Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Madu Untuk Aneka Masakan

madu-al-hafizh/www.jejakbunda.com



Jarum jam bergerak kearah utara. Hari memang sudah larut. Aku mengakhiri diskusi bersama anak-anak terkait rencana aktivitas kami esok hari. Setelah menutup dengan salam anak-anak pamit memasuki kamar mereka masing-masing.

Aktivitas diskusi dan briefing memang sudah menjadi kebiasaan yang kami lakukan di rumah untuk mempersiapkan anak-anak menghadapi aktivitas baik di rumah maupun luar rumah. Ini menjadi penting agar anak memiliki kesiapan dan memahami ritme kegiatan yang harus kami lakukan bersama.

Biasanya ada sang ayah yang menemani setiap briefing dengan anak-anak. Kegiatan bimtek di Sumatera Barat membuat ia harus terpisah beberapa hari dengan kami. Padahal setiap usai diskusi dengan anak-anak kami berdua melanjutkan ngobrol sambil minum kopi campur madu.

Kubuka laci lalu mengeluarkan sebungkus kopi herba instan sambil meraih botol madu. Ah iya, aku baru ingat stok madu sudah habis. Baiklah bukan rejekiku menikmati kopi campur madu. Not bad, masih ada beberapa tetes madu tersisa untuk kucampurkan dengan air hangat.

Langsung aku kocok sebentar agar sisa madunya ikut tercampur lalu tuang ke gelas sambil melangkahkan kaki beranjak ke dapur mengambil potongan jeruk nipis untuk diperas dan mencampurkan ke gelas air hangat madu. Slruuup. Lumayan, setidaknya tidak kalah dengan honey lime yang diracik barista di kafe.

Besok pagi rencananya aku dan anak-anak berangkat ke Taman Ahmad Yani Medan untuk bergabung bersama rekan dari Blogger Sumut melakukan aktivitas rutin GPS. Pekan ini adalah kali ketiga kami mengikuti kegiatan ini.

Gerakan Pungut Sampah yang diinisiasi Komunitas Blogger Sumut adalah salah satu aksi sosial peduli lingkungan untuk kelestarian bumi. Sebelumnya gerakan ini mengambil lokasi di Lapangan Merdeka Medan dan Taman Sri Deli Medan.

Aku selalu melibatkan anak-anak untuk ikut kegiatan ini agar mereka terbiasa bersosialisasi dengan volunteer. Poin terpenting lainnya adalah mengedukasi anak-anak untuk peduli lingkungan sesuai tanggungjawab sebagai khalifah di bumi.
Alhamdulillah anak-anak sejauh ini cukup antusias dengan kegiatan ini.

Angin malam menyelinap masuk dari celah jendela. Hari sudah berganti. Aku segera meletakkan gawai di atas nakas dan segera beranjak ke pembaringan. Bayi kecilku sedikit menggeliat. Biasanya ini pertanda ia ingin diberikan ASI. Segera aku penuhi kebutuhan bayiku sambil membaringkan tubuh.

Tok tok tok

Sebuah ketukan kecil di pintu kamar menyadarkan aku dari lelapnya tidur. Kulirik jam dinding sudah jam 5 pagi. Aku segera beranjak dan membuka pintu kamar. Si sulung ternyata.

"Bun, kita bawa bontot lauk yang ready aja ya?" Tanya putriku

"Iya, masih bagus kok ikannya, 
Dihangatkan saja," jawabku sambil melangkahkan kaki ke kamar mandi.

Membawa bekal salah satu kebiasaan keluarga kami. Keluarga dengan jumlah anggota yang tidak sedikit memang lebih menyenangkan membawa bekal dari rumah karena efektif memangkas pengeluaran yang dari rumah. Ini sih buah pemikiran di kamus ibu cermat ala saya sendiri.

Tepat jam 08.00 saya memesan taxi on-line dan setelah beberapa menit menunggu, driver pesanan kami telah tiba. Anak-anak sudah antusias mengangkut peralatan dan bekal. Sebagian lagi menggendong adiknya yang kecil.

