Kenali bahasa cintamu dan juga pasangan

Sudahkah menyatakan cinta kepada pasangan hari ini? (Plisss bacanya jangan seperti iklan minuman untuk kesehatan usus ya).
Cinta, adalah sesuatu yang harus diungkapkan agar pasangan (baca: suami atau istri) tidak kekeringan atau bahkan kekurangan tangki cintanya. Mengungkapkan cinta tidak mesti lewat kata-kata semata. Sebab setiap orang memiliki bahasa cinta yang berbeda satu sama lain. Begitulah keunikan makhluk ciptaan Allah bernama manusia.

Ada lima jenis bahasa cinta yang dimiliki manusia. Teori ini diungkapkan Dr Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul Lima bahasa kasih. Dr Chapman mengungkapkan bahwa setiap manusia ingin dicintai dengan cara yang ia inginkan.

Nah, karena pernikahan adalah salah satu ibadah terlama sepanjang masa, maka perlu bagi kita memahami bahasa cinta yang kita miliki dan juga memahami bahasa cinta yang dimiliki pasangan kita agar komunikasi dan cinta bisa berjalan dengan baik dan dimengerti.

Yuk, kita berkenalan yang mana tipe bahasa cinta yang kita miliki dan juga pasangan.

1. Bahasa cinta sentuhan

Bagi pribadi yang memiliki bahasa cinta berupa sentuhan fisik maka genggaman tangan, pelukan ataupun rangkulan bahkan sentuhan kecil seperti mengelus punggung tangan saja bisa bermakna "Aku cinta padamu". Orang dengan bahasa cina ini senang digandeng ataupun dirangkul bahkan di tempat umum sekalipun. Sebaliknya bagi orang yang tidak memiliki bahasa cinta sentuhan fisik tentunya akan sangat risih dan tidak nyaman bila disentuh, dipeluk ataupun dirangkul. Ini bukan pertanda tidak cinta. Hanya saja bahasa cintanya memang bukan dengan sentuhan.


 " Manusia membutuhkan paling sedikit empat pelukan untuk bertahan hidup, delapan pelukan untuk merawat kehidupan dan minimal dua belas kali pelukan untuk tumbuh dan berkembang

Dalam jurnal Psikologi Komprehensif tahun 2013 yang dilakukan oleh Dr Jan Astrom, pelukan selama 10 detik mampu memberikan manfaat kesehatan yang menurunkan kortisol dan meningkatkan hormon oksitosin yang memberikan rasa bahagia, tenang, damai, cinta dan sayang.


2. Bahasa cinta verbal

"Katakan sayang bila sayang, Katakan cinta bila cinta
Jangan coba berpura pura Seperti tak ada rasa Tapi di hati sayang (Katakan Cinta (OST BMBP - Prilly Latuconsina)

 Bagi pribadi yang memiliki bahasa cinta verbal akan menjadi sesuatu yabg sangat penting dan berarti sebuah kata cinta. Karena itu bisa menjadi penghargaan, motivasi, penguatan dan pengakuan cinta terhadap dirinya. Bahkan dalam hadits kita dianjurkan mengungkapkan rasa cinta secara verbal kepada orang yang kita cintai karena Nya.

Untuk mengetes apakah pasangan kita memiliki bahasa cinta verbal, berikan pujian yang tulus dan bertubi-tubi kepadanya sekalipun untuk hal-hal yang kecil dan remeh temeh menurut pandangan kita. Selain itu kata-kata yang ramah dan lemah lembut pun bisa sangat menguatkan perasan mereka.

3. Bahasa cinta pelayanan

Bagi pribadi yang memiliki bahasa cinta tipe ini akan sangat menyenangkan bila pasangan mau turut membantu meringankan tugasnya. Pelayanan berbentuk menyediakan air minum saat ia pulang dari bekerja, membukakan pintu, menyiapkan keperluannya ataupun membantu membereskan piring yang kotor adalah sebuah ungkapan cinta yang nyata bagi mereka yang memiliki tipe bahasa cinta pelayanan. Pribadi dengan tipe prioritas pelayanan akan mencintai dengan cara melayani

Bahkan Rasulullah pun di rumah istri-istrinya membantu melakukan pekerjaan rumah seperti menjahitkan baju, mengangkat air dengan ember dan lain-lainnya.

