Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengisi Liburan dengan Berkreasi Membuat Stick Gabus Keju Bersama Anak-anak

www.jejakbunda.com

 

Tahun 2023 baru beberapa jam berlalu. Riuh petasan sempat beberapa kali membangunkan tidurku namun syukurnya masih bisa melanjutkan tidur hingga menjelang subuh. Iseng buka gawai dan scroll sana sini berisi aktivitas liburan beberapa rekan. Ada hal yang menggelitik di setiap momen hari besar dan akhir tahun

Terkait liburan, kita bebas punya rencana tapi dompet jua yang memutuskan


Sejujurnya kami sekeluarga memang tidak pernah liburan di saat peak season. Terlebih karena anak-anak tidak memiliki waktu reguler ke sekolah seperti teman seusia mereka sehingga bisa berlibur kapan saja saat teman-temannya bersekolah. Fase peak season selain harga tiket sedikit diatas rata-rata hari normal, fasilitas umum pun seringkali harus rela mengantri dengan pengunjung lainnya.


"Bunda sudah 6 bulanan ya sekarang," tanya suamiku memastikan.

"Ah iya, sekitar 3 bulanan lagi InsyaaAllah perjuangan masa kehamilan," jawabku.

Ah iya, tiga bulan kedepan artinya prediksi bersalinku adalah di bulan Ramadhan. Artinya kemungkinan besar kami akan menghabiskan waktu lebaran di rumah bersama anak-anak. Terlalu riskan berkunjung ke luar rumah disaat bayi masih baru lahir bukan.

Wah, kenapa tidak mengajak anak-anak belajar membuat cemilan lebaran. Selain melatih belajar dengan adonan, anak-anak jadi terbiasa menyediakan cemilan yang bisa mereka nikmati di hari istimewa. Anggap saja simulasi persiapan lebaran, pikirku dalam hati.

Stik Gabus Keju dan Masa Kecil

Saat kecil dulu, ibuku jarang sekali membuat kue lebaran. Untuk merasakan vibes bebakaran kami seringkali menawarkan diri ke para tetangga untuk membantu membuat kue. Hanya membantu mencetak kue saja rasanya sudah senang sekali.

Ibu memiliki usaha sebuah toko kelontong. Di Medan sering disebut kedai sampah. Karena menjual hampir semua kebutuhan rumah tangga. Mulai dari sayur dan ikan, hingga sembako dan peralatan rumah tangga lainnya. Cukup sibuk apalagi jelang hari besar.

Karena sudah cukup kewalahan mengurus usaha, biasanya ibu memilih untuk memesan lewat saudara ataupun beli jadi. Pernah satu kali ibu mencoba mengajak kami membuat kue sendiri, akhirnya ibu kapok karena keletihan sebab menyita banyak waktu cara ibu pun tetap harus mengontrol kedai.

Salah satu Snack favorit yang tidak pernah aku lupa adalah stik gabus Keju. Dulu kami menyebutnya kue daki. Iya, kue daki. Aku tidak tahu darimana asal muasal pelafalan nama itu. Tapi sebagian besar teman di kota Medan familiar dengan sebutan itu.

Setelah jelang remaja, sebagian temanku menyebutnya stik keju. Ada pula yang terbiasa menyebut kue telur gabus atau gabus keju. Entahlah. Mungkin karena bahan dasar pembuatan cemilan ini adalah telur dan keju.

Cemilan ini kuanggap akan mudah dipahami anak-anak dalam proses pembuatannya. Bahan yang digunakan juga cukup mudah ditemukan dan tidak lebih dari lima jari. Hanya saja memang perlu ekstra kesabaran dan teknik agar hasilnya cukup memuaskan.

Stik Gabus Keju Praktis 


Bahan yang dibutuhkan
  • Tepung tapioka 250 gram
  • Keju cheddar 80 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Margarin 40gram
  • Garam setengah sendok teh
www.jejakbunda.com
Bahan pembuatan stik Gabus Keju , dokumentasi pribadi author 


Cara Membuatnya

  1. Parut keju lalu masukkan ke blender bersama telur margarin dan garam.
  2. Setelah bahan tercampur rata, tuangkan adonan kedalam baskom yang sudah berisi tepung tapioka
  3. Aduk menggunakan spatula lalu uleni hingga kalis dan tercampur rata
  4. Ambil sedikit adonan, lalu pelintir di kedua telapak tangan berbentuk panjang.
  5. Adonan rendam di dalam kuali penggorengan dengan minyak dingin (minyak yang belum dipanaskan).
  6. Setelah terendam, letakkan kuali di atas kompor lalu goreng dengan api kecil dengan panas stabil dan bisa dinaikkan setelah adonan mulai mengapung.
  7. Angkat adonan yang sudah matang lalu tiriskan.
  8. Letakkan Snack di toples kedap udara setelah suhu stabil.

Stik Gabus Keju dan trik sukses anti gagal

www.jejakbunda.com
Adonan direndam didalam kuali berisi minyak dingin, dokumentasi: koleksi pribadi author 


Masih teringat di kepala saya saat ibu mengajak membuat cemilan yang satu ini. Hasil cemilan ibu mbledos dengan bentuk yang tidak karuan. Ternyata ada beberapa trik yang belum diketahui ibu saat itu.