Sekitar dua puluh menit di perjalanan kami akhirnya tiba di Taman Ahmad Yani. Beberapa volunteer pengangkut sampah sudah bergerak dengan kantong goni. Kuajak anak-anak meletakkan tas dan barang-barang lalu bergegas memungut sampah di taman.

Hanya sekitar satu jam taman sudah terlihat bersih dan rapi. Taman Ahmad Yani cukup terawat karena tidak ada pedagang yang berjualan di taman. Beberapa pengunjung pun terlihat mandiri dan sadar membuang sampah di tempat yang tersedia.

madu-al-hafizh/www.jejakbunda.com



Usai bersih-bersih kami disuguhi sebotol air madu lemon dari madu Al- Hafizh. Rasa manis yang segar dari madu asli hutan sumatera berpadu dengan perasaan air lemon memang cocok sekali mengembalikan energi sehabis ber-GPS bersama rekan sekomunitas.

Madu  sering dijadikan bahan pelengkap minuman. Air lemon madu, kopi madu, madu bunga telang, madu jahe sereh dan masih banyak lagi ide kreatif yang menggunakan madu.

Sepulang dari kegiatan pungut sampah di Taman Ahmad Yani, aku langsung melihat stok makanan di kulkas. Ada ayam utuh dan beberapa potong sayap ayam yang sudah aku marinasi. Yap. Aku langsung terinspirasi ide masakan dengan kreasi madu.

madu-asli-medan/www.jejakbunda.com
Koleksi pribadi dari tangkapan layar hp




Chicken Wing Honey Crispy


Ini salah satu menu ayam andalan yang bikin anakku susah nolak makanan.
" Lebih enak dari restoran," puji si kecil sambil menjilati jari-jarinya sehabis makan.
Sebelum di goreng, biasanya aku marinasi ayam terlebih dahulu agar bumbunya meresap ke dalam.

Bahan :

Sayap ayam 500 gram
Tepung 150gram (aku pakai tepung goreng serbaguna supaya lebih praktis)
Telur 1 butir
Ketumbar 1 sdm
Bawang putih 3-4 siung
Jahe 1 jempol
Minyak wijen 1 sdm
Saus tiram 1sdm
Saus tomat 1 sdm
Madu 3-4 sdm

Langkah pembuatan

1. Marinasi sayap ayam yang telah dipotong dan dibersihkan dengan bumbu yang dihaluskan ( ketumbar, bawang putih, jahe) selama semalam atau minimal 4jam)

2. Masukkan kedalam kocokan telur lalu gulingkan ke tepung kering. Bila mau lebih tebal dan keriting bisa diulang kembali masukkan ke kocokan telur/ air es lalu gulingkan kembali ke tepung. Tapi di resep ini aku hanya satu lapis saja.

3. Panaskan minyak di dalam wajan. Goreng semua sayap ayam hingga kuning kecokelatan dengan api sedang. Setelah matang, angkat dan tiriskan, lalu sisihkan dahulu.

4. Panaskan minyak di dalam wajan, masukkan bawang putih cincang, tumis hingga harum. Masukkan campuran saus, lalu masak hingga mendidih.

5. Setelah itu, masukkan sayap ayam goreng, masak hingga tercampur rata. Kalau sudah, angkat dan sajikan.

Jangan lupa taburkan wijen sangrai saat plating.


madu-al-hafizh/www.jejakbunda.com
Chicken wing honey crispy


Kulit Ayam Madu Pedas


Dulu aku memang jarang sekali mengolah kulit ayam. Hingga suatu hari saat mencoba memanfaatkan agar tidak terbuang begitu saja akhirnya aku olah menjadi camilan penambah kriuk saat santap siang. 

Cara mengolah sama seperti membuat ayam krispi pada umumnya. Hanya saja untuk kulit ayam aku tidak melakukan proses marinasi karena kulit ayam sudah mengandung lemak dan gurih bila digoreng dengan garing.