4. Bahasa cinta hadiah

Tahaddu Tahabbu, begitulah dalam hadits. Bahwa saling memberikan hadiah akan menimbulkan rasa cinta. Bagi pemilik bahasa cinta tipe hadiah, ia akan sangat merasa dicintai bila pasangannya memberikan hadiah walaupun nilai nya sangat sederhana. Misalkan seikat bunga, makanan yang diberikan tanpa diminta, tulisan ataupun puisi dalam sebuah kartu atau pigura, gift surprise dan lain-lainnya. Hadiah ini menunjukkan bahwa ia dicintai dan diperhatikan oleh pasangannya.

5. Bahasa cinta waktu yang berkualitas

Pribadi yang memiliki bahasa cinta tipe ini akan merasa sangat dicintai bila pasangannya rela menghabiskan waktu bersamanya. Apakah dengan mengobrol bersama tanpa diganggu gadget, Televisi, ataupun anak-anak. Perhatian dan fokus hanya pada dirinya selama bersama-sama.  Perhatikan ciri-cirinya bila pasangan anda terlihat berbinar binar saat ngobrol dengan anda. Ataupun ia terlihat sangat bersemangat saat duduk berdua dan berhasil mencurahkan isi hatinya saat ia tidak sedang bersama kita. Biasanya tipe ini akan merasa terluka saat perhatian kita terdistraksi oleh gadget yang kita mainkan ataupun saat kita abai pada ceritanya.

Penasaran nggak sih menemukan sebenarnya apa bentuk bahasa cinta yang kamu dan pasangan miliki?

Saya berkesempatan mengikuti sebuah kuliah WhatsApp di komunitas Sakinah Mawadah Warahmah yang digawangi oleh Bu Dini setahunan yang lalu.  Materi bahasan pada kulwap ini adalah mengenai bahasa cinta yang diisi oleh Ibu Susanti Agustina, M.I.Kom, C.H, CHt, Bibliotherapist. Ia adalah seorang Ibu dari tiga anak yang merupakan pakar Bibliotherapi sekaligus dosen di UPI Bandung.

Ada kuesioner berisikan tiga puluh pertanyaan yang harus kita pilih untuk menentukan apa sih bahasa cinta yang kita miliki. Yuk, kosongkan waktu untuk berpikir dengan jernih untuk menjawab pertanyaan dan jangan lupa siapkan juga kertas dan pena ya. Fikirkan dengan benar apa yang mewakili kepribadianmu dan jangan terburu-buru menjawab.

PROFIL PRIBADI BAHASA KASIH - UNTUK PASANGAN

Dibawah ini Anda akan melihat 30 pasangan pernyataan. Silakan melingkari huruf disamping pernyataan
yang paling bisa menggambarkan apa yang paling berarti bagi Anda dalam hubungan Anda. Kedua pilihan
pasangan pernyataan tersebut mungkin cocok semuanya (atau tidak cocok semuanya) dengan keadaan
Anda, tetapi pilihlah salah satu pernyataan saja yang paling sering mewakili apa yang paling berarti bagi
Anda. Ambillah waktu 10-15 menit untuk mengerjakan kuis ini. Kerjakan ketika Anda sedang santai, jangan
mengerjakannya dengan terburu-buru.

1. Lebih berkesan bagi saya ketika…
A. Saya menerima catatan/sms/email kata-kata manis saat sedang tidak ada sesuatu yang khusus
dari orang yang saya kasihi.
E. Saya berpelukan dengan pasangan saya.


