Bebas Kuatir Nutrisi Tersingkir, berkat Konvermex

 Assalamualaikum Bunda.

Tidak terasa Ramadhan 1442 Hijriyah sebentar lagi akan hadir menyapa. Ramadhan tahun ini merupakan Ramadhan kedua yang kita lalui di masa pandemi ya Bun. Tentunya persiapan menyambut bulan puasa tahun ini sudah kita lakukan jauh hari ya. Tentu saja dengan meningkatkan imunitas dan memperketat protokol kesehatan agar stamina tetap terjaga sehingga nantinya ibadah yang kita lakukan selama sebulan penuh dapat terlaksana dengan lancar.

Berpuasa di bulan Ramadhan tentunya merupakan kewajiban yang harus dilakukan muslim baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh.


Tak jarang saat orang dewasa berpuasa, anak-anak juga tertarik ingin ikut serta berpuasa. Sebenarnya tidak ada salahnya membiasakan ananda untuk mulai belajar berpuasa. Karena bulan Ramadhan merupakan momentum terbaik untuk mendidik anak dalam nuansa kebersamaan. Baik kebersamaan keluarga pada saat sahur, berbuka maupun saat melaksanakan ibadah khusus di bulan Ramadhan. Namun yang menjadi catatan penting, bunda jangan sampai melupakan bahwa ananda masih berada dalam tahap penting pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga upayakan agar nutrisi yang didapatkan ananda seimbang serta mencukupi kebutuhan gizinya sesuai usia tumbuh kembangnya.


Nutrisi makanan yang diberikan buat si kecil harus padat zat gizi seperti berikut dibawah ini.


Protein

Protein sebagai zat pembangun mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak sekaligus memperbaiki jaringan tubuh. Protein terbagi dua, yakni protein nabati dan hewani yang mengandung asam amino yang baik untuk tumbuh kembang ananda. Kebutuhan protein yang dibutuhkan anak usia lima hingga sepuluh tahun berkisar 35 -49 gram setiap harinya.

Zat Besi

Zat besi menutrisi tubuh dalam mengangkut oksigen dan menyebarkan ke seluruh tubuh. Setiap hari setidaknya 10 miligram zat besi dibutuhkan anak agar terhindar dari anemia. Zat besi terdapat pada daging, kacang-kacangan, sayur bayam dan lainnya.


Karbohidrat

Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, roti, gandum yang mengandung kalori tinggi dan dapat menahan rasa lapar lebih lama. 


Kalsium

Kalsium dibutuhkan anak agar pertumbuhan dan kekuatan tulangnya terjaga selama masa tumbuh kembang. Kalsium juga bermanfaat dalam mencegah pembekuan darah dan mempertahankan fungsi saraf dan otot serta membuat jantung berdetak dengan normal. Kalsium setidaknya dikonsumsi sekitar 1.000 miligram setiap hari. Makanan yang mengandung kalsium terdapat pada susu, brokoli, keju, yoghurt dan lainnya.


Vitamin

Ananda membutuhkan vitamin sebagai support imunitas tubuh dari paparan radikal bebas. Seperti vitamin A, C, dan E. Vitamin mampu mendukung pertumbuhan sel dan jaringan tubuh agar lebih baik dan terpelihara. Vitamin terdapat pada jenis buah dan sayuran. Sehingga penting sekali agar ananda yang berpuasa mendapatkan asupan buah dan sayur segar setiap sahur dan berbuka.


Selain memperhatikan makanan padat zat gizi bunda juga perlu memperhatikan pola masak dan penyajian makanan agar makanan yang dikonsumsi ananda terserap dengan baik. Selain itu bunda jangan lupa memperhatikan jadwal pemberian obat cacing agar anak tidak mengalami malabsorbsi makanan akibat nutrisi yang dikonsumsinya tidak maksimal. Karena saat anak mengalami cacingan maka imunitas maupun berat badannya akan terganggu dan berefek tidak maksimalnya perkembangan kecerdasan anak.


Berikut adalah beberapa tips agar ananda bisa melewati puasa dengan maksimal.


1. Mengatur dan menyiapkan menu makanan agar kebutuhan kalori dan zat gizi ananda terpenuhi selama berpuasa

Saat berpuasa, pola makan yang biasanya terjadwal tiga kali otomatis akan berubah menjadi dua kali. Yakni saat sahur dan berbuka puasa. Bunda harus mampu mengatur strategi agar kalori anak terpenuhi dengan memberikan makanan dengan porsi secukupnya dan tidak berlebihan. Bunda bisa menambahkan kembali makanan secara berkala hingga jelang ananda beristirahat.


