Merancang aktivitas dan target Ramadhan 1441H

Disaat kita merasakan pandemi virus Corona yang meresahkan, kita selayaknya patut bersyukur kepada Allah SWT, Rabbi Izzati yang mengizinkan kita menghirup nafas di bulan penuh keberkahan, Ramadhan 1441 Hijriyah ini. Walaupun ditengah badai ekonomi dan kesulitan aktivitas karena adanya pembatasan pergerakan namun kita masih bisa meraih banyak kesempatan beramal baik dengan berfikir hal-hal yang positif dan  melakukan aktifitas yang positif pula. Di tahun ini, Ramadhan terasa sangat istimewa sebab ia hadir di hari Jum'at dan akan berlangsung sebulan penuh lamanya melewati lima kali hari Jum'at.

Ramadhan tahun ini memang berbeda suasananya. Namun jangan sampai ia hadir dan kita melewatinya tanpa makna. Karena di bulan Ramadhan Allah memberikan banyak kebaikan dengan melipatgandakan pahala dari amalan kita tentunya sangat merugikan bila kita melewati Ramadhan tanpa aktivitas dan ibadah yang maksimal. Kita bisa memulai membuat target aktivitas bermanfaat yang memacu kita melaksanakan kegiatan secara teratur dan terperinci.

Kegiatan ini bisa dibagi menjadi kegiatan dan target pribadi diri kita sendiri, kegiatan yang melibatkan keluarga dan juga kegiatan yang dirasakan manfaatnya bagi orang lain (masyarakat di sekitar kita). Tulislah aktivitas yang bisa dilakukan secara rutin setiap harinya selama Ramadhan berlangsung. Lalu tempelkan pada dinding atau tempat yang mudah mereminder kita untuk menyelesaikan tiap target yang kita harapkan agar nantinya mudah pula kita evaluasi.

Saya pribadi membagi kegiatan menjadi tiga bagian. Pertama adalah untuk diri saya pribadi agar semakin baik dan maksimal di Ramadhan. Kedua adalah program yang akan melekatkan bonding bersama anak-anak. Dengan harapan program ini akan menyemangati mereka selama beribadah di bulan Ramadhan dan juga memberikan edukasi dan konsep yang baik terhadap Ramadhan yang tidak melulu berbicara tentang puasa saja. Lalu yang ketiga, adalah aktivitas yang bisa memberikan manfaat buat masyarakat di sekitar saya tinggal. Dalam hal ini tetangga. Karena tetangga adalah orang pertama yang memiliki peran penting dan merupakan pengganti keluarga besar kita. Terutama bagi perantau  yang notabene jauh dari keluarga besar sendiri.

Berikut saya coba membuat to do list sederhana terhadap aktivitas dan target di bulan Ramadhan

Program Ramadhan 1441 H
Shisca Bunda D'Lima

1️⃣ *Program Pribadi*
1. Karantina ( _Khatam Quran Tiga kali targetnya_)
2. Pandemi ( _Empat raka'at Dhuha minimal tiap hari_ )
3. RSSF ( _Rawatib Setiap Sholat Fardhu_ )
4. TTM ( _Tahajud Tiap Malam_ )
5. ODP ( Olahraga Dukung Persalinan)
6. SaSuKe ( _Satu Suroh Kelar_ ) ----->hafalan

2️⃣ *Program Keluarga*
1. PSBB ( _Pendalaman Siroh Bersama Bunda_ )
2. MasKeR ( _Ma'tsurat Keluarga Rutin_ )
3. Virus ( _Everyday Tadarusan_ )
4. Tabah ( _Tarawih Berjamaah_ )

3️⃣  *Program Masyarakat*
1. SaTGaS ( _Satu Ta'jil untuk Tetangga Setiaphari_ )
2. Positif (Postingan Inspiratif)

29 Komentar

  1. Dari semua target bunsissss mudah2an sebijik pun ada yg nyangkut ya bagi awq yg miskin ilmu ini

    BalasHapus
  2. Kalau saya sebenarnya ga ada agenda agendaan. tp bgs juga nih di bulan ramadhan, jd awak ga ngeJogrok aja di rumah, di depan tipi hahaha
    Kadang gitu menikmatinya loh, sampe malas ngerjain yg lainnya huhu

    BalasHapus
  3. Wuah programnya uhuy juga. Semoga bisa terlaksana dengan baik dan maksimal. Henny juga masih belajar sih untuk membuat target berkala.

    BalasHapus
  4. awak dari kemaren pengen buat ini, bingung gmn caranya. Alhamdulillah dicerahkan skrng dgn baca artikel kk. jazakillah khoir kak. sehat2 terus aamiin.

