Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kreasi Pasta


Olahan spaghetti memang terasa istimewa. Makanan ala negeri Italia sudah sering eksis di beberapa cafetaria di negeri ini. Ada spaghetti bolognese, aglio e Olio, carbonara, brulee, dan masih banyak jenis olahan dan sausnya. Kalau di Indonesia makanan utamanya adalah nasi, namun di Italia spaghetti adalah makanan pokok penduduk yang menjadi konsumsi utama dan hidangan wajib di sana.

Spaghetti adalah salah satu dari jenis pasta yang berbentuk silinder tipis dan padat yang terbuat dari gandum. 

Sejarah Pasta

Ada sedikit perdebatan yang menyebutkan bahwa pasta sebenarnya dibawa oleh Marcopolo pada abad ke-13 dari Tiongkok ke Italia. Hal lain lagi menyatakan bahwa pasta ditemukan di kota Genoa Italia Utara pada tahun 1270. Pendapat lain mengemukakan bahwa pasta pernah diproduksi di Sisilia tahun 1100-an. Dan hingga saat ini asal muasal pasta masih menjadi perdebatan. 

Pada era renaissance pasta disajikan untuk kalangan aristokrat. Proses pembuatan pasta masih sangat rumit dibandingkan saat ini resep pastanya jauh lebih praktis. Uniknya, ada pergeseran masyarakat Napoli yang menjadikan pasta sejenis makaroni menjadi makanan pokok. Hal ini terjadi karena terjadi kemerosotan standar hidup yang membuat orang beralih mengkonsumsi gandum dibandingkan daging Karena harganya relatif lebih murah. Pasta tak hanya menjadi makanan rakyat jelata. Bahkan raja Ferdinand IV dari Napoli pun menyukai pasta.

Di Indonesia pasta diperkirakan diperkenalkan sekitar tahun 1870 oleh kolonial Belanda. Namun bangsa Tionghoa juga memperkenalkan mie sebagai makanan dan disinggung dalam prasasti di Majapahit.

Pasta yang populer di Indonesia adalah spaghetti, makaroni fettucini, fusilli dan lasagna. Dengan cita rasa asin, gurih, creamy, berminyak, pedas bahkan asam.

Pasta mengandung serat gandum yang sangat tinggi untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan proses pencernaan. Pasta mengandung karbohidrat dan protein nabati yang dapat membantu perkembangan otak dan saraf. 

Spaghetti dan olahannya

Halah, kakean gaya pake pasta pasta segala.
Kemlinthi

Aku sih pernah digituin. Gatau deh kalo Ashanty. 

Huff. Padahal pasta nggak mesti diolah sesuai citarasa mas atau mba bule semata. Pasta juga enak banget diolah dengan citarasa lokal dan menggunakan bahan baku yang mudah didapat di rumah. Belum percaya? Berarti belum nyoba resep dibawah ini. 

 

SPAGHETTI Bistik Ayam Jamur



Pasta www.jejakbunda.com
Sumber: koleksi pribadi www.jejakbunda.com

 

Makanan rumahan yang tastenya paling approve di rumah salah satunya adalah bistik ayam. Gak cuma jadi favorit anak yang gede aja, buat MPASI bayi bistik ini juga sangat disukai. Rasanya yang gurih dan manis cocok dijadikan hidangan utama maupun pelengkap makanan

Bistik ayam merupakan makanan favorit keluarga. Biasanya kalau masak bistik sering aku banyakin dan dijadikan pelengkap makan pasta. Menu rumahan seperti bistik ayam ini pasti enak di bikin pasta. Kali ini aku beri tambahan jamur kancing biar makin komplit.

Spaghetti Bistik Ayam Jamur

Bahan
Ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan
Bumbu Halus
Bawang putih
Kemiri
Bawang merah
Sedikit jahe
Bumbu Cemplung:
Kayu manis
Cengkeh
Pala(opsional)
Garam
Gula merah sedikit
Kecap
Pelengkap
Bawang Bombay
Jamur kancing 

Cara memasak

1. Tumis sedikit bawang Bombay hingga layu lalu masukkan bumbu halus hingga matang
2. Masukkan bumbu cemplung aduk rata 
3. Masukkan ayam lalu masak hingga ayam berubah warna.
4. Tambahkan air lalu masak kembali hingga air menyusut.
5. Beri garam, gula, merica halus dan kecap aduk rata.
6. Masukkan jamur kancing yang sudah dipotong-potong lalu biarkan hingga kuah mengental.
7. Taburkan bawang Bombay, tutup sebentar agar layu lalu koreksi rasa.

Yuk kita plating.

