Menumbuhkan rasa peduli dan daya pikir anak lewat stimulasi permainan edukatif di Bebeland bersama Bebelac



Menumbuhkan rasa empati terhadap lingkungan sekitar pada anak usia dini itu hal yang mungkin gak sih Moms? Beberapa diantara kita ada yang berpendapat itu adalah hal yang sulit, berharap para bayi memahami kesulitan yang dirasakan orang lain sementara bayi kita - yang baru aja kita nikmati momen bisa lancar berjalan, bicara dan berlari - pun memerlukan banyak perhatian khusus buat dirinya sendiri. 

Moms,  sikap empati adalah sebuah sikap yang baik yang dibutuhkan si Kecil agar kelak ia mudah berinteraksi dengan orang lain dan tentunya landasan penting untuk survival yang memungkinkan dirinya menjadi pribadi yang disukai lingkungannya. Salah satu studi di universitas California menemukan bahwa anak usia 18 bulan sudah bisa menguasai komponen kunci dari empati yakni kemampuan memahami perasaan orang lain. Lalu di usia empat tahun mereka sudah bisa berfikir dan bertindak lewat aksi peduli dengan lingkungan sekitarnya. Seperti ikut merasa sedih saat temannya jatuh dan berusaha menolongnya. Memberi makanan pada kucing saat melintas atau saat si kecil berusaha berbagi makanan yang ia bawa pada teman sekelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Bebelac dibawah naungan Nutricia yang memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun sebagai pelopor nutrisi awal kehidupan sejak 1896 turut berkomitmen agar para ibu bisa mengasah rasa peduli yang mendukung daya pikir si Kecil Secara bersamaan. Anak yang diasah rasa peduli dan didorong daya pikirnya dengan baik mampu memecahkan masalah yang ada disekitarnya sebagai solusi yang berguna bagi dirinya maupun lingkungannya. Bebelac berharap para orang tua di Indonesia semakin banyak yang tahu cara mengasah rasa peduli bersama dengan daya pikir agar semakin banyak pula anak-anak di Indonesia tumbuh menjadi anak hebat yang memiliki:
Rasa Peduli, dimana ia mampu melihat permasalahan dengan hatinya.
Cepat Tanggap, saat ia mampu memikirkan solusi dengan daya pikirnya.
Tanggap bersosialisasi, dimana ia dapat berinteraksi dan membangun kerjasama dengan teman sebayanya untuk mencari solusi atas permasalahan yang ditemukan disekitarnya.
Susu pertumbuhan Bebelac dapat menjadi salah satu sumber nutrisi yang mendukung daya fikir dan sistem pencernaan dan pertumbuhan Si Kecil yang optimal karena telah dilengkapi dengan minyak Ikan dan Omega 6 yang ditingkatkan, Omega 3, FOS:GOS 1:9 yang dipatenkan, serta Vitamin dan Mineral yang menjadikan si kecil siap menerima stimulasi untuk mengasah rasa peduli dan daya pikirnya.


Pada tanggal 26-27 Oktober 2019 di Plaza Medan Fair Medan Sumatera Utara, Bebelac menghadirkan Bebeland, arena permainan edukasi untuk Anak Hebat yang direkomendasikan oleh Roslina Verauli, M.PSi.,Psikolog., Psikolog Anak dari Rumah Dandelion sebagai salah satu bentuk komitmen Bebelac untuk mendukung Ibu membesarkan si Kecil Lewat kombinasi edukasi permainan digital modern dan permainan motorik yang semakin memudahkannya menerima stimulasi yang melatih rasa peduli dan daya pikirnya yang seimbang dari aspek IQ, EQ dan SQ.




