Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan indah pada rumusan lam sukun

Selalu saja setiap ada bahasan baru saat tahsinul Qur'an membuat aku semakin takjub pada ilmu yang Allah beri lewat huruful Qur'an ini.
Pada bait syair matan tuhfatul Athfal karangan Syaikh Al jamzury di bait matan ke 24 dijelaskan tentang hukum lam sukun atau lam ta'rif.
Lam ta'rif adalah lam sukun yang masuk pada isinya,biasa ia terletak diawal kata yang didahului oleh Hamzah washal. Huruf lam sukun pada isim (lam ta'rif) memiliki dua hukum yakni idzhar dan idgham.
Ada 14 huruf yang dibaca jelas saat bertemu dengan lam sukun, sebagian orang menyebutnya dengan idzhar Qomariyah
Dan ada 14 huruf yang dibaca dengan idgham, yakni lam ta'rif tidak dibaca tapi dilebur ke huruf yang ada didepannya, disebut juga dengan idgham syamsiyah.
Qomariyah bermakna bulan
Qomariah diambil dari kata qomirun atau bulan, yang maksudnya membaca lam seperti kita memandang tulisan alif lam yang diumpamakan tertulis bulan sehingga nampak jelas dan terang.
Sementara, syamsiyah bermakna matahari.

Huruf idzhar Qomariyah atau dikenal dengan Alif lam Qomariyah disebutkan dalam bait ke 25 matan tuhfatul Athfal yang diringkas dengan rumusan pada lafazh :
25ﻗﺒﻞ ﺍﺭﺑـﻊ ﻣﻊ ﻋﺸﺮﺓ ﺧـﺬ ﻋﻠﻤـﻪ * ﻣﻦ ﺍﺑـﻎ ﺣﺠـﻚ ﻭﺧـﻒ ﻋﻘﻴـﻤـﻪ
Yakni huruf-huruf nya adalah

ﺍﺑـﻎ ﺣﺠـﻚ ﻭﺧـﻒ ﻋﻘﻴـﻤـﻪ
Arti dari pesan bait rumus diatas adalah Sempurnakanlah ibadah hajimu karena takutnya nanti tidak diterima.

Benar sekali bahwa ibadah memiliki rukun dan syarat yang bila rukunnya tidak dilaksanakan maka berpengaruh pada batal atau sahnya ibadah.

Sementara di bait ke 27, huruf-huruf idgham syamsiyah dirangkum dalam rumusan
:
27.ﻃﺐ ﺛﻢ ﺻﻞ ﺭﺣﻤﺎ ﺗﻔـﺰ ﺿﻒ ﺫﺍ ﻧﻌﻢ  ﺩﻉ ﺳـﻮﺀ ﻇﻦ ﺯﺭ ﺷﺮﻳـﻔﺎ ﻟﻠﻜـﺮﻡ
Huruf-huruf yang dimaksud adalah 
ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل
ﻃﺐ artinya biasakanlah kamu berbuat kebaikan
 ﺛﻢ artinya kemudian atau lalu selanjutnya
ﺻﻞ artinya perbanyaklah silaturahim
   ﺭﺣﻤﺎ ﺗﻔـﺰ ﺿﻒ ﺫﺍ ﻧﻌﻢ  artinya sebab betapa sudah banyaknya orang memperoleh kenikmatan dan kebahagiaan yang berlipat ganda dari cara tersebut.
ﺩﻉ artinya hindarilah
ﺳـﻮﺀ ﻇﻦ artinya prasangka yang buruk
 ﺯﺭ ﺷﺮﻳـﻔﺎ artinya   berkunjunglah ke tempat orang yang shalih
ﻟﻠﻜـﺮﻡ artinya agar engkau mendapatkan kemuliaan.

MasyaaAllah, betapa isi pesan luar biasa sekali menjadi pegangan manusia dalam membangun hubungan sosial dengan manusia yang lainnya.
1 . Dianjurkan senantiasa mendawamkan kebaikan agar terbiasa Menjadi karakter dan amalan harian kita
2.  Dianjurkan meningkatkan silah (hubungan silaturahim) baik dengan yang memiliki hihubung keluarga maupun tidak. Istilah kerennya sekarang adalah membangun jaringan
Dari kedua hal tersebut bila diamalkan akan menghasilkan kebahagiaan dan kenikmatan yang luar biasa dan hal ini telah dibuktikan dan diamalkan oleh orang terdahulu.
Benar saja,bahwa kedua hal tersebut bila diaplikasikan pada pelaku bisnis jaringan dan bisnis bisnis lainnya maka akan menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

3. Anjuran agar menghindari prasangka buruk ataupun negatif thinking. Prasangka buruk memang akan membuat jiwa dan psikis seseorang menjadi terganggu.

4. Anjuran agar senantiasa mengunjungi orang yang shalih. Diduk,sowan dengan orang orang yang senantiasa melakukan amal kebaikan akan menjadikan kita terinspirasi dan berusaha mengikuti kebaikan yang dilakukan orang yang baik.
Benarlah bahwa ruh itu seperti tentara yang berbaris, yang satu sama lainnya tidak akan saling menyelisihi. Ibaratnya Bila kita dekat dengan penjual minyak wangi minimal kita akan mencium ataupun mendapatkan harumnya parfum.
Pesan di dua terakhir adalah pesan yang penting bagi obatnya hati dan penyejuk jiwa. Penyeimbang dari 2hal pertama yang sifatnya interaksi sosial dengan manusia lainnya.

Wallahu a'lam

15 komentar untuk "Pesan indah pada rumusan lam sukun"

  1. Hiks...
    Baca Quran bisa, tapi istilah2 tajwid pada bubar semua...

    Tolooong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dempet trus kak ira.
      MasyaaAllah 😍 bagus tahsin Qur'an nya dia

      Hapus
  2. masyaallah kaka..awak jujur hafal semua hukum tajwid..tapi menjelaskannya to.the point..ini.bertemunini maka cara bacanya ini..tapi lihat kaka jelasin detail.. wih masyaallah.. ilmu yg sangat bermanfaat dan detail

    BalasHapus
  3. Tetap positif thinking dan menjaga silaturahmi 2 poin yang penting ya

    BalasHapus
  4. Kadang malu sendiri kalo baca Quran cuma sekedar baca. Padahal bisa d kaji dari per kata.

    BalasHapus
  5. nice ilmu , jazakkallahu khairan

    BalasHapus
  6. Masya Allah, pesan yang terkandung dalam lam sukun ini memang sangat indah ya, Mbak Shischa. Saya pun baru memahami setelah membaca tulisan Mbak Ini. Jadi Insya Allah nanti saya tidak hanya sekedar baca, tapi bisa meresapi maknanya. Terima kasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus