Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Kuliner Legendaris Indonesia yang Wajib Dikunjungi Semasa Kehamilan

 
www.jejakbunda.com


Hoeeeeekkk
Tak ada lagi makanan yang dikeluarkan lambung selain cairan kekuningan yang menyisakan rasa pahit di lidah. Dari belakang, lelaki bersahaja yang telah menemani hampir enam belas tahun mengusap punggung sembari menyiramkan air ke lantai kamar mandi. Beberapa tetes bening keluar dari sudut mata. 

Kutegakkan tubuh lalu perlahan keluar dari kamar mandi sambil berpegangan pada lengan kekarnya. Akhirnya langkah kaki terhenti di ruangan dengan luas dua puluh meter persegi ini. Kuletakkan punggung bersandar dengan dipan lalu meraih segelas air hangat di dekat nakas.

"Ganti baju, yuk
Kita keluar sebentar," tawar suamiku tersenyum.

"Mau kemana?
Udah beberapa kali keluar jackpot gini bikin lemes," jawabku pelan tak bertenaga.

"Ganti baju aja dulu. 
InsyaaAllah nanti bakalan tau dibawa kemana," jawabnya sambil mencubit pelan ujung hidungku.

Kuraih sepotong abaya hitam. Lalu memadankan dengan khimar pet pinguin hitam di depan kaca. Sebuah set andalan yang praktis untuk bepergian keluar rumah. Aku memang tidak terlalu neko-neko dengan penampilan sejak mengetahui telah hamil beberapa pekan lalu.

Peningkatan hormon Human Chorionik Gonadrotropin (HCG) sering memicu tidak nafsu makan pada sebagian ibu hamil. Kehamilan merupakan momen yang penuh dengan kejutan. Terkadang kontras memang dengan faktor penyulit dengan rasa bahagia terhadap kehadiran bayi yang akan lahir. Kadang karena seringnya mual dan muntah membuat ibu hamil menjadi sulit makan bahkan trauma melihat makanan. 

Dalam sebuah jurnal of effective disorder perubahan hormon ini bahkan membuat sebagian ibu hamil depresi. Ibu hamil dengan pola makan yang tidak teratur sebenarnya malah membuat gangguan makan dan sekaligus penurunan asupan makanan. Padahal ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membuatnya berenergi sekaligus memenuhi kebutuhan asupan janin selama berada dalam kandungan sesuai dengan usia perkembangannya.

Salah satu tips untuk menghindari gangguan ini adalah dengan makan dalam porsi kecil namun sering. Ibu hamil juga memerlukan konsumsi air yang cukup dan mencoba menu baru yang lebih variatif agar nafsu makan meningkat dan tidak bosan dengan menu yang monoton.

Tentunya makanan yang dikonsumsi harus seimbang karbohidrat protein serat vitamin dan asupan lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Jadi tidak hanya asal makan saja.

Medan, Kota Seribu Ketua dengan Aneka Kuliner Yang Wajib Dikunjungi 


Tak ada hal yang tidak menarik dari Kota terbesar ketiga di Indonesia yakni kota Medan. Kota Medan merupakan kota terbesar di Sumatera. Kota Medan memiliki banyak sisi menarik salah satunya adalah wisata kuliner yang enak dan selalu berhasil memikat wisatawan untuk merasakan sensasi kuliner.

Selain memiliki keragaman budaya yang khas, kota Medan memiliki pesona wisata yang sangat menawan untuk dijelajahi para wisatawan baik lokal maupun internasional. Menariknya semua masyarakat di Indonesia setuju bahwa Medan merupakan surga wisata kuliner yang hits dan legendaris.

Iseng saya mengetik kata kuliner di mesin pencarian. Tak lama muncul tulisan medan sebagai padanan kata kuliner. Ajaib. Bahkan, kolega yang akan berkunjung ke Kota Medan pasti akan meluangkan satu hari penuh untuk jelajah kuliner saat berkesempatan mampir di Kota seribu Ketua ini.

Sebagai kota terbesar di Pulau Sumatera dan di selat Malaka penduduk Medan banyak yang berprofesi di bidang perdagangan. Banyaknya bangunan arsitektur yang khas dan legendaris membuat pemerintah kota merencanakan Medan sebagai kota pusat perbelanjaan dan makanan. Harapannya program ini bisa menambah arus kunjungan dan lama tinggalnya wisatawan di kota Medan.

Mentari yang mulai terik menjadi komposisi yang pas dengan deru mesin angkutan umum. Di Medan, supir angkot atau sudako sering beradu kencang dengan kendaraan umum lainnya seperti becak mesin, kereta (baca : sepeda motor) ataupun kendaraan pribadi.