Alhamdulillah saya berkesempatan membawa akang Syahid menikmati keseruan bermain di arena Bebeland. Ada 8 permainan edukasi yang dirancang dengan cerita "problem-solution" seperti saat Akang Syahid berusaha melestarikan hutan dengan memberi makan jerapah dan membantu kancil kecil kembali ke habitatnya. Lalu saat Akang Syahid berusaha memutar Gears agar bisa menghasilkan energi listrik untuk menerangi kota dan mengobati hewan yang terluka sebagai pertolongan pertama lalu bersegera membawanya dengan mobil ke Rumah Sakit dengan segera. Syahid pun diajak peduli dengan hewan laut seperti kura-kura dan penyu yang populasinya semakin berkurang agar tidak punah. Yang membuat bunda merasa senang, di Bebeland anak  sejatinya belajar tapi mereka having fun menikmati keseruan bermain di Bebesea, BebeTown dan BebeForest tanpa mengeluh lelah dan bosan. Semoga dengan memahami situasi sosial Lewat 8 permainan itu Akang Syahid akan terdorong terus memberi respon afektif dan kognitif yang kompleks terhadap dirinya dan sekitar.


Tak hanya ada 8 permainan yang tersebar di BebeTown, BebeForest dan BebeSea, pengunjung juga disajikan acara demo masak oleh Chef agar menginspirasi para ibu menyajikan menu makanan padat gizi yang penuh nutrisi untuk kebutuhan si Kecil dan sekaligus mengajak si kecil turut berperan menghias cake bersama ibu sesuai daya pikir, kreativitas dan imajinasinya. Senang sekali Akang Syahid turut serta dan antusias saat menghias Banana bread yang telah dipersiapkan buat anak-anak hebat dan pengunjung.

Bersama Pendongeng dari Kampung Dongeng Medan

Ki-ka : Kak Ria, Shisca (author), Kak Indri



Setelah acara baking cake selesai, pengunjung juga dihibur oleh kehadiran Kak Indri dan Kak Ria, para pendongeng yang sudah sangat dikenali anak-anak kota Medan dari Kampung Dongeng Medan membawa inspirasi kisah dongeng si kelinci dan bermain tebak-tebakan. Suasana terlihat sangat ceria saat anak-anak diajak bermain gerak sambil bernyanyi.

Massa ramai memadati arena Bebeland

Sesi foto bareng Ocean

Ocean,jilbab merah-pengisi suara Rara

Tak hanya itu, ternyata Bebeland juga memberikan kejutan yang sangat dinantikan para anak-anak kota Medan. Bila di hari Sabtu sebelumnya, bintang utama yang hadir adalah Jonathan Frizzy bersama keluarganya untuk turut menginspirasi keluarga hebat di kota Medan, di hari Minggu bintang utamanya adalah Nussa Rara yang diwakili oleh Ocean sang pengisi suara Rara di film Nussa-Rara. Suasana panggung sangat padat dan meriah. Anak-anak dan para orang tua berkumpul dan turut bernyanyi bersukacita bersama Ocean. Beberapa anak berebut naik ke panggung bersalaman dan berfoto bersama. Ocean yang usianya baru lima tahun turut menginspirasi anak-anak hebat di kota Medan agar makan makanan yang sehat, istirahat dan bermain bersama teman dan ayah dirumah untuk membatasi kecenderungan bermain gadget yang saat ini tengah dialami banyak anak di Nusantara. Ocean sendiri mengaku, hanya diperbolehkan bermain gadget 2jam di hari Sabtu setiap pekannya.

Bersama para momblogger dari komunitas Blogger Sumut

Ki-ka : Malinda, Hidriani, Shisca (author), Icha


Semoga acara baik yang sangat bermanfaat ini hadir kembali di tahun yang akan datang di kota Medan agar para orang tua menyadari bahwa pemenuhan nutrisi dan kesehatan pencernaan adalah pondasi penting agar si kecil siap menerima stimulasi untuk melatih rasa peduli dan daya pikirnya sesuai tahapan usianya. Karena untuk memenuhi sikap peduli dan kecerdasan berpikir si kecil tak lepas dari faktor pendukung seperti tumbuh kembang yang optimal, pemenuhan nutrisi yang umum dan spesifik yang menjadikan ia tanggap berpikir memberikan solusi untuk dirinya dan orang sekitarnya juga tanggap peduli dalam mengelola emosi dan sosial. Dan yang tak kalah penting adalah pemenuhan nutrisi yang tepat dan kesehatan pencernaan yang mampu mempengaruhi penyerapan nutrisi yang optimal dan mendukung kebutuhan si Kecil.

