dibutuhkan sekali agar aktivitas bisa lancar dan sukses tiap harinya

      Hapus
  19. Masya Allah .... selalu saja takjub dengan pengalaman menyusui para ibu. Sehat selalu ya Mbak. Alhamdulillah ya ada Blackmores yang menemani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba,

      Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini ya

      Hapus
  20. skin to skin memang ampuh sekali bun untuk ngenaikin BB bayi.
    anak anak saya kan lahir kurang dari 2 kg semua, skin to skin beberapa menit, beberapa hari, BB nya pun naik dengan significan, Alhamdulillah sekali...
    Dulu belom ada blackmores, dan asi saya sedikit, segala macam makanan dan tumbuhan/sayuran yang disarankan dah saya minum, ada yang rasanya kayak makan rumput lagi, kalo dikenang2 lucu juga perjuangan mengAsihi dulu tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru sekali ya Bun. Semoga suatu saat kenangan itu membawa bonding dan hal -hal manis dikala anak anak sudah besar

      Hapus
  21. Keren banget bunn ^_^ Suka deh baca sharing bunda dalam memperjuangkan memberikan ASI, menginspirasi dan memotivasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba sudah berkunjung ke blog ini.

      Setiap ibu harus saling support dan memotivasi satu sama lainnya

      Hapus
  22. Masyaallah kak shis pangling liatnya, sehat2 ya kak awak kagum dengan penjuangan kakak untuk memberi ASI anak, setiap anak beda dramanya ya kak jadi ingat perjuanganku dulu menyusui, tetap semangat mengASIhi ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyaaap

      Setiap momen pasti memiliki banyak kenangan ya kan kak Iid.

      Hapus
  23. Benar banget ASI itu penting banget agar si anak tidak terkena penaykit stunting kata dokter"

    BalasHapus
  24. Subhanallah tujuh momongan, senang sekali ya bisa menyusui dengan lancar sampai anak ke tujuh, Alhamdulillah ada blackmores ya mbak

    BalasHapus
  25. Setetes ASI selaksa cinta bisa terwujud berkat Ibu, bayi dan dukungan semua. Sebab menyusui tidak dapat dilakukan sendirian. Perlu banyak tangan mewujudkannya agar tercipta keseimbangan dalam peradaban makhluk di bumi kita tercinta. Selamat mengASIhi dan memberikan yang terbaik untuk buah hati, Mbak Shisca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba Dian.
      Perkara menyusui tidak hanya kerja keras ibu semata.

      Tapi juga semua pihak di lingkungan sekitar ibu dan bayi

      Hapus
  26. MasyaAllah ... Tujuh anak dan tetap berupaya mengASIhi semuanya sesuai dengan hak anak yang tertera di dalam kitab suci. Semoga Allah selalu mudahkan ya, Kak. Dukungan dari suami dan anak-anak di rumah yang sudah lebih besar tentu sangat membantu. Apalagi dengan konsumsi suplemen sebagai ASI booster. Masa menyusui bersama Blackmores akan semakin terasa indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba me

      Terimakasih sekali sudah berkunjung ya

      Hapus
  27. Ada blackmores yang bukan untuk wanita hamil dan menyusui nggak ya kak? Kok jadi penasaran juga ama suplemen yang satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Devi

      Yang mengandung vitamin C buat jaga imunitas tubuh dan juga yang omega

      Hapus
  28. Seven heaven ya mba. Selamat telah melahirkan tujuh buah hati yang sehat, soleh, soleha. Semoga menjadi tujuh pintu surga berbeda yang terbuka untuk ayah bundanya di akhirat nanti. Amin. Insya Allah. Wah, saya baru tahu Blackmore menggandeng Yayasan Bumi Sehat Bali. Saya pernah berkunjung ke sana dan ketemu langsung sama Ibu Robin. Komitmennya untuk membantu kehamilan dan persalinan layak untuk semua ibu sangat patut diapresiasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bertemu dengan ibu Robin?

      Awesome sekali ya mba Muthia.

