Kulit sehat terawat untuk bayi hebat




Assalamualaikum bunda
Sepanjang periode membersamai ananda mungkin pernah mengalami ruam pada kulit bayi.  Toss lah Bun, karena aku juga merasakan kesedihan akibat problem diaper rash ataupun ruam popok saat awal-awal Yumna bayi dulu. Dan tentunya kondisi ini membuat bayi kita menjadi lebih rewel dan tidak nyaman. Kulit bayi pastinya lebih tipis dibandingkan kulit dewasa. Kondisi ini membuat bayi lebih mudah kehilangan kelembaban karena sel-sel kulit yang menyimpan air (corneocyte) lebih sedikit bila dibandingkan dengan sel-sel kulit pada orang dewasa. 



Alhamdulillah aku mendapatkan ilmu baru seputar perawatan pada kulit bayi di instagramnya @popmama_com yang menghadirkan dr. Srie Prihianti Gondokaryono SpKK(K).PhD.FINSDV.FAAADV yang merupakan spesialis kelamin dan konsultan yang membahas tema "101:3 How To Care Your Baby Skin"



Bunda, bukan hanya kita aja yang dewasa begini perlu perawatan khusus untuk kulit. Para bayi kita juga loh. Bayi perlu cairan yang menghidrasi agar kulitnya tetap lembab dan tidak kering. Pemberian tambahan cairan seperti air minum yang cukup bagi bayi yang sudah mendapatkan MPASI adalah salah satu cara terbaik untuk menghidrasi kulit. 
Saat membersihkan kulit bayi yang kotor karena kotorannya ataupun saat mandi upayakan agar tidak terlalu lama. Batasi waktu memandikan bayi agar tidak lebih dari 15 menit. Karena saat bayi mandi terlalu lama maka minyak alami yang merupakan pelindung kulit bayi bisa hilang. Gunakan air yang tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin saat memandikan bayi. Lebih baik air hangat kuku agar kulit bayi terjaga dengan baik.

Setelah bayi mandi ataupun dibersihkan upayakan segera mungkin memberikan pelembab yang sesuai dan aman digunakan pada kulit bayi. Pemberian pelembab dilakukan 3-5 menit setelah bayi selesai dimandikan.
Fungsi penggunaan pelembab pada kulit bayi adalah: 
  • Menjaga cadangan air yang ada dikulit bayi
  • Menarik air yang berada di kulit setelah mandi
  • Mengisi cadangan air di dalam corneocyte


Secara umum kulit bayi sensitif ada kecenderungan alergi bila memang ada riwayat genetik di keluarga yang memiliki alergi dan asma dan akan berdampak kulitnya lebih sensitif dan lebih kering .
Cara mudah mengenali tipe - tipe kulit bayi bisa terlihat ketika memakai suatu produk seperti sabun atau cream bayi biasanya pada kulit yang sensitif akan ada perubahan warna seperti kemerahan . Dr Yanti memberikan anjuran pada ibu untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit bayi atau anak misalnya untuk usia baru lahir (newborn) dengan produk yang memiliki hypoalergenic. Gunakan produk sabun yang mild. Dan gunakan pelembab sebaiknya ketika kulit dalam keadaan baru dibasahi. Bila bayi tidak sedang habis mandi, basahi sedikit kulitnya dengan air agar kulitnya semakin terhidrasi sebelum memakai pelembab.

Untuk mencegah adanya iritasi atau ruam dan infeksi pada kulit bayi tidak hanya Mengetahui penyebab timbulnya masalah kulit pada sikecil namun juga harus tahu cara memilih produk yang tepat 



Nah, aku memilih Vaseline Repairing Jelly Baby. Keungguluan dari vaseline repairing jelly ini sudah memiliki semua cara kerja itu semua dan selain hypoallergenic  tapi juga pediactrician tested dapat mencegah dan meredakan biang keringat dan juga ruam popok.

Tentang Diaper Rash dan Kulit Sensitif

7-35 persen bayi mengalami diaper rash / ruam popok. Dan kondisi ini biasanya dialami oleh bayi di rentang usia 9-12 bulan. 