Bagi orangtua dan Ananda yang belum berkesempatan menghadiri kegiatan ini bisa mendownload E-book yang direview oleh psikolog untuk mengasah rasa peduli dan daya pikir si kecil yang dapat diterapkan sehari- hari secara gratis loh.

44 Komentar

  1. Ini acara kmrn ya bunsis.
    Sapa tuhh si ganteng yg diajak..
    🥰seru keknya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya acaranya dua hari Bun, Sabtu dan Minggu.
      Tapi kami hadir di hari Minggu bersama si akang syahid. Seruuuu bangett Bun

      Hapus
  2. Akang syahid gak mau pulang pastinya diajak ke tempat seru begini. Pengennya acara begini hadir terus secara rutin ya bun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga tahun depan acara Bebeland dari Bebelac hadir kembali ya di kota Medan. Dan Syahid bersama bunda berkesempatan kembali mengikuti acara baik ini

      Hapus
  3. Kepo nih, Mbak. Si kecil udah kenal gadget belum? Soalnya ngeri juga cerita tentang bocah2 yg udah kecanduan gadget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putra putri kami sama sekali belum diberikan gadget mba. Semuanya pada asyik baca buku saat mereka tidak beraktivitas diluar ruangan

      Hapus
  4. Asik banget ya kak ibu & anak bisa enjoy the event. Main-main dong bebelac ke bogor hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah seneng dan enjoy yang pasti mba.

      Coba deh cari informasi terkait tempat acara ini di website Bebelac. Siapa tau di Bogor juga Bebeland Hadir

      Hapus
  5. Seru yaa acaranya Kaka cantiik,, ah sayang gak bisa ikut, Sabtu Ahad udah ada rencana keluarga. Hihi... Dpt tetesan ilmunya nih dr tulisan Kak Shischa. Btw, malamnya kami jelong² ke PMF, msh ada aja lohh dongeng dr Kado-nya... Ckck,, to the max beud yaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, iya nih...
      Kakak-kakak dari kampung dongeng emang all out bangett. Baru ngeh ternyata mereka Sampe malam ya..
      Mereka itu udah Hadir sejak Sabtu loh kak Mia

      Hapus
  6. Emak-emak blogsum sumut emang kece ya..

    Seneng banget bisa hadir di acara yang seru begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha
      Kalo yang ini gak perlu diragukan lagi lah

      #eaaaa

      Hapus
  7. Ini keren bangets ya event Bebeland, bertabur ilmu dan bintang tamu.
    Auto download deh E-book yang untuk mengasah rasa peduli dan daya pikir si kecil yang dapat diterapkan sehari- hari.
    Mayan kan gratis. TFS Mbak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss download mba Dian, semoga banyak insight yang didapat ya dari e-book nya.
      Terimakasih sudah mampir

      Hapus
  8. Saya sudah sering membaca postingan acara yang diadakan oleh bebelac ini. Dan.. selalu keren ya, Mbak. Dikemas untuk Ibu dan anak yang hadir. Jadi Ibu dapat ilmu, anak-anak juga senang dan meningkatkan aktivitas mereka. Semoga lebih banyak acara seperti ini yang diadakan di kota-kota lain. termasuk Kebumen hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat warga kebumen.
      Kemarin saya taunya event ini baru aja selesai ya di Surabaya. Terimakasih sudah berkunjung ya mas Bambang