2. Lebih berkesan bagi saya ketika...
B. Saya bisa menghabiskan waktu sendiri hanya berdua dengan pasangan saya.
D. Pasangan saya melakukan sesuatu yang praktis untuk membantu saya


3. Lebih berkesan bagi saya ketika...
E. Pasangan saya memberi bingkisan kecil sebagai tanda bahwa kami saling mengasihi
B. Saya mengambil waktu yang nyaman tanpa gangguan dengan pasangan saya


4. Lebih berkesan bagi saya ketika...
D. Pasangan saya secara tidak disangka melakukan sesuatu untuk saya seperti mengisi penuh bahan
bakar mobil saya atau mencuci pakaian
E. Saya saling bersentuhan dengan pasangan saya


5. Lebih berkesan bagi saya ketika...
E. Pasangan saya merangkul saya di muka umum
C. Pasangan saya memberi saya kejutan berupa bingkisan kecil


6. Lebih berkesan bagi saya ketika...
B. Saya bersama dengan pasangan saya, bahkan sekalipun kami tidak melakukan apapun
E. Saya bergandengan tangan dengan pasangan saya


7. Lebih berkesan bagi saya ketika...
C. Pasangan saya memberi saya bingkisan
A. Saya mendengar kata ‘I love you’ dari pasangan saya


8. Lebih berkesan bagi saya ketika...
E. Saya duduk dekat dengan pasangan saya
A. Saya dipuji oleh pasangan saya tanpa alasan yang semu


9. Lebih berkesan bagi saya ketika...
B. Saya mendapat kesempatan untuk bercengkerama dengan pasangan saya
C. Saya mendapat hadiah yang tidak terduga dari pasangan saya


10. Lebih berkesan bagi saya ketika...
A. Saya mendengar pasangan saya berkata kepada saya, “Saya bangga kepadamu.”
D. Pasangan saya membantu saya mengerjakan tugas-tugas saya


11. Lebih berkesan bagi saya ketika...
B. Saya mengerjakan sesuatu bersama-sama dengan pasangan saya
A. Saya mendengar kata-kata dorongan dari pasangan saya


12. Lebih berkesan bagi saya ketika...
D. Pasangan saya melakukan sesuatu untuk saya dan bukan hanya membicarakan tentang
melakukan sesuatu yang baik
E. Saya merasa terhubung dengan pasangan saya melalui pelukan


13. Lebih berkesan bagi saya ketika...
A. Saya mendengar pujian dari pasangan saya
C. Pasangan saya memberikan sesuatu kepada saya sebagai perwujudan bahwa ia sangat perhatian
kepada saya


14. Lebih berkesan bagi saya ketika...
B. Saya bisa terus bersama-sama dengan pasangan saya
E. Punggung saya dipijat oleh pasangan saya


15. Lebih berkesan bagi saya ketika...
A. Pasangan saya memberikan sikap positif terhadap sesuatu yang sudah saya capai
D. Pasangan saya melakukan sesuatu untuk saya yang saya tahu bahwa ia sebenarnya kurang bisa
menikmatinya


16. Lebih berkesan bagi saya ketika...
E. Pasangan saya dan saya sering berciuman
B. Saya merasa pasangan saya menunjukkan ketertarikan terhadap sesuatu yang saya perhatikan


17. Lebih berkesan bagi saya ketika...
D. Pasangan saya mengerjakan proyek khusus yang harus saya selesaikan dengan saya
C. Pasangan saya memberikan hadiah yang sangat menarik


18. Lebih berkesan bagi saya ketika...
A. Saya dipuji pasangan saya karena penampilan saya
B. Pasangan saya menyediakan waktu untuk mendengarkan saya dan ia benar-benar memahami
perasaan saya


19. Lebih berkesan bagi saya ketika...
E. Pasangan saya dan saya menunjukkan sentuhan non-seksual di muka umum
D. Pasangan saya menawarkan untuk mengerjakan urusan-urusan saya


20. Lebih berkesan bagi saya ketika...
D. Pasangan saya mengerjakan lebih banyak daripada yang biasanya dia kerjakan dalam pembagian
tugas-tugas dengan saya
C. Saya mendapat hadiah dari pasangan saya yang saya tahu bahwa hadiah itu ia pilih dengan
sungguh-sungguh


21. Lebih berkesan bagi saya ketika...
B. Pasangan saya tidak membuka handphone nya ketika kami berbincang-bincang
D. Pasangan saya mengajak saya keluar untuk meringankan rasa tertekan saya