  • Adonan akan mengembang saat digoreng. untuk itu penting sekali memilin adonan dengan bentuk yang padat namun slim karena perubahan bentuk saat terkena minyak panas. Bentuk yang slim juga memudahkan adonan matang sempurna secara cepat.

  • Adonan yang dipilin, langsung di rendam di kuali berisi minyak dingin agar tidak pecah alias mbledos saat digoreng. Upayakan gunakan api kecil saat pertama sekali kuali diletakkan di atas kompor. Temperatur boleh dinaikkan bila adonan sudah mulai naik ke atas permukaan saat digoreng.

  • Jangan mengaduk-aduk adonan saat digoreng. Biarkan saja ia naik sendiri ke atas permukaan agar tidak pecah terkena sutil saat mengaduk. Jangan kuatir lengket karena nanti ia akan terpisah sendiri.

  • Setelah ditiriskan letakkan di atas tisu dapur agar minyak bisa turun. Lalu simpan saat suhu sudah stabil.

  • Resep diatas akan menghasilkan sekitar 2x lipat dari bahan dasar tepung. Dengan lama pengerjaan sekitar 40-60menit tergantung kecepatan memilin.
www.jejakbunda.com
Stik Gabus Keju yang sedang dianginkan di tisu


Membuat cemilan dan Snack bersama anak-anak sangat menyenangkan. Selain membuat mereka terampil menggunakan motorik halus, anak juga belajar melihat proses perubahan dalam pengolahan bahan baku menjadi makanan. Untuk resep diatas hasilnya cukup memuaskan dari tekstur dan rasa kejunya yang gurih. Namun memang tidak ada yang bisa kami sisihkan untuk disimpan. Sambil menggoreng, anak-anak langsung ngemil stik gabus keju hingga tak tersisa. Alhamdulillah, semua suka dan gembira.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

15 komentar untuk "Mengisi Liburan dengan Berkreasi Membuat Stick Gabus Keju Bersama Anak-anak "

  1. Liburan bersama anak lebih bermakna jika ada kegiatan edukatif seperti membuat stick gabus keju, camilan yang enak dan disukai banyak orang. Siapa tau menjadi bisnis tambahan di kemudian hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul.
      Saat ini selain pendidikan formal, skill juga harus diasah ya untuk bisa survive di kondisi apapun

      Hapus
  2. Wah seru banget ya bikin cemilan stick gabus keju bareng anak². Aku juga biasa buat ini kalau mau lebaran sama ibu. Tapi gak pake keju dan caranya berbeda. Nanti mau cobain ahh pake keju, ini ngeliatnya aja enak bgt bayangin rasa kejunya. Anw, geli bgt nama lainnya kue daki wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya Mba.
      Sebagian masyarakat kota Medan familiar dengan sebutan kue daki.

      Hapus
  3. Aku baru tahu kalau kue daki ini namanya stik keju
    Cara pembuatannya memang mudah kok, tapi menurutku yang agak ribet itu proses pembuatannya

    BalasHapus
  4. Saya juga biasanya menghindari liburan saat peak season. Harganya bisa bikin jumpalitan. Sayang aja hasil kerja keras berbulan-bulan kalau habis hanya untuk liburan. Kalo gak peak season harganya malah normal. Tabungan juga aman. Tapi ya kalo pas liburan asyiknya emang masak-masak di rumah ya. Bikin stik gabus keju kayak gini asik juga.

    BalasHapus
  5. Pasti menyenangkan sekali anak-anak dilibatkan dalam proses membuat camilannya sendiri. Gede dikit pasti ke dapur bikin sendiri tuh hehehe..

    BalasHapus
  6. Stik gabus keju ini banyak yg buat tapi saya lihatnya baru beberapa tahun terakhir di sini ramenya
    Sewaktu saya kecil belum ada. Sepertinya asalnya memang dari daerah Mbak Shisca. Enak banget jika kejunya terasa. 😊

    BalasHapus
  7. saya suka sekali membuat steak keju, apalagi makannya bareng keluarga sambil ngumpul gitu seru banget pokoknya

    BalasHapus
  8. Anakku menyebutnya cheese stick...enaak banget ini apalagi kalau bikin sendiri kejunya di banyakin emmm yummyy (gusti yeni)

    BalasHapus
  9. Auto harus coba resepnya nih bun. Mudah mudahan bisa merubah rasa kurang doyan keju, jadi doyan dengan resep stik gabus keju ini

    BalasHapus
  10. Stik gabus ini legend sekali. Anak-anak pasti suka, apalagi kalau pakai keju. Tambah gurih dan aromanya wangi banget.

    BalasHapus
  11. Stik gabus ini doyannya keponakan-keponakan kalau lagi kumpul. Gurih rasanya. Makanya selalu beli yang kiloan. Aku save ya bun, buat q recook. ❤️

    BalasHapus
  12. Ternyata bikinnya mudah gak ribet ya. Ntar mau bikin sendiri juga ah..
    Ini salah satu favoritku kalau lebaran

    BalasHapus
  13. Bener mbak setuju...liburan nggak harus jalan jalan. Kalau memang dompet lagi nggak mau diajak keluar ya udah di rumah aja berkreativitas.

    BalasHapus