Bahan

Kulit ayam potong ukuran sesuai selera
Tepung bumbu serbaguna untuk menggoreng ayam
Telur kocok 1 butir
Air es untuk celupan

Bumbu spicy

Bawang putih 2 siung di cincang
Daun bawang/ bawang pre 1 buah iris serong
Madu 1-2 sdm tergantung banyaknya kulit ayam
Garam 1/4 sdt
Bubuk cabai 1/2 sdt
Cabe rawit merah iris halus.

Cara membuat

Masukkan sayap ayam ke dalam mangkuk berisi telur kocok lalu balurkan ke tepung.

Ulangi dengan mencelupkan ke air es lalu balurkan kembali ke tepung.

Setelah tepung menempel dan hasilnya keriting goreng ke minyak yang sudah panas.

Aduk tapi jangan dibolak-balik agar minyak tidak meresap

Setelah kekuningan angkat kulit krispi lalu sisihkan.

Tumis bawang putih cincang dengan sedikit minyak lalu masukkan garam, madu, bubuk cabai dan cabe rawit merah.

Aduk merata

Masukkan kulit ayam yang telah digoreng dan daun bawang.

Aduk kembali dan siap disajikan.

Mudah kan?


madu-al-hafizh/www.jejakbunda.com
Kulit ayam madu pedas


Ayam Panggang Madu Korean Style


Ayam panggang madu dibuat dari ayam utuh tanpa isi jeroan. Menu istimewa ini bisa dihidangkan sebagai menu menyambut keluarga, tamu ataupun di hari besar. Untuk dijadikan sebagai menu harian juga tidak masalah karena proses pembuatannya juga tidak sulit.

Ayam panggang yang digunakan lebih enak menggunakan ayam Kalasan karena tidak terlalu sulit dimarinasi. Menggunakan ayam negeri yang ukurannya tidak terlalu besar juga dapat dijadikan alternatif. 

Untuk proses marinasi bisa menambahkan kecap Inggris atau boleh juga diganti dengan bumbu halus seperti resep chicken wings honey crispy yakni bawang putih, ketumbar, jahe dan sedikit kecap asin. Namun sebelumnya tusuk tusuk ayam dengane menggunakan garpu atau lidi agar bumbu meresap. Minimal marinasi sekitar 4-6 jam.

Setelah ayam dikeluarkan dari proses marinasi, panggang didalam oven setengah matang saja lalu keluarkan ayam dari oven untuk diolesi bumbu madu.

Resep bumbu madu untuk 1 ekor ayam

Madu 5 sdm
saus tiram 1 sdm
Saus tomat 3 sdm
Minyak wijen 1 sdm

Saus diaduk rata lalu dioleskan ke permukaan ayam setengah matang. Panggang kembali ayam hingga matang sekitar 15-20 menit dengan suhu 160 derajat. Wanginya begitu menggugah selera. Karena aku suka sekali wijen, aku taburkan wijen setelah ayam selesai dipanggang.


madu-al-hafizh/www.jejakbunda.com
Ayam Panggang Madu Korean Style



MENGENAL PRODUK MADU AL-HAFIZH DAN REFILL MADU


REFFIL MADU adalah distributor madu yang merupakan pusat supplier madu hutan Sumatera dan madu mellifera yang murni, bersanad dan bergaransi

refillmadu/www.jejakbunda.com


Kelebihan Madu AL-HAFIZH


Madu al-hafizh memiliki beberapa jenis dan tersedia dalam berbagai ukuran. Madu al-hafizh juga memiliki beberapa kelebihan yaitu :

1. Murni


Refillmadu sebagai supplier yang melakukan packing madu al-hafizh langsung dari sumber madu tanpa melewati proses pengolahan.

2. Bersanad


Refillmadu memastikan proses pengiriman madu ke konsumen berasal dari sumber madu yang jelas asal-usulnya tanpa melewati proses pengolahan.

