Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Toba Medan Kuliner Khas Medan Pelengkap Momen Kebersamaan dan Silaturahmi Keluarga


Store Bolu Toba Medan di Jl K.H Wahid Hasyim

Sudah lebih dari tiga puluh tahun aku lahir dan dibesarkan di Medan. Kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik Nusantara. Ada begitu banyak kenangan indah tak terlupakan di kota tercinta ini. Yang paling aku suka adalah menyusuri jalan berduaan dengan pasangan untuk sekedar raon-raon (baca: keliling) ataupun membeli kuliner khas Medan untuk dibungkus dan dinikmati bersama di rumah. Terkadang, suami sesekali meledek sambil bercanda bahwa sungguh menyenangkan punya istri tipe seperti aku. Cukup modal bensin untuk dibawa muter jalan-jalan di kota Medan sampai dudukan terasa berasap. Pasalnya, dulu kami pernah sekedar keliling menyusuri Titi Kuning hingga Padang Bulan. Lalu belok ke arah Kampung Keling melewati Japaris dan terakhir nongkrong di sekitar jalan Pancing sebelum akhirnya pulang ke rumah. Betul-betul modal bensin.

Sejak pandemi Covid-19 yang sampai sekarang belum berakhir, menjadikan aktivitas raon-raon bersama anak dan suami menjadi terbatas. Walaupun setiap keluar dari rumah kami tetap menerapkan protokol kesehatan namun memilih untuk meminimalisir bepergian menjadi salah satu kesepakatan bersama dengan keluarga agar minim resiko terjangkit virus. Bosan, adalah salah satu rasa yang cukup wajar melanda. Apalagi saat ini Ramadhan. Kesempatan ngabuburit sekaligus kulineran untuk menu takjil jadi tertunda.

Bolu Toba Medan, Horas Bolunya lembut dan lumer filingnya


Di sebuah minggu sore tanggal 2 Mei aku berencana memberikan kejutan untuk anak-anak karena sudah melewati 20 hari ibadah puasa Ramadhan dengan baik tanpa melewatkan satu hari pun berbuka sebelum waktunya. Kuputuskan untuk membawa kuliner khas Medan yang istimewa sebagai makanan berbuka puasa Maghrib nanti. Kami pergi ke salah satu store kuliner Medan di Jalan Wahid Hasyim no 55 bernama Bolu Toba Medan. Store yang cozy dengan halaman yang luas dan nyaman untuk parkir kendaraan itu dipadati pengunjung yang cukup ramai. Aku turut mengantri untuk masuk dan saat giliran tiba, seorang petugas mempersilahkan pengunjung dengan thermo gun dan hand sanitizer. Kesan pertama yang begitu menyenangkan karena store ini memperhatikan protokol kesehatan dengan baik. Tentunya kualitas kuliner yang disediakan juga tidak sembarangan. 

Tak hanya menjual bolu, ada beberapa makanan olahan khas Medan dan juga aksesoris yang cocok dijadikan oleh-oleh


Begitu tiba di dalam store, aku seperti mendapatkan surprise saat melihat beberapa rak berisi aksesoris dan souvenir khas Medan seperti sendal, tas, gantungan kunci dan beberapa snack olahan khas Medan ada dijual. Benar-benar tepat dan komplit store ini untuk dijadikan pusat oleh-oleh khas Medan saat menjamu sahabat dan juga kerabat yang berkunjung dari luar daerah.

Akhirnya aku sampai di kasir dan dengan ramah mereka memberikan list menu Bolu Toba Medan. Tidak tanggung-tanggung aku memesan banyak varian. Selain karena kami merupakan keluarga besar, menu yang disajikan sangatlah menarik dan wajib untuk dicoba. Melihat daftar menu, aku seperti diingatkan hobi berkeliling jalan di Medan. Apalagi nama-nama yang ada adalah jalan kenangan yang sering aku lalui bersama pasangan. So memorable.