2. Mengatur pola istirahat ananda.


Tidur yang cukup dapat membantu agar stamina ananda saat berpuasa menjadi lebih prima. Ajak ananda beristirahat setidaknya minimal sekitar 8 jam setiap harinya. Bunda dapat mengajak ananda untuk sahur tidak terburu-buru dan mempercepat istirahat di malam hari. Di siang hari, ananda juga bisa diajak tidur siang agar aktivitas di siang hari lebih terjaga.


3. Ingatkan anak untuk tetap melakukan protokol kesehatan.


Selama bulan Ramadhan, aktivitas kita sedikit berbeda dibandingkan bulan yang lainnya. Saat bepergian keluar rumah jangan lupa untuk mengingatkan ananda menggunakan masker dan menghindari keramaian atau kontak fisik. Selalu sediakan hand sanitizer ataupun membiasakan untuk mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda.

4. Lakukan olahraga ringan


Walaupun sedang berpuasa, olahraga tetap penting sekali untuk dilakukan minimal 15-30 menit sehari. Olahraga yang cocok dilakukan saat berpuasa adalah olah raga ringan seperti senam dan berjalan pagi.


5. Minum Konvermex agar terhindar dari cacingan saat berpuasa.


Konsumsi obat cacing dianjurkan setiap enam bulan sekali. Bunda dapat mempersiapkan ananda agar mengkonsumsi Konvermex sebelum ramadhan atau beberapa hari jelang bulan puasa. Cacingan bukan penyakit sepele loh Bunda. Bayangkan saja kita sudah mempersiapkan ananda dengan nutrisi padat gizi namun akhirnya tidak maksimal karena nutrisi ananda dicuri cacing. Anak yang cacingan tentunya akan mengalami proses ibadah dengan berat karena energi dan staminanya berkurang. Konvermex memiliki keunggulan dalam membasmi cacing dengan bahan aktif pyrantel pamoate yang efektif dalam dosis sekali minum untuk anak dan seluruh anggota keluarga


Berikut adalah menu berbuka puasa padat gizi yang bisa diberikan pada ananda.




Crispy chicken saus mayones

Bahan

Fillet ayam 300gram, belah menjadi 2 bagian
1/4 sdt merica bubuk
Bawang bombai cincang halus
Bawang putih 2 siung cincang halus
Tepung terigu 50 gram atau bisa juga menggunakan tepung goreng serbaguna
Saus barbeque 1 sdm
Garam secukupnya
Mayones 3sdm
Saus tomat 2sdm
Saus cabai 1 sdm.
French fries atau bisa juga menggunakan kentang potong yang digoreng kriuk
Tomat dan selada untuk pelengkap sayuran.

Cara membuat:
1. Bumbui ayam lalu diamkan 30menit agar meresap.
2. Balurkan dengan tepung terigu atau tepung bumbu serbaguna lalu goreng di minyak yang sudah dipanaskan.

3. Goreng kentang hingga kering dan berwarna kuning keemasan

4. Campur bahan bumbu lalu aduk dengan saus tomat dan saus cabai.

5. Plating di atas piring agar tampilan menarik.

Resep Salad buah

Melon
Apel
Tomat chery
Strawberry
Pear jambu
Alpukat
Mayones
Keju chedar
1 sdm perasan lemon
Sedikit parutan kulit lemon
Greek yogurt
Krimer kental manis 3 sdm

Cara membuat

1. Potong buah pilihan letakkan didalam wadah
2. Untuk saus salad, Masukkan Greek yogurt, krimer kental manis, perasan jeruk lemon, sedikit parutan kulit lemon, dan mayones

3. Tata buah lalu berikan saus salad.

4. Berikan parutan keju sebagai topping salad buah.


Crispy chicken saus mayones adalah makanan padat gizi yang menggunakan daging ayam sebagai bahan dasar pembuatan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yakni karbohidratnya beserta protein hewani yang kaya akan asam amino. Selain itu makanan ini juga dilengkapi kentang untuk meningkatkan kalori pada ananda.

Daging ayam merupakan sumber protein yang familiar dan disukai anak-anak. Di dalam 100gram daging ayam terdapat 18 gram protein tinggi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, folat, Niacin, riboflavin dan berbagai vitamin dan mineral. Mengkonsumsi 100gram daging ayam akan menghasilkan sekitar 300 kalori yang baik untuk menambah energi bagi anak-anak terutama saat berpuasa. 
Daging ayam dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah dan mengatasi anemia, membantu pembentukan otot, membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak serta menjaga kolesterol dalam darah.

Salad buah dengan bahan dasar buah-buahan mengandung serat, antioksidan alami, vitamin, mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Selain rasanya yang enak dan disukai anak-anak, salad buah juga sangat mudah dibuat. Pilihlah buah yang memiliki keunggulan agar nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh menjadi maksimal. Seperti apel yang antioksidan dan flavonoid, alpukat yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, kalium, mangan dan serat, strawberry, mangga, jeruk dan lain sebagainya






Bunda, demikianlah salah satu rekomendasi menu yang bisa dijadikan menu padat gizi buat ananda. Terus semangat berkreasi bersama ananda dalam menyajikan resep makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa ya. Dan jangan lupa untuk memberikan Konvermex yang mengandung pyrantel  pamoate dan dapat diulang kembali setiap enam bulan sekali agar keluarga terbebas dari cacingan. Konvermex bukan obat bebas. Aturan dosis sekali pakai terdapat pada kemasan. Aturan Pakai Dosis sekali minum (atau ikuti petunjuk pada kemasan). Untuk anak-anak dibawah 12 tahun bisa menggunakan kemasan suspensi 125 mg atau tablet 125 mg untuk dosis anak. Sedangkan untuk dosis dewasa tersedia  kemasan suspensi 250 mg atau kaplet 250 mg. Konvermex juga dapat digunakan sebagai pengobatan ataupun pencegahan.
Konvermex juga mudah didapatkan secara online maupun offline. Tersedia di kimia Farma, Century, K 24, Viva apotek, apotek dan toko obat terdekat. Konvermex juga tersedia di Konimex e-store, official store konimex di shopee dan Tokopedia.



#MenuSehatPanduanBunda

65 Komentar

  1. Duh, resepnya menggiurkan. Izin save untuk dipraktekkan di rumah ya mbak, anakku kebetulan suka banget sama Ayam Crispy, sayang emaknya suka mager masak, hehe. Pasti happy banget nih kalau dibikinin ini.

    Btw, Konvermex ini harus selalu ada di kotak obat ya.. biar anak-anak terhindar dari cacingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mba, bisa dicoba di rumah resepnya.

      Hapus
  2. Salah baca postingan nih, masih jam 9 udah liat menu makanan bikin perut keroncongan mbak. Wkwkwk
    Pengen buat saladnya ah, mau nyontek resepnya.. Btw, aku juga konsumsi Konvermex 6 bulan sekali, biar sehat nggak ada cacing2, ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maafkan daku mba. Yuk bisa dicoba ini buat menu berbuka nanti.

      Bener, konvermex 6 bulan sekali bikin tenang gangguan kesehatan karena cacingan

      Hapus
  3. Thanks remaindernya kak, baru ingat nih sudah setahunan belum konsumsi obat cacing hihihi, konvermex ini recomended banget ya kak buat anak ataupun dewasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, tips supaya gak lupa ala aku adalah menjadwalkan di awal tahun dan 6 bulan setelahnya.
      Atau bisa juga pake rumusan 6-12.
      Setiap bulan 6 dan bulan 12.
      Jadi kalo tiap akhir tahun bikin resolusi pasti keinget udah selesai tugas minum obat di akhir bulan 12 atau nggak

      Hapus
  4. ya ampun jam segini lihat masakan Mbak Shisca...bisa jadi ide buat buka puasa nih, trims resepnya Mbak
    Pengingat ini bagiku konsumsi obat cacing dengan rutin. Apalagi Konvermex memiliki keunggulan dalam membasmi cacing dengan bahan aktif pyrantel pamoate yang efektif dalam dosis sekali minum untuk anak dan seluruh anggota keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kasian kalo pas baca jam masih puasa ya mba Dian.. hihihi
      Rasanya pengen juga bikin buat sajian bukaan puasa nanti.

      Hapus
    2. Monggo dicoba mba Dian. Semoga suka ya sama resepnya

      Hapus
  5. bun, penampakan crispi chicken saus mayonaise nya mantapi sekali.
    pas lah pulak awak membacanya di siang puasa, di saat rasa lapar lagi lucu-lucunya...
    habis lahhhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah lama keknya gak kasi anak obat cacing.
      obat cacing yang diberikan ke anak 6 bulan sekali cuma teori di keluarega saya bun hiks...
      habis lebaran ntar de dikasi

      Hapus
    2. Waduuuh, aku beneran ketawa loh sama komen ini Bun.
      Emang kalo masih tengah hari Ramadhan postingan makanan bikin kita jadi lucu banget ya, hehe

      Hapus
  6. Semangat buat adek-adek yang puasa menahan lapar di siang hari~

    Insya Allah nanti jadi anak yang soleh-solehah kalau kuat berpuasa di bulan Ramadan.