3. Bergaransi


Madu murni menjadi pilihan utama untuk menjaga kesehatan dan berbagai. Sehingga bila konsumen menemukan madu al-hafizh dapat dibuktikan palsu melewati uji lab dengan ketentuan pengujian yang berlaku.

Produk madu Al-Hafizh tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran

 1. Madu Hutan


Tersedia dalam kemasan reguler 1000 gram dan kemasan reguler 500 gram

2. Madu Akasia


Tersedia dalam kemasan reguler 1000 gram, 500 gram dan 300 gram.

3. Madu Premium

Tersedia dalam kemasan kaca 550 gram dan kemasan kaca 250 gram.

Banyak juga ya ternyata jenis madu yang tersedia di distributor madu Al-Hafizh. Ketiga madu ini selain berbeda jenis juga memiliki manfaat yang berbeda pula.


Madu Hutan


Madu hutan merupakan jenis madu yang dihasilkan dari lebah jenis Apis Dorsata atau lebah liar yang banyak hidup di kawasan hutan. Kandungan gizi yang lebih pekat membuat khasiatnya lebih bermanfaat bagi tubuh. 

Beberapa manfaat madu hutan yang bisa dinikmati adalah:


1. Membantu meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh 
2. Meningkatkan nafsu makan
3. Menyehatkan kulit 
4. Menurunkan tekanan darah
5. Memperbaiki kolesterol 
6. Menyembuhkan luka 
7. Membantu meredakan batuk pilek


Madu Akasia


Madu Akasia diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga pohon belalang hitam yang berasal dari Amerika Utara dan Eropa.  Dilansir dari Healthline bahwa satu sendok makan madu Akasia atau setara dengan 21 gram madu mengandung 60 kalori dan 17 gula.

Manfaat madu akasia untuk kesehatan antara lain adalah

1. Kaya akan antioksidan
2. Memiliki sifat antibakteri alami 
3. Membantu penyembuhan luka
4. Dapat mencegah dan mengobati jerawat

madu-asli-medan/www.jejakbunda.com
Sumber dari madualhafizh.id



Madu Arab Habbatussauda


Madu Arab habbatussauda merupakan madu pilihan yang memiliki kualitas tinggi. Madu ini merupakan madu yang dihasilkan dari nektar bunga nigella Sativa yang tumbuh di Mesir. Nigella Sativa ialah tumbuhan yang bijinya menghasilkan minyak berkhasiat yang di sabda Nabi sebagai obat segala penyakit kecuali maut.

Manfaat madu Arab Habbatussauda


1. Pembersih paru-paru dari polusi 
2. Sebagai energi instan (disarankan diminum 10 menit sebelum beraktivitas) 
3. Dianjurkan bagi pribadi yang sering terpapar polusi
4. Memperbaiki daya tahan tubuh
5. Mengobati maag dan tukak lambung
6. Melindungi saraf dan menyokong pertumbuhan sel


Madu memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan dan kebutuhan harian lainnya. Selain bisa dijadikan bahan pelengkap minuman, kecantikan dan pengobatan madu juga cocok untuk menambah citarasa masakan asalkan takaran yang digunakan tidak berlebihan. 

Berminat mencoba madu hutan asli segera kontak distributor madu asli Al-Hafizh atau bisa berkunjung ke media sosial madu Al-Hafizh. Salam sehat.


madu-asli-medan/www.jejakbunda.com
Dokumentasi pribadi www.jejakbunda.com


24 komentar untuk "Inspirasi Madu Untuk Aneka Masakan"

  1. Air madu lemon dari madu Al- Hafizh ... hmm sepertinya segar ya rasanya. Penasaran, seperti apa perpaduan buah lemon dengan madu Al-Hafizh ^_^

    BalasHapus
  2. Wah Chicken Wings Honey Crispy-nya menggodaaa.
    Mantap memang madu ya, bisa diminum begitu saja juga jadi campuran minuman dan makanan yang menyehatkan.Apalagi bentuk madu lemon seperti Al-Hafidz begini praktis!
    Btw, salut untuk Gerakan Pungut Sampah dari Blogger Sumut. Keren kalian teman-teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba Dian,

      Semoga blogger Sumut bisa berbuat lebih baik dan luas manfaatnya untuk lingkungan

      Hapus
  3. Saya biasa minum madu 🍯 dicampur air hangat 30 menit sebelum sarapan. Katanya bagus juga untuk detoksifikasi dan melunturkan lemak. Ternyata klasifikasi madu banyak juga ya .Terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya madu di glek aja udah enak ya, Mas.