22. Lebih berkesan bagi saya ketika...
C. Saya bisa mengharapkan sebuah perjalanan liburan karena hadiah-hadiah yang saya cegah untuk
diberikan
A. Saya mendengar kata “saya menghargaimu” dari pasangan saya


23. Lebih berkesan bagi saya ketika...
C. Pasangan saya membawakan oleh-oleh saat ia pulang dari bepergian
D. Pasangan saya mengerjakan apa yang seharusnya menjadi tugas saya karena saya terlalu lelah
untuk mengerjakannya


24. Lebih berkesan bagi saya ketika...
B. Pasangan saya tidak menyela saya ketika saya berbicara
C. Pemberian hadiah menjadi bagian yang penting dalam hubungan kami


25. Lebih berkesan bagi saya ketika...
D. Pasangan saya membantu saya ketika ia tahu bahwa saya sudah kelelahan
B. Saya pergi ke suatu tempat untuk menghabiskan waktu dengan pasangan saya


26. Lebih berkesan bagi saya ketika...
E. Pasangan saya dan saya memiliki keintiman secara fisik
C. Pasangan saya memberikan kado kecil yang ia beli saat ia sedang beraktifitas


27. Lebih berkesan bagi saya ketika...
A. Pasangan saya mengatakan sesuatu yang mendorong semangat saya
B. Saya menghabiskan waktu untuk mengerjakan aktifitas atau hobi dengan pasangan saya


28. Lebih berkesan bagi saya ketika...
C. Pasangan saya memberi hadiah kejutan untuk menunjukkan penghargaan kepada saya
E. Pasangan saya dan saya sering bersentuhan ketika melakukan aktifitas sehari-hari


29. Lebih berkesan bagi saya ketika...
D. Pasangan saya membantu saya, khususnya ketika saya tahu bahwa ia sebenarnya sedang sibuk
A. Saya mendengar pasangan saya secara khusus berkata, “Aku menghargaimu.”


30. Lebih berkesan bagi saya ketika...
E. Pasangan saya dan saya berpelukan setelah ia pulang dari bepergian beberapa lama
A. Saya mendengar pasangan saya berkata betapa berharganya saya bagi dia


Yuk, hitung berapa banyak perolehan terbanyak yang kamu kumpulkan.

A: ______ KATA-KATA MANIS/ VERBAL
B: ______ KEBERSAMAAN YANG BERKUALITAS
C: ______ HADIAH
D: ______ TINDAKAN MELAYANI
E: ______ SENTUHAN FISIK

Bahasa kasih yang mana yang nilainya tertinggi? Inilah yang menjadi bahasa kasih utama Anda. Jika ada
dua bahasa kasih yang poin totalnya sama, itu menandakan Anda ‘bilingual’ dan memiliki dua bahasa kasih
utama. Jika ada bahasa kasih yang menempati nilai tertinggi kedua, atau mendekati nilai bahasa kasih
utama Anda, ini artinya kedua ungkapan kasih tersebut penting bagi Anda. Kemungkinan nilai tertinggi dari sebuah bahasa cinta adalah 12.

Kepo nih, bisikin yuk apa bahasa cintamu?

27 Komentar

  1. Kalau suami biasanya langsung ngomong bukan sekadar nunjukin, soalnya kalau cuma isyarat kadang nggak sampai bahasa yang diterima hehehe

    BalasHapus
  2. Bahasa cinta memang unik, meskipun bisa dikelompokkan tetapi prakteknya bisa berbeda2. Jadi penasaran, kenapa jawaban quiznya bukan A-E untuk setiap pertanyaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena setiap bahasa cinta memiliki ke-khas-an yang terkadang saling berkaitan mas. Tapi nggak bisa sama persis antara A-E

      Hapus
  3. Bahasa cinta ternyta aneka macam ya kak..kupikir satu macam saja hehe

    BalasHapus
  4. Cinta, adalah sesuatu yang harus diungkapkan agar pasangan (baca: suami atau istri) tidak kekeringan atau bahkan kekurangan tangki cintanya.