    BalasHapus
  7. salfok sm crispy chicken pas puasa gini wkwkwk pengingat sekali ini biar tidak lupa minum obat cacing, terutama untuk yg berasa makan banyak tp kok gak gemuk2 :" sering bgt disuruh minum obat cacing huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesannya kayak body goals ya Elsa.
      Banyak makan tapi gak gemuk2

      Hapus
  8. Setuju BunShis... dengan telaten memberikan Konvermex ke anak2 kita, insyaallah bebas cacingan dan makannya bs lebih lahap ya, apalagi kl bukaan puasanya pakai Crispy chicken saus mayones ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trigger supaya anak-anak semangat berpuasa nih kak Mia. Selain itu takaran gizinya cukup lengkap untuk periode pertumbuhan anak

      Hapus
  9. Beberapa hari jelang puasa harus ngasih anak2 obat cacing ya, noted. Soalnya para cacing jahat tingkat dewa ini... mengkorupsi nutrisi yg masuk ke tubuh anak, huhuuu, untung ada Konvermex yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul,

      Soalnya kasian mereka bakalan lemes. Nutrisi habis dikorupsi cacing

      Hapus
  10. Alhamdulillah bulan puasa kemarin sebelumnya sudah minum obat cacing. Jadi anak-anak sudah aman nih berpuasa sebulan..

    BalasHapus
  11. apakah konvermex ini trsedia dlm berbagai rasa kak? soalnya yg di foto rasa vanilla hehe biasa kan ya anak kecil susah dikasi obat2an gini, jd pengen cari yg varian rasanya banyak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konimex bisa didapatkan dengan mudah secara offline di apotek kimia Farma, Century dan lainnya
      Bisa juga secsra online di Konimex e-store ya

      Hapus
  12. anak2 memang harus dijaga dari cacingan ya kak, apalagi ada konvermex jadi ada solusinya. Btw, itu menu makanannya selain sehat jg menggiurkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, kasian bila mengidap cacingan. Kebutuhan nutrisi tubuhnya jadi tidak terpenuhi

      Hapus
  13. Kita kasang ga tau kl cacingan, jd harus minum nih rutin obat cacing. Keknya harus coba konvermex ini. Tq juga resepnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan orang dewasa pun tetap harus minum obat cacing secara rutin ya Bun..
      Syukurnya kami beberapa bulan ini baru minum. Nanti bulan 8 minum lagi

      Hapus
  14. bisa saya rekomendasikan niy kak ke saudara saya yang punya anak kecil kebetulan dia lagi nyari obat cacing buat anak pertamanya. dan pastinya memang nutrisinya harus terjaga juga agar tetap sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kak Mae.
      Semoga bermanfaat informasi ini

      Hapus
  15. Resepnya oke ni kak. Anak-anak pasti doyan lah dikasi yang beginian. Untuk obat cacing anak2 saya udah aware banget. Sampe tiap pantatnya gatel, langsung minta beli konvermex karena mikirnya pasti cacingan, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak suka kalo jenis ayam-ayam untuk menu makanan ya Devi.

      Hapus
  16. Menggiurkan banget nih resepnya bun. Pastinya enak dan bergizi. BTw aku termasuk yang rutin kasih obat cacing ke anak-anak, soalnya aku dulu juga gitu. Disuruh minum obat cacing 6 bulan sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, senangnya duo Auni Rais karena sang bunda begitu aware memberantas cacingan

      Hapus
  17. Saya dulu juga minum juga untuk mengatasi masalah cacingan.

    Saya dulu tuh bawaanya lapar tapi enggak gemuk gemuk. Kalau sekarang ini. Makan dikit saja sudah memenuhi kalori dalam tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya

      Perubahan usia berpengaruh juga untuk tumbuh kembang

      Hapus
  18. Ya ampun menggoda sekali salad buah sama crispy chickennya kak, semua makanannya bergizi dan cocok buat si buah hati :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis ayam begini emang cocok di lidah dan selera anak-anak ya kak Iid.