      Turut mengapresiasi langkah beliau terhadap komitmen membantu persalinan

      Hapus
  29. Blackmores ngerti banget kebutuhan nutrisi ibu hamil dan ibu menyusui ya, masyaallah tugas kita sebagai ibu ini buanyakk, Allah lah yg membalasnya ya, sehat selalu BunSis... sehat2 sekeluarga ya. Foto2nya kereeen

    BalasHapus
  30. Masya Allah,
    Bahagianya dikaruniai 7 putra putri soleh solehah dengan nutrisi terbaik dari ASI, Sehat sehat sekeluarga ya Mbak.

    Support banget usaha dari Kalbe Blackmores Nutrition dengan menggandeng para ibu hamil dan menyusui untuk menyebarluaskan semangat mengASIhi di sosial media dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week yang jatuh di pekan pertama Agustus setiap tahunnya.

    Semoga semangat MengASIhi terus tumbuh dan semakin tersebar ke seantero negeri.

    eh, titip salam sama suaminya Mbak,
    saya ngefens lagu lagunya.
    Saya baru tahu, kalau mbak istrinya. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, mas Susanto Madani.

      Tisam nya sudah saya sampaikan ke beliau

      Hapus
  31. Masya Allah, bahagia rasanya melihat bunda dengan ketujuh buah hatinya yang istimewa... Sayang saya enam kali hamil, hanya tiga yang bertahan hingga lahir dan sekarang terus tumbuh besar... Sehat terus ya bunda dan keluarga... Kalian sungguh istimewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih doanya Bunda

      Salam takzim buat bunda sekeluarga

      Hapus
  32. Masya Allah, benar adanya Mbak Icha, kendala yang kita rasakan tidak sebanding artinya dengan keceriaan dan celoteh tawa anak-anak ya...setetes ASI memang selaksa cinta bagi ananda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa ya ... memang tekad memberikan yang terbaik dari ASI juga memberikan hasil yang terbaik. DI samping perlu juga didukung Blackmores.

      Hapus
    2. Terimakasih sudah berkunjung mba dian

      Hapus
    3. Benar Mba, suplemen pendukung juga sangat diperlukan untuk support ibu mengASIhi

      Hapus
  33. "Aku hamil," kata susan.

    Kemudian si ibu memarahi anak tersebut. Usut punya usut, ternyata nama aslinya Susanto. Hahaha

    Btw Blackmores ini masukan buat Alfie kalau nikah nanti. Mana tau istri hamil dan kendala di Asi, bisalah dicoba. Thank you infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakwkwkw

      Ini ngutipin scenario di sinetron mana sih

      Hapus
  34. Ya allah mbaaa..senneng lihat krluarganya mba. Ademmm.. semoga mengasihi anak menjadi perekat ikatan cinta bunda kepada anaknya yah.

    BalasHapus
  35. Masya Allah. Luar biasa menjadi ibu dari 7 anak. Benar-benar ibu istimewa. Tujuh anak, tujuh momen yang bahagia tak terlupakan. Pemberian asi memang perjuangan. Alhamdulillah, Blackmores Kalbe Nutrition bisa support hal yang berhubungan ibu hamil dan menyusui.

    BalasHapus
  36. Wahhhh rame banget ya mba pasti keluarganya, semoga senantiasa sehat dan bahagia sama ketujuh anak dan sang suami yang support banget ya. PR dan pelajaran jadi ibu emang ga pernah ada lulusnya ya mba, karena setiap anak punya karakter, kebutuhan dan kondisi yang beda-beda. Semoga lancar terus ASI eksklusif nya

    BalasHapus
  37. Senang banget kalau ada bunda yang kasih ASI buah hatinya. Manfaatnya luar biasa lho Kak, anak-anak saya juga pakai ASI, alhamdulillah selalu sehat

    BalasHapus
  38. MasyaAllah 7 anak dan semuanya mendapatkan previllage ASI , luarbiasa. Syukurlah ada blackmores salah satu booster ASI yg kualitasnya tidak perlu diragukan yaa

    BalasHapus
  39. Masyaallah menuju anak yang ketujuh, tetap semangat kelihatan dari aura wajahnya. Jujur baca ini aku iri. Aku baru anak dua terasa sangat lelah. Btw, penasaran kak menikahnya usia berapa ya? Apa karena aku menikahnya usia udah berumur jadi terasa mudah lelah sekali. umurku sekarang 35 tahun bun.

    BalasHapus
  40. Wau mba 7 mantap bgt. Gimana cara ngurus ke 7 anak dalam ke bersamaan mba

    BalasHapus