  • Pancing Hazelnut Oreo
  • Japaris Durian
  • Titi Kuning Cheese
  • Kampung Keling Tiramisu
  • Coklat Padang Bulan
  • Spikoe
  • Banana Simpang Jodoh Coklat
  • Banana Simpang Jodoh Cheese
  • Bolu Gulung Tiga Rasa
Varian Bolu Toba dan kisaran harga


Bolu berbentuk segi empat dengan toping melimpah dikelilingi lapisan kulit dengan corak Tiger skin yang kekinian. Sungguh kreatif dan unik sekali. Sedangkan Bolu Gulung Tiga Rasa yang merupakan best  seller di store ini adalah  Bolu Gulung yang berisi tiga varian rasa yakni coklat, keju dan tiramisu. Sungguh hemat dan cocok dimakan rame-rame.

Usai berbelanja aku pun langsung pulang dan di rumah anak-anak merasa senang sekali menyambut menu berbuka istimewa yang merupakan kuliner khas Medan yang wajib dicoba. Kubuka kemasan kotak berbahan glossy paper berwarna hitam dan putih. Didalamnya ada lapisan kertas yang membuat bolu terjaga rapi dan elegan. Ternyata sudah ada disediakan pisau pemotong bolu. Wah mantap juga nih konsepnya gumamku dalam hati sebab bepergian jadi tidak repot membawa pisau untuk memotong bolu lagi. Sangking aku betul-betul kepo dengan rasa  Bolu Toba, aku meletakkan satu potong bolu per varian yang aku punya. Tidak tanggung-tanggung ada 5 jenis yang aku bawa pulang. Pancing Hazelnut Oreo, Japaris Durian, Titi Kuning Cheese, Coklat Padang Bulan dan si best seller Bolu Gulung Tiga Rasa.

Varian Bolu Toba Medan


Pancing Hazelnut Oreo

Varian yang ini berisikan bolu lembut dengan taburan toping potongan Oreo yang crunchy. Ditengah terdapat filling yang creamy dengan manis yang sedang. Enak dan gak eneg.

Pancing Hazelnut Oreo


Japaris Durian

Saat membuka kemasan kotak, semerbak aroma durian sudah menyeruak masuk ke organ penciuman. Varian yang satu ini sangat digemari anak keduaku. Kebetulan memang dia pecinta durian garis keras. Jadi saat makan bolu ini, seperti obat rindu pada makanan kesukaannya.

Japaris Durian


Titi Kuning Cheese

Varian ini termasuk yang menjadi favorit di rumah. Gurihnya keju ngeblend dengan manisnya bolu. Ada filing lembut dan lumer yang bikin cocok dipadukan dengan secangkir kopi 

Titi Kuning Cheese


Coklat Padang Bulan

Melihat toping coklat yg luber memenuhi kotak bolu tentunya varian ini menjadi rebutan pecinta coklat di rumah kami, terutama anak-anakku. Emaknya juga sebenernya, haha.

Coklat Padang Bulan


Bolu Gulung Tiga Rasa

Bolu gulung ini punya rasa khas dan sangat legit saat digigit. Campuran tiga rasa yang bikin emak ogah rugi merasa untung banget karena dalam satu kotak diisi 3 citarasa yang semuanya enak. 

Bolu gulung Tiga Rasa


Bolu Toba Medan di klaim mampu bertahan di suhu ruang selama 3-4 hari dan seminggu bila dimasukkan kedalam freezer. Tapi kenyataannya Bolu ini bahkan tidak bertahan lebih dari 8 jam di rumah kami. Alias laku keras dan habis hingga remahan terakhir diserbu anak-anak di rumah. Pengalaman makan bolu yang lembut, lumer dan tidak seret berhasil menjadi imej positif terutama pada anak-anak kami. 

Lokasi store Bolu Toba Medan berada di tengah kota yang mudah sekali di akses. Yakni di: 

  • Jalan K.H Wahid Hasyim no 55 Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20154
  • Batik Trusmi Medan, Jalan Pangeran Diponegoro no 20B, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan Sumatera Utara, 20151
  • Dan tak lupa ada pula Bolu Toba Medan Keliling (mobil). Jadi bisa langsung order on the road di mobil keliling.  Nah, buat yang mager untuk langsung berkunjung ke store-nya bisa memesan lewat aplikasi Go-Food dan Grab-Food. Atau langsung cek instagramnya di @bolutobamedan.

Berkumpul bersama keluarga dan sahabat memang tidak lengkap bila tidak mencicip hidangan yang mampu mempererat hubungan dan melengkapi momen kebersamaan saat ngobrol santai. Bolu Toba Medan, salah satu alternatif kuliner khas Medan yang wajib dicoba. Bisa menjadi oleh-oleh dan buah tangan dan lebih hemat dimakan rame-rame. Selamat menyambut hari yang Fitri dan salam hangat untuk keluarga dan orang-orang terkasih.

Bersama sahabat mengunjungi store rame-rame


13 komentar untuk "Bolu Toba Medan Kuliner Khas Medan Pelengkap Momen Kebersamaan dan Silaturahmi Keluarga"

  1. Seruh kali ya kak bisa kumpul bareng anak blogger sumut sama2 review bolu pula itu.. sayang gk bisa ikutan. :(

    BalasHapus
  2. Nama nama bolunya unik ya, kak... Nama jalan dan daerah di Kota Medan. Mungkin biar ingat sama Medan ya, kak...
    Rasanya pun terlihat lezat. Soalnya photonya itu menarik sekali. Pengen nyoba

    BalasHapus
  3. Penasaran sama japaris durian. Soalnya saya suka durian. Next mau pesan, apalagi dekat dengan rumah hehe

    BalasHapus
  4. Mau beli yang bolu gulung 3 rasa. Soalnya kemarin anak-anak gak dapet bolu gulung nya .
    Cocok buat sajian hari raya juga nih

    BalasHapus
  5. Bolu Toba ini murah, meriah dan tetap mewah ya ka..
    Belanja ke tokonya nyaman, dan belanja online pun juga bisa..
    Bakalan dicariin ni buat sajian keluarga di Medan..
    Cocok buat oleh-oleh juga..

    BalasHapus
  6. enakkkk, yg oreo emang enggak bikin enek 🥰 sesuai sama fotonya hehe pas banget nih bolu toba jadi oleh-oleh selagu mau lebaran gini

    BalasHapus
  7. Dalam waktu 8 jam ludes ya kak haha, mantaaab, awak suka yang Pancing Hazelnut Oreo

    BalasHapus
  8. Cokelat Padang Bulan bikin rindu nih. Lumer dan topingnya benar-benar enak banget, kebetulan saya suka manis dan cokelat. Heheh ...

    BalasHapus
  9. Wah aku belum coba pancing hazelnut Oreo kak, baru bolu tiga rasa dan Japaris Durian. Next bakalan beli varian itu deh

    BalasHapus
  10. Banyak ya varian bolu Toba ini, nama2nya emang Medan kali ya kak, pengenlah coba bolunya pas balek ke medan nanti :)

    BalasHapus
  11. Bener banget ini, bolu ini cocok jadi buah tangan mengunjungi keluarga, apalagi mertua haha

    BalasHapus
  12. Romantis kali raon2 kota Medan ama suami naik motor berdua kak.. wkwk Bolu Toba emang enak. Keluarga kami juga suka. Cocok banget untuk dijadikan oleh-oleh.

    BalasHapus
  13. Saya yang baru ngerasaain itu, yang coklat padang bulan, bolu gulung tiga rasa, sama yang oreo..
    yang varian lainnya menyusul heheh

    BalasHapus