    Hn, pernah dengar tapi harus diperbarui kembali nih.
    . Makasih tilisannya, Mbak

    BalasHapus
  5. Saya banyak di poin B, kebersamaan yg berkualitas hehe... udah gak terbiasa dg bahasa cinta verbal, krn tipe suami lebih suka membuktikan cinta langsung dg action hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shis punya 2 skor tertinggi dominan kak.

      Pelayanan dan hadiah.

      Hahaha

      Hapus
  6. Baru tau sama bahasa cinta beginian kak. Boleh lah nanti dicari tahu tp kalau udh punya pasangan halal aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga mencari tahu bahasa cinta kita sendiri. Agar bisa mengkomunikasikan ke pasangan kita tipenya apa

      Hapus
  7. Aku tau yang gini dari dokter Aisyah Dahlan. Tapi kuesionernya ok nih aku simpan ya.. biar bisa ditanya menjelang pillow talk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokter Aisyah Dahlan emang pakar Neurosains ya..

      Siiip, moga bermanfaat

      Hapus
  8. Hal sederhana yang suami lakukan adalah mengirim emot-emot lucu via WA. Receh banget sih tapi kok bikin senyum-senyum sendiri, hehehe

    BalasHapus
  9. buat aku dan pasanganku, bahasa cinta kita itu beda banget. awal-awal penyesuaiannya sangat susah karena masih dengan ego masing-masing. Tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa menyesuaikan:')

    BalasHapus
  10. Wah, seru kuisnya. Nanti dicoba ah dengan pasangan biar tahu bahasa kasih yang pas dan bisa meningkatkan kualitas hubungan.

    BalasHapus
  11. Belum ikutan test bahasa cintanya, lagi cari waktu yang pas buat ngetes biar benar-benar dapet yang mana bahasa cintanya. Tapi tadi udah coba jawab beberapa pertanyaan, saya paling suka kalau dikasih hadiah, hehe. XD

    BalasHapus
  12. wah saya E tertinggi dan D yang keduanya dengan selisih satu poin.
    padahal saya pikir saya suka yang dikasi hadiah hahahah..
    ternyata eh ternyata

    BalasHapus
  13. Wajib bookmark nih postingannya. Kapankapan dicobain tesnya pas lagi santai bareng pasangan. Tapi pembahasannya tentang bahasa cinta emang menarik sih, perlu dibaca berkalikali biar ngeh. Biar bisa makin saling memahami satu sama lain~

    BalasHapus
  14. Waaah makasih bunda udah berbagi info soal menganalisis bahasa cinta pasangan. Menikah udah 3 tahun harus kembali top up tangki tangki cinta nih hehe

    BalasHapus
  15. Kok jawaban saya yang bawah semua.... wkwkwk.
    Saya jadi pengen analisis lebih dalam dengan tanya padanya mana yang membuatnya nyaman jadi kami bisa saling menyesuaikan.
    Makasih ya tes komunikasi psangannya.
    Saya tahu tapi tidak pernah benar2 mencobanya sendiri apalagi mengajak suami mengisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mau mengajak suami mengisi.
      dan biar doi tau juga, kalo saya ini yang tipe bagaimana.
      ye kan

      Hapus
  16. Diawal menikah, sebagai pasangan yang tidak saling kenal kami memgungkapkan bahasa cinta dengan menulis di sebuah buku hahaha.. mau ngobrol ya nulis di buku itu trus ntar dibales lagi.. setelah beberapa tahun akhirnya gak perlu lagi. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah kak Ika.. ini mirip sama ngobrol di kelas kalo guru killer ya kak.. ekwkwk

      Hapus
  17. Aku kayaknya sering kasi hadiah and pelayanan ke istri hehee
    Kasih hadiahnya duit unt belanja alat masak haha

    BalasHapus
  18. kebersamaan berkualitas wkwkwk bu susanti itu dosen elsa dululah smpt wkwkwk trnyata emg yaaa cinta aja pake bahasa konon lg hidup :)) dah lah banyak bahasa ya kak sis wkwk

    BalasHapus
  19. Bahasa cinta itu ternyata banyak ya, kalau awak bahasa cintanya ingin diperhatikan, komunikasi yang terbuka dan jujur, kalau secara fisik ya wajar sama paksu tapi juga gak suka yang berlebihan

    BalasHapus