Eh tapi bukan berarti bayi baru lahir tidak pernah mengalaminya. Anak Emak hampir semua pernah mengalami diaper rash ketika usia new born. Rasanya tentu sedih sekali. Dan tak jarang dikaitkan dengan alergi pada bayi. 

Tips Menghindari Diaper Rash

1. Jangan gunakan diaper terlalu ketat atau longgar.

2. Gunakan diaper yang sudah memiliki dermatologi test. 

3. Perhatikan cara penggunaan dan segera ganti setelah penuh.

4. Segera ganti popok setelah pup, lalu basuh pantat bayi menggunakan sabun.

5. Sebelum memakai popok wajib memakai pelembab.

6. Gunakan skin care, salah satunya adalah Vaseline Repairing Jelly Baby.




Kelebihan Vaseline Repairing Jelly Baby
Vaseline repairing jelly baby teruji secara klinis oleh dokter anak, berfungsi sebagai:

1. Memberi perlindungan ruam popok/diaper rash.

2. Mengatasi kulit kering dan terkelupas.

3. Mengurangi biang keringat.

4. Mempercepat regenerasi kulit pada area kulit yang disunat atau pun sel kulit baru di sekitar tali pusar.

5. Melembabkan bibir bayi.

6. Meredakan eczema.

7. Dapat menjadi krim pijat yang lembut.

Untuk pemakaian Vaseline Repairing Jelly Baby secukupnya saja. Dosis atau takaran penggunaan bisa dipatok dengan satu ruam jari bisa dipakai untuk area seukuran satu  telapak tangan.

Perhatian untuk area mata dan bibir yang kering agar menggunakan cream khusus karena treatment untuk  area tersebut berbeda sekali dengan bagian kulit tubuh yang lainnya. Disarankan hubungi Dokter khusus untuk mendapatkan treatment dan rekomendasi ya Bunda. Begitu juga dengan area lipatan. Karena area lipatan kulit sudah didesain secara alamiah lembab. Harus hati-hati dalam penggunaan krim. Dan untuk area genital tidak disarankan menggunakan pelembab.


Bunda, Dr Yanti juga memberikan masukan untuk memilih diaper yang tepat bagi bayi. 

• Pilih Diapers sesuai ukuran yang tepat bagi bayi. Jangan terlalu kecil sehingga ketat dan jangan pula terlalu longgar kebesaran.

• Pilih  diapers yang sudah diuji karena bahannya yang digunakan sudah pasti didesaign khusus untuk kondisi kulit bayi

• Perhatikan cara penggunaannya yakni  disposable diaper sesuai dengan daya tampung jangan melebihi batas pada indikatornya.

•  Sering mengganti diapers. Upayakan 5x sehari agar tidak terjadi kerusakan pada kulit bayi dan gunakan juga cream yang bisa melindungi agar tidak terjadi ruam popok karena urine yang masuk ke dalam diaper bila tidak cepat terserap akan menimbulkan masalah pada kulit


Semoga informasi ini bermanfaat ya Bunda. Sampai bertemu kembali dan salam sayang buat si kecil yang hebat.

43 Komentar

  1. Bun, aku terpana dengan tulisan samping kanan dari enam menuju tujuh masyaAlloh anak kah maksudnya? sehat selalu bun.

    Anakku pernah bun dulu ruam gitu kan waktu umur 5 bulanan, bingung kan harus ngapain, sekarang kalau yang punya bayi bisa pakai vasellin repairing jelly praktis banget lagi yaa pakainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, belum di update.
      Hihi, sekarang sudah 7.