Cuma supir angkot dan Tuhan aja yang tau kapan dia mau belok

Istilah yang sering gaung dan menjadi anekdot di Kota Medan sangking seringkali supir dan tukang becak beradu karena ugal-ugalan di jalanan. Saat ini memang sudah lebih tertib karena regulasi dan jumlah angkutan umum yang mulai berkurang jumlahnya seiring pertumbuhan transportasi online.

Suamiku memacu kendaraan menuju jalan Abdullah Lubis. Sebuah nama jalan yang terletak di dekat inti kota. Kendaraan kami bergerak pelan memasuki area parkir tepat di depan mesjid megah di Abdullah Lubis, Mesjid Al Jihad. Wah, ngajak ke Mie Ayam Jamur Mahmud ternyata suamiku ini. 

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Kuliner Legendaris yang Wajib dikunjungi di Kota Medan

"Makan disini kita,?" tanyaku perlahan saat turun dari kendaraan.

"Iya, kan ini tempat makan favorit kamu sejak lama," jawabnya tersenyum.

Aku balas tersenyum.

Restoran Mie Ayam Jamur Haji Mahmud adalah kuliner legendaris yang wajib dikunjungi apalagi semasa aku hamil. Dulu, aku pernah bekerja di salah satu klinik anak yang dekat sekali dengan restoran mie ayam jamur haji Mahmud ini. Hampir tiap hari selama masa ngidam, aku selalu makan mie ayam jamur haji Mahmud. Anehnya, tidak ada rasa bosan bahkan menjadi support selama kehamilan trimester awal dulu.


Mie Ayam Jamur Haji Mahmud adalah salah satu bukti legendaris kuliner melegenda dan gaul di Medan. Mie Ayam Jamur Haji Mahmud kini sudah menjadi salah satu list destinasi wisata kuliner. Memulai bisnis mie dengan gerobak dorong di tahun 1988 namun cita rasa yang dimiliki mie ayam jamur Mahmud tetap otentik dan  tidak pernah berubah.
Yang membuat cita rasa Mie Ayam Jamur Haji Mahmud begitu otentik dengan kelezatan yang tidak berubah sejak awal adalah Pak Haji Mahmud yang turun tangan langsung dalam meracik menu hingga saat ini. Selain itu pemilihan bumbu rempah, telur, sayur-sayuran yang segar dan berkualitas serta bahan pokok mie pun di produksi sendiri.

Menu-menu yang wajib dicoba di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud melengkapi momen keseruan dan keceriaan


1. Mie Ayam Jamur Spesial

www.jejakbunda.com
Mie ayam jamur spesial (koleksi pribadi author)


2. Mie Pangsit Jamur Goreng

www.jejakbunda.com
Mie PJ Goreng Spesial (dokumentasi pribadi author)


3. Sate Kerang Khas Tanjung Balai

www.jejakbunda.com
Sate Kerang Oleh-oleh khas Tanjung Balai 


4. Bakso KK5

5. Pandan Latte dan Kosuguren

www.jejakbunda.com
Kopi Susu Gula Aren

6. Piscok Keju

www.jejakbunda.com
Piscok Keju (dokumentasi pribadi author)


Masih banyak lagi menu spesial yang bisa dinikmati di restoran Mie Ayam Jamur Haji Mahmud. Selain enak, pengunjung juga lega karena mie ayam jamur haji Mahmud sudah memiliki sertifikasi halal MUI. Jadi tidak hanya sekedar enak, tapi juga halalan thayyiba.

Reservasi tempat Mie Ayam Jamur Haji Mahmud di Medan terletak di:

  • Jalan Abdullah Lubis no 55/71, Merdeka Kecamatan Medan Baru kota Medan Sumatera Utara Indonesia. Admin : 0823-7038-2992
  • Jalan Merak no 58 Kecamatan Medan Sunggal 
  • Outlet Aksara Park
  • Outlet Transmart Medan Fair
  • J City ,Johor Medan 
  • Polonia Sky Park

Tersedia juga outlet di Banjar Baru
Jalan Panglima Batur (Depan SDN 03 Komet)
Banjar Baru kode pos 70714

Temukan berbagai informasi menarik di akun sosial media Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ya.

Anniversary ke 34 Mie Ayam Jamur Haji Mahmud 

Restoran Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang masih eksis berdiri di pasaran kuliner di kota Medan membuktikan bahwa animo masyarakat terhadap kuliner legendaris ini masih terjaga. Restoran yang bermula dari gerobak dorong ini berhasil membuktikan konsistensi resep yang diterima di lidah masyarakat. Tak hanya di Medan, restoran Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga memiliki outlet di Banjar Baru.