1. Gunakan Spaghetti yang sudah direbus hingga aldente tata ke dalam piring

2. Letakkan bistik ayam ke atas spaghetti dan tambahkan kuah bistik sesuai selera.

3. Beri pelengkap seperti sambal, saus atau acar cabe merah juga sawi.

4. Alhamdulillah, spaghetti Bistik Ayam Jamur sudah ready nih disantap keluarga


SPAGHETTI KRIUUUUK

Kalo udah jelang akhir bulan dan suami lagi gak stay di rumah itu tandanya Emak harus pinter-pinter bikin kreasi supaya penghuni rumah tetap bisa ngemil enak. Prinsipnya cemilan selain rasanya enak harus irit, hemat dan terjangkau juga. 

Syukurlah ada Pasta La Fonte. Semua #PastiEnakDipastain jika pakai Pasta La Fonte.

Moms, yuk bareng aku bikin kreasi Pasta pake 2 bahan ini.

SPAGHETTI KRIUK

Bahan:
Pasta Spaghetti-10 La Fonte
Bumbu Tabur sesuai selera

Cara Membuat

1. Didihkan air lalu masukkan Spaghetti-10 La Fonte ke dalam air selama 3-5 menit.

2. Tiriskan lalu celupkan ke air biasa agar spaghetti terjaga teksturnya.

3. Setelah suhu stabil tiriskan air kembali

4. Panaskan minyak di atas kuali lalu bentuk pasta secukupnya di penggorengan. Kalo aku, berbentuk bulat biar mudah digenggam.

5. Goreng sampai berwarna keemasan

6. Angkat lalu beri bumbu tabur.
Karena yang ready di rumah adalah bubuk nori, aku tabur pake nori. Rasanya kriuk dan gurih. Pake serbuk coklat juga enak dan disukai anak-anak deh Mom.


Spaghetti kriuk www.jejakbunda.com
Spaghetti kriuk www.jejakbunda.com


14 komentar untuk "Resep Kreasi Pasta "

  1. Waaah resepnya menarik untuk dicoba.. aku mau coba ah yang spageti bistik jamur.. bisa nggak bistiknya diganti biar lebih irit, pake tempe atau tahu gimana? La Fonte memang top banget dari dul ya.. semua dari la Fonte enak

    BalasHapus
  2. Waah iya yaa .. bumbu nori bisa jadi bumbu pasta kriuk. Tak pernah terpikirkan olehku. Makasih nih sudah berbagi resep, Mbak :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih resepnya. Kebetulan saya penyuka spageti. Dulu kalau bosen dan eneg makan nasi, daripada makan mie instan, saya gantikan dengan spageti. Dipadu dengan ayam saus teriyaki. Itu resepnya menggiurkan sekali.

    BalasHapus
  4. Penasaran sama spageti kriuk, kayaknya buatnya mudah ya, jadi seperti mie lidi , ditabur boncabe atau nori enak banget nih 😋

    BalasHapus
  5. Bikin pengen rasain makan pasta deh..
    Otw beli dan cobain resepnya nih.. Menarik juga ternyata dulu di Napoli pasta jadi makanan pokoknya, tempat yang terkenal dengan kejunya

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau spaghetti bisa dibikin versi kriuk, jadinya kaya makan keripik dong..ehehe.
    Boleh juga nih idenya untuk cemilan pas hari hari besar, kaya lebaran

    BalasHapus
  7. wah ternyata mudah ya buat spaghetti kriuk,apakah rasanya seperti snack mie goreng mbak?

    BalasHapus
  8. Saya penggemar mie, Mbak, termasuk spagetti. Padahal spagetti bukan bagian dari mie, ya, hhe. Pokoknya makanan yang seperti itulah. Tapi untuk spagetti kriuk belum nyoba, jadi penasaran, nih.

    BalasHapus
  9. Baru kemaren mau bebikin spaghetti tapi pake bumbu mie aceh. Lah udah ada bumbu sama bahan lain tapi spaghetti ketinggalan.. Hahaha nasiiib

    BalasHapus
  10. Yang paling baru dicoba adalah spaghetti bistik ayam jamur. Rasanya begitu unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalo aunty datang, jangan lupa dikasih ya. Biar ngerasain. Kekmana sih uniknya...

      Hapus
  11. Aku lebih tertarik baca sejarahnya daripada resepnya 😅 tapi selera juga lihat olahan yg bistik ayam jamurnya kak 🤤

    BalasHapus
  12. whaa,,, mau nyoba juga ah yang pasta kriuk, bikinnya mudah bingiit, hujan2 kl anak2 udah plg ke rumah pasti yang dicari adalah camilan, untung semua bisa dipastain ya sama La Fonte

    BalasHapus
  13. Penasaran dengan Spaghetti Bistik ayam jamur itu kak... Resepnya mudah dan harus dicoba nih.

    Jaman dulu, pasta itu identik dengan makanan orang kaya. Tp sekarang, siapapun bisa kog. Ga kemlithik lah

    BalasHapus