      Nah iya betul. Sekarang sudah praktis ya ada Vaseline Repairing Jelly buat merawat kulit bayi

      Hapus
  2. Vaseline memnag juwara untuk urusan perawatan kulit ya...Solusi pasti ada vaseline repairing jelly yang selain hypoallergenic juga pediactrician tested dapat mencegah dan meredakan biang keringat dan juga ruam popok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Dian.
      Lega kaewka Vaseline repaRepai Jelly telah lukus pediatrician tested dan juga hypoalergenic

      Hapus
  3. Iiih aku juga pake Bun..
    Bukan cuma buat anak bayi aja, bahkan pernah kuoles pada bagian wajahku yang kering. Hasilnya lumayan banget bikin lembab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, hemat ya. All package

      Hapus
    2. Banget hematnya. Meski bentuknya kecil kirain dikit isinya.. rupanya pas diaplikasikan ke kulit cukup dikit aja udah merata.

      Hapus
  4. Pilih produk perawatan buat bayi emang mesti hati2 banget ya mbak, soalnya kulitnya masih tipis

    BalasHapus
  5. Vaseline ada yg buat bayi juga ya? Baru tau deh. Saya pikir buat dewasa aja. Memang kulit bayi dijaga banget deh. Kalau dulu anak2 saya blm kenal vaseline jadu palainya minyak jaitun aja deh xixixi.

    BalasHapus
  6. Aku malah baru tau kalau ini Vaseline bisa buat bayi loh Moms soalnya biasanya aku juga pake juga..

    BalasHapus
  7. Bayiku salah satu yang memiliki kulit sensitif plus alergi pula. Jadi pas baby new born gitu, saya jaga banget soalnya kulitnya gampang ruam dan gatel

    BalasHapus
  8. Ada ya vaseline buat bayi, kubaru tau. Apalagi bayi kan kulitnya kadang sensitif, perlu banget pakai produk yg tepat,

    BalasHapus
  9. Vaseline Repairing Jelly Baby ternyata bukan hanya pelembab ya, juga untuk mengatasi ruam pada bayi.

    BalasHapus
  10. Vaseline memang terbaik deh kalo menurut aku sih yes

    BalasHapus
  11. Samaan dong Bun.. eijk juga pake Vaseline repairing jelly baby untuk si kecil di rumah. Trus pas anak-anak jatuh, kulitnya lecet juga awak pakein. Biar gak berbekas.

    BalasHapus
  12. Sekarang enak ya ada vaseline ini.. dulu agak ribet juiga waktu saya urus ruam bayi, pakainya minyak zaitun dan biasanya suka mleber ke mana mana.. sekarang lebih praktis dengan proiduk ini

    BalasHapus
  13. Bener bangett. Selain pakai vaseline biar ngga ada ruam aku juga selalu membiasakan ganti pampers bayi tiap 4 jam sekali. Pas pakai popok kain di rumah juga membatasi banget pakai popok sekali pakai

    BalasHapus
  14. Masyaallah memang harus selektif dan cerdas untuk perawatan anak.

    BalasHapus
  15. Aku suka nih sama Vaseline Repairing Jelly dan selalu tersedia dari jamanku masih single dulu. Senang kalau vaseline repairing jelly hadir khusus untuk kulit bayi. Ini bisa dipakai juga untuk dewasa kah? Boar belinya cukup 1varian aja soalnya jelly-nya padat jadi awet

    BalasHapus
  16. Terima kasih banyak Mbak infonya. Bisa ini dipertimbangkan untuk Maryam nanti. Kalau kita biasanya sih memilih popok yang tepat. Soalnya, kalau pakai popok yang nggak nyaman, pasti ruam dah

    BalasHapus
  17. Vaseline Reapiring Jelly produk favorit aku nih karena kulit ku cenderung super duper kering bagus emang produk Vaseline ini

    BalasHapus
  18. Kalo emaknya pemakai Vaseline juga, udah deh kompak sama anak. Generasi Alfa sekarang yaaaaa, lengkapppp produk perawatannya.

    BalasHapus
  19. Vaseline ini terbukti untuk meremajakan kulit yang rusak. Saya sudah pakai Vaseline sejak bekerja di luar negeri. Saat musim dingin, kulit sering tidak. Majikan yg rekomendasi Vaseline. Sampai sekarang saya pulang kampung di rumah selalu sedia Vaseline. Bahkan sampai ibu saya berangkat Umroh, beliau beli Vaseline dari tanah suci hehehe

    BalasHapus
  20. btw, aku pakai vaseline repairing jelly ini kalau jerawatku meradang. jadi, abis pakai toner, aku balurin gel ini ke jerawatnya. ga tiap hari juga, sih. dan tipis aja. *semoga ngga dikira aneh ada laki2 yang pakai ginian 😂"

    BalasHapus
  21. Betul. Ruam popok tu masalah umum bgt pada bayi. Kasian ngeliatnya klo bayi ada ruam gitu.

    BalasHapus
  22. ku juga pecinta vaseline.
    yang kemasannya pot lucu kek gini, sukaaaaa de....
    Dulu-dulu pake vaseline handbody lotion.
    Tapi yang kemasan ke jelly gini yang paling suka sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, Jenna tambah lucu aja...
      belom juga ketemu kami ya...
      jan pulak sd dulu dia baru kami jumpa hiks

      Hapus
  23. Anak-anak menjadi tidak nyaman juga dengan diaper yang terlalu ketat yah. Sering saya jumpai anak-anak yang mengalami iritasi kulit ternyata penting nih melakukan perawatan agar kulit bayi sehat.

    BalasHapus
  24. Awq pakein ini malah utk bayi besar kami, maklum tapak kakinya sering pecah2 hehee

    BalasHapus
  25. pernah pakein popok adik, malah jadi sariawan mulut abgnya

    BalasHapus
  26. adek so cute banget sih, lucu pengen uwel-uwel. saya baru tahu sekarang ada vaseline khusus anak-anak juga, kebetulan saya pengguna vaseline sudah bertahun-tahun

    BalasHapus
  27. Vaseline ini memang cocok untuk segala usia ya kak...ga perlu awak repot beli macam-macam..cukup beli pelembab vaseline aja bisa dipakai untuk sekeluarga

    BalasHapus
  28. Vaseline ini juara kaau urusan perawatan kulit ya bunda. Bahkan untuk kulit anak-anak yang super sensitif juga aman

    BalasHapus
  29. Vaseline memang andalan deh kalo untuk perawatan kulit yaa, apalagi untuk anak juga gentle yaa bahan-bahannya jadi aman untuk kita melindungi kesehatan kulit anak juga

    BalasHapus
  30. Bener nih kak memang kalau habis mandi, perlu pakai pelembab agar kulit tdk kering. Aku br tahu kalau ada vaseline untuk baby, ini produk memang bagus banget sih aku juga pakek :D

    BalasHapus
  31. Wah..pakai vaseline ya..
    Kulit bayi jadi terawat sedari dini..terbebas dsri ruam dan iritasi..

    BalasHapus
  32. Yeay toss
    Saya juga paka Vaseline lo kak
    Bikin nggak pecah pecah lagi kulitku

    BalasHapus
  33. memang ya kulit baby ini jg kudu diperhatikan biar tetap sehat :) produk vaselin ini lengkap bt buat baby jg ada :)

    BalasHapus
  34. Kalau bayi udah kena ruam duh rasanya aku pengen nangis kak. Tapi sekarang sudah gak khawatir lagi ya kak, karena bisa pakai Vaseline Repairing Jelly Baby

    BalasHapus
  35. Saya pakai juga vaselin untuk pelembab bibir. Nyaman dipakai. Baru tahu juga nih ada khusus untuk bayi.

    BalasHapus
  36. Waalaikumsalam bunda.. vaselin untuk baby-nya dari ulasan ini sepertinya rekomended banget yaa.. mana tau, ada saudara atau teman yang mengalami hal serupa bisa direkomendasikan.

    BalasHapus
  37. Wah awak pikir hanya untuk ruam popok saja vaselin ini, rupanya untuk atasi bibir kering juga ya kak, auto beli nih buat si abang :)

    BalasHapus
  38. Duh Baby Jenna pasti say thanks to Momma yaa karena udah merawat kulit dan menjaga kelembapan kulitnya yang msh halus-lembut dengan Vaseline Repairing Jelly Baby.

    BalasHapus