      Ditambah air hangat juga nikmat dan menambah stamina sebelum beraktivitas

      Hapus
  4. MasyaAllah banyak sekali menu makanan enak yang bisa dikolaborasikan dengan madu. Terbayang nikmatnya minum madu lemon berkali kali deh sepanjang baca tulisan Kakak. Apalagi jadi dikenalkan juga dengan salah satu brand madu hutan nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kak,
      Pada dasarnya madu hutan asli adalah sesuatu yang manis dan lezat.

      Hapus
  5. Sebagai pecinta chicken wing spicy honey, saya tergiur sekali dengan kreasi olahan madu dan ayamnya. Enak kalau bisa bikin sendiri gini, kagak perlu beli ke resto-resto fast food yang harganya malah jadi jauh lebih mahal.

    And next, semoga kalau ada kesempatan pulang kampung, pengin silaturahim dengan Blogger Sumut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa berkunjung dan meet-up dengan rekan komunitas blogger Sumut ya bang

      Hapus
  6. Wahhh banyak sekali resepnya....
    Saya mau coba resep yang pertama, sayap ayam...
    Terlihat mudah dan bahannya juga ada semua.
    Eh kecuali minyak wijen.
    Minyak wijen bisa diganti sama apa ya bun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyak wijen boleh di skip kok Bun.

      Saya kalo kebetulan lagi kosong juga skip. Cuma memang kalo pake minyak wijen jadi harum bangettt

      Hapus
  7. Ayam goreng madu ala Koreanya keliatan yummy bangeeeeet. Kebetulan ini salah satu menu favorit Korea saya nih. Makasih banget udah ngasih resepnya.

    BalasHapus
  8. Madu Al Hafizh ini memang bikin merasa nyaman karena sanadnya jelas ya Bun. Apalagi memang terbukti madu asli bukan oplosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul, sanadnya emang jelas kalo ini asalnya madu lebah bukan madu-maduan

      Hapus
  9. Waah makasih banyak sharing resep masakan dengan bahan tambahan madu.
    Madu memang banyak khasiatnya ya kakk ide yg bagus dg mencampurkan madu pada masakan

    BalasHapus
  10. Beneran bikin ngiler ini kak, jadi pengen buat juga bikin ayam goreng tepung pake madu al-hafizh hehe

    BalasHapus
  11. Ayam madunya menggiurkan ni. Boleh juga resepnya dicoba untuk keluarga di rumah

    BalasHapus
  12. wah bisa cobain menu ayam nya kak, ditambah madu ini enak banget pastinya saya suka ayam madu

    BalasHapus
  13. Jadi ingat ayam madu yang dijual Mail di serial Upin & Ipin ya BunShis,, keren ih cerita madu murni Al Hafizh lewat resep-resep ayam. Nice info ya, tfs ^^

    BalasHapus
  14. Hwaaa makasii mba resepnya. ayam panggang madu ala Korea ini mau aku cobain ah besokk hihi.. kayaknya enak bangett ih

    BalasHapus
  15. Wih penasaran bagaimana rasanya ayam panggang madu. Belum pernah nyoba. Nanti minta istriku masakkan ah.

    BalasHapus
  16. minum kopi campur madu ini sepertinya unik nih mbak. Saya ingin coba ya. apalagi dikasi jeruk nipis gitu. seger kali yah. Memang kalau milih madu pastikan benar-benar asli ya mbak

    BalasHapus