Harapan penulis, semoga restoran Mie Ayam Jamur Haji Mahmud tetap menjadi kuliner halal legendaris kebanggaan masyarakat Medan dan mampu bersaing di pasaran kuliner Nusantara. Happy anniversary ke 34 Mie Ayam Jamur Haji Mahmud kuliner yang Melegenda dan Gaul

20 komentar untuk "Wisata Kuliner Legendaris Indonesia yang Wajib Dikunjungi Semasa Kehamilan "

  1. Aku mah kecil banget kemungkinan bisa sampe Medan, tapi berharap juga bisa cobain Mie Ayam Jamur haji Mahmud.. semoga berkembang usahanya samapi buka cabang di Jawa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooh tapi kayaknya agak susah kalau mau franchise ya.. H Mahmudnya ikut turun sendiri meracik.. berarti buka cabang nggak ini di Medan ?

      Hapus
  2. Belum pernah ke Medan secara khusus, transit doang. Tapi tetap berharap suatu saat bisa ke Medan dan cobain kuliner2nya yang enak2.

    BalasHapus
  3. Suamiku paling suka mie ayam, entah kenapa gak pernah bosan. kira kira mie ayam haji Mahmud bisa buka cabang gak ya di surabaya, hehehe

    BalasHapus
  4. Mie ayaaammm makanan kesukaan saya nih. Duh kapan ya bisa ke medan. Kudu mampir kesitu deh keknya

    BalasHapus
  5. Pernah ke Medan walau numpang mendarat lalu lanjut jalan darat ke taman nasional Gunung Leuser. Tapi belum pernah nyoba mie ayamnya ini. Semoga punya kesempatan mengunjungi Medan. Pengin petualangan kulinernya nih. Medan makanannya cenderung pedas ya?

    BalasHapus
  6. Baru tau awak kak sebutan Medan itu kota seribu ketua, iyalah apa2 panggilnya ketua, halo abang ketua!, siap bapak ketua, wkwkwk. Btw yang awak ingat klo Mie Ayam Mahmud itu, toppingnya banyak rasa jamurnya khas banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...samaaaa kak @iidyanie, padahal awak tiga tahun tinggal di Medan. Tapi memang banyak kali pun ketua di Medan wkwkwk. Mie ayam Haji Mahmud ini bisalah kita sebut ketua mie ayam hahaha. Pas di sana, aku pernah dong singgah ke mie ayam jamur haji mahmud.

      Hapus
    2. Dan uniknya, kalo udah nyebut ketua minimal tekoyak lah selembar duit limpul, wkwkkw

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Hiyaa baru tau dulu pas ke medan cuma di k

    BalasHapus
  9. Telat tahunya semoga ada kesempatan jalan2 ke medan kembali, kuliner medan emang endeusss2 apalagi oleh2 bisa dinuat jastip (gusti yeni)

    BalasHapus
  10. Exist nya mie ayam jamur haji mahmud merupakan animo masyarakat yang pas dengan rasa mie nya. Memang pake resep yang melegenda.

    BalasHapus
  11. jujurly penasaran banget dengan mie ayam jamur Haji Mahmud ini gegara lihat iklannya di media sosial, kapan ya bisa icip mienya

    BalasHapus
  12. Kalau boleh tahu, sudah ada di mana saja cabang mie ayam jamur haji Mahmud sekarang?

    BalasHapus
  13. Kalau mie ayam, familier ya ... nah mie ayam jamur ini tidak familier. Perlu nih saya mencicipinya ... sayangnya Medan jauuuh ... semoga Mie Ayam Jamur Haji Mahmud bisa buka cabang di Makassar :)

    BalasHapus
  14. Mie ayam kuliner sejuta umat sejak aku kecil sukaaak banget beli.mie ayam nah sayang pas di Medan belum tau kalau ada Mie Ayam hj Mahmud. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  15. Mie Ayam Jamur Haji Mahmud bikin outlet lagi yang baru di Medan ya mba. Sayang banget yang di Cikarang udah tutup. Kangen makan mie ayam jamurnya.

    BalasHapus
  16. Wah makan mie ayam ini seolah tidak ada bosannya sih kalau suami saya. Andai bisa buka cabang di Surabaya gitu, pasti saya akan ke sana terus tiap bulan.

    BalasHapus
  17. Mie PJ Goreng Spesial menggoda banget, wajib coba ini yaaa :D

    BalasHapus