      Hapus
  19. Orang dewasa juga wajib mengkonsumsi obat cacing bun? Kirain anak anak Aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini jg nih butuh masukannya bund. apakah sewajib anak2 atau tidak? soalnya makanan org dewasa nih juga macem2 bgt skrg 😅

      Hapus
    2. Iya kak,
      Dewasa juga wajib antisipasi cacingan dengan konsumsi konvermex

      Hapus
  20. Obat cacing ini katanya wajib konsumsi ya bund setiap 6 bln sekali kalau untuk orang dewasa. Tapi bener sih karena apa yang kita makan juga belum tentu terbebas dari telur cacing contoh di sayuran lalap mentah ya bund

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Bun, setiap enam bulan sekali.
      Kadang proses masak dan mencuci makanan yang kurang higienis juga berpengaruh sekali perkembangan cacing

      Hapus
  21. Sepakat banget sih, selain harus memperhatikan makanan yg padat gizi, kita juga mesti menyiapkan Konvermex biar kita dan anak2 terbebas dari cacingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, sedih lah kalau anak-anak sampai kena cacingan. Apalagi kalau kenanya pas puasa gini, kasian banget.

      Hapus
    2. Tepat sekali Bun.
      Menu padat gizi untuk menunjang nutrisi dan kebutuhan tubuh sesuai usia perkebunan anak dan sedia konvermex untuk antisipasi terjangkit cacingan

      Hapus
  22. Bener juga bunda. Perlu dijaga kandungan gizi makanan yang akan diberikan kepada keluarga terlebih anak-anak karena rentan dengan cacingan. Sekarang ada banyak pilihan untuk obat cacingan yang bisa jadi refrensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bun.
      Untuk mendapatkan konvermex bisa secara offline di apotek kimia Farma, Century dan juga bisa didapatkan secara offline di Konimex e-store ya

      Hapus
  23. Keluarga memang harus selalu sehat dan bebas cacingan ya. Konvermex ini sepertinya ampuh dan aman untuk dikonsumsi. Thank rekomendasinya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mna
      Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  24. Aku penasaran nih kalau segede saya gini masih punya potensi cacingan ngga ya hihi jadi overthinking ke diri sendiri nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konvermex tersedia juga dosisnya untuk dikonsumsi oleh dewasa

      Hapus
  25. Setuju nih kita mesti mengatur pola istirahat anak ya Shis... secara anak-anak ini kadang saking semangatnya nunggu sahur malah gak tidur bareng2, main sambil makan minum malam2 hehe... Konvermex nya jangan lupa yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik juga itu kak Mia, makan bareng malam-malam. Tapi memang harus diperhatikan juga pola istirahat agar tidak terganggu

      Hapus
  26. Huhu iya ya tentunya kita tak mau nutrisi anak dicuri cacing nakal .. harus perhatian dengan obat cacing juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali bunda.
      Semoga anak-anak kita bebas cacingan ya

      Hapus
  27. Salah fokus sama makanannya,mana lihatnya masih pagi juga huhu.

    Nutrisi untuk tumbuh kembang anak haruS diperhatikan ya Bun, pasti tidak pengen kan anak buah kita sakit. Untung ada konvermex yang bia mengcover si kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bun

      Karena kita berharap agar tumbuh kembang si kecil maksimal dengan nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan tubuhnya

      Hapus
  28. Nah benar menjaga kebersihan makanan yang anak dan kita konsumsi adalah keharusan ya karena dari makanan lah sumber penyakit berasal sebagian besar. Btw orang dewasa harus minum obat cacing juga ya ternyata ..baiklah besok saya beli konvermex

    BalasHapus
  29. Selain menjaga kebersihan di lingkungan sekitar bermain atau area anak, penting juga ya rutin untuk mengkonsumsi obat cacing ini 6 bulan sekali. Pasalnya biar maksimal nutrisi yang masuk ke tubuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyup

      Kebersihan tubuh dan limglingku sangatlah penting diperhatikan. Konvermex juga diberikan agar nutrisi tidak terkorupsi oleh cacing

      Hapus
  30. semoga dengan konvermex anak-anak berpuasa menjadi lebih lancar dan dipermudah. yang penting juga makanannya dijaga dan konsumsi makanan sehat ya ade

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul

      Kawal anak berpuasa dengan nutrisi yang dibutuhkan anak dan berikan konvermex sebagai pencegah nutrisi dicuri cacing

      Hapus
  31. Ayam ungkep, selalu stand by di kulkas saya, buat menu siap pakai kalo semisal kepepet sahur atau lagi malas masak. Hehehe. Obat cacing harus rutin diberikan ke buah hati. Kadang kita suka lupa ya mba hal-hal kecil kayak gini.

    BalasHapus