    BalasHapus
  5. semoga target-targetnya tercapai ya kak. tambahin foto donk kk, biar bisa nyontek list Program Ramadhan 1441 H nya

    BalasHapus
  6. Mantap dan kreatif bangat dlam membuat target - targetnya... Jdi tinggal mnjlanka. Dan semoga semua tercapai...

    BalasHapus
  7. Masya Allah.
    Bagus banget programnya.

    Semoga targetnya tercapai.
    Target ini pakai hadiah dan hukuman kak?

    BalasHapus
  8. Keren ya akronim2nya Mom Shischa.. berhubungan semua dg wabah pandemi Covid-19 betuah ini ahaha... smoga target pribadi dan target Ramadan anak2 bs tercapai ya. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cemana hari ke-6 Romadhonnya, Mom Shischa...? Semoga semakin semangat menjalankan program pribadi, keluarga dan masyarakat ya, Ma'an najah!

      Hapus
  9. Targetnya kekinian ya Bun, hahaha.
    Pandemi. Virus dan kawan-kawan gak ketinggalan.

    Satgasnya bisa diperluas sampe ke bandar setia?

    BalasHapus
  10. Waw keren kak. Ibu yg kreatif, jadi selama ramadhan ini semua kegiatan mengarah ke hal2 yg bermanfaat ya. Salfok jg sama singkatannya yg kece2 hehe

    BalasHapus
  11. Semoga kegiatannya lancar ya mba

    BalasHapus
  12. aihh awak nyonteklah bunsis...
    ada yang kepikir ada yang gak kepikir, jadi baca to do list mu jadi pencerahan nih...
    terimakasih terimakasih bunsis

    BalasHapus
  13. Targetnya keren banget kk. Semoga dimudahkan ya. Saya contek sebisa saya aja. Nggak berani pasang target terlalu tinggi, wkwk..

    BalasHapus
  14. lucu2kl kali namanyaaa. menyesuaikan dgn musimnya saat ini. masyaAllah ya kak bisa mendalami sirah :" kepengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pepet terus sa.. soalnya mau lahiran dia nih ..

      Hapus
  15. Saya sepanjang hidup, memang baru merasakan Ramadhan dalam suasana seperti ini, Mbak. Tapi memang terus optimis, semangat, dan melakukan aktivitas. Dan keren sekali program Ramadhannya ya, Mbak. Nama-nama juga disesuai. Ingat nama Sasuke, kayaknya itu nama familier di film kartun Naruto kayaknya hehehe.

    BalasHapus
  16. Program nya boleh aku tiru ga kak? Soal nya bagus buat di praktekkin

    BalasHapus
  17. Mantab nih targetnya, meskipun lagi stay at home bukan berarti target Ramadan juga tidak ada. Keren.

    BalasHapus
  18. Luar biasa.. Kece istilahnya.. Kreatif.. Smg dimudahkan y mb.. Aamiin

    BalasHapus
  19. Berfaedah semua ya kegaiatannya, itu ada program 3 kali khatam qur'an. Daya sendiri sama anak-anak Alhamdulillah baca Al-qur'an hehe tp dengan balasan main HP 1 jam 😑

    BalasHapus
  20. Salah satu targetku selain target beribadah adalah update blog setiap hari. Lumayan menguras energi apalagi kalau tulisannya kudu panjang he..he... Semoga apa yang kita rencanakan untuk kebaikan Ramadhan tahun ini terwujud ya mbak. Aamiin.

    BalasHapus
  21. WOw! Program Ramadhan 1441 H-nya luar biasa Mbak. Bagi saya.
    Semoga lancar ya Mbak. Doakan saya ikut ketularan

    BalasHapus
  22. Keren mbak programnya. Semangat yaa lancar semua misinya. Aku juga merasa ini waktunya banyak harusnya lebih bermanfaat pemakaiannya. Makasih sdh diingatkan ya Mbak. Selamat puasa.

    BalasHapus
  23. Ya Allah kenapa bikin program beginiiii... Aku jadi pengen. Aku contek ya mba. Semoga bisa terpenuhi juga. Amin

    BalasHapus
  24. benet hrs ada to-do-list ya kak...krna jadi ngerti prioritas mana dulu yg hrs dikerjakan..semoga dilancarkan semua ya kak..

    BalasHapus
  25. MasyaAllah ... Targetnya khatam Qur'an tiga kali? Huhuhu, langsung melipir nih aku. Tahun-tahun lalu aja gagal terus mau khatam satu kali. Tahun ini sepertinya pun begitu. Tapi InsyaAllah, aku fokus sama tambahan hapalan aja.

    Semoga berhasil dan doakan aku juga ya, Mbak ...

    BalasHapus