      Hapus
  9. Bermain Bersama di Bebeland by Bebelac, siapa yang tidak mau coba. Lihat acara keren kayak gitu plus dapat ilmu. Semoga acara kayak gini ada di Kota Palu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss lihat informasi tempat terselenggaranya acara Bebeland mas di website resminya. Manatau di kota palu juga ada

      Hapus
  10. Menumbuhkan rasa peduli dan daya pikir anak lewat stimulasi permainan edukatif memang sangat bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, disini juga anak menjadi happy belajar tanpa sadar mereka sedang belajar. Karena HEPI sambil main

      Hapus
  11. aku stuju banget sama 3 point ini dalam mendidik anak
    Rasa Peduli, dimana ia mampu melihat permasalahan dengan hatinya.
    Cepat Tanggap, saat ia mampu memikirkan solusi dengan daya pikirnya.
    Tanggap bersosialisasi, dimana ia dapat berinteraksi dan membangun kerjasama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indeed mba Dona.
      Rasa peduli adalah sesuatu yang sekarang sudah mulai luntur di generasi muda. Semoga dengan adanya stimulasi begini, Anak anak yang kelak jadi penerus bangsa menjadi generasi yang peduli, tanggap dan suka menolong sesama demi masyarakat Indonesia yang sejahtera

      Hapus
  12. Wah, permainannya bagus-bagus... Anak pasti suka dan menikmatinya.
    Adakah permainan yang harus dimainkan secara team work, Mbak? Yang ini sangat penting untuk mengasah empati juga, menurut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mba Susi, di permainan menyalakan lampu kota. Dimana anak mengayuh sepeda agar generator bisa menjadi pembangkit listrik dan lampu kota kembali hidup

      Hapus
  13. Wahh seru banget pastinya, mommy senang karena sambil ngejob tapi anaknya riang gembira hihihi
    Juara dehh bebelac inii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu senang, anak pun senang.. hehehe
      Moga taun depan dapet undangan kembali ya

      Hapus
  14. Senangnya ya mom bisa ajak anak ke bebeland pasti dia betah banget deh krn banyak permainan kreatif yang mengasah iQ, eQ dan sQnya :)

    BalasHapus
  15. Iyess mom, permainannya betul2 bagus karena sudah direkomendasikan oleh psikolog dari rumah dandelion yakni mba Verauli

    BalasHapus
  16. Acara kayak gini tuh yang kudu dibanyakin karena selain seru dan menarik juga banyak manfaat yang didapat. Keren keren... Tfs, mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hope so ya mas, supaya banyak brand yang Termotivasi membuat acara yang positif buat anak-anak Indonesia.
      Terimakasih sudah berkunjung

      Hapus
  17. Saya selalu bingung antara Shisca Elliza dengan Icha Marina,rada mirip padahal orangnya beda.
    Apa yang dilakukan Bebekac dengan Bebeland justru memotivasi para orang tua untuk lebih peduli edukasi mengenai nutrisi untuk anak demi tumbuh kembangnya yang optimal.
    Dunia Bebeland itu semoga selalu bisa hadir secara rutin di berbagai kota besar, kalau bisa lebih lama dan bisa diadakan juga di berbagai pusat perbelanjaan kota besar secara beberapa hari agar orang bisa punya kesempatan untuk hadir lagi. Rasanya pasti tidak puas jika hanya sekali datang.
    Saya bahkan belum sempat karena sikon.
    Andai di Garut juga ada.
    Soal melatih kepedulian pada anak kecil, penting banget. Saya sudah melakukannya kepada Palung agar dia tidak melakukan sesuatu yang tidak baik sejak masih menyusui dan sudah tumbuh gigi. Tidak boleh sambil menggigit. Lalu setelah besar juga diajarkan untuk sayang dan menjaga yang lebih muda. Itu membuatnya lebih peka dan tidak egois. Tidak mudah tetapi insya Allah bisa. Tetap semangat karena kita punya harapan kepada anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami memang 2 akun yang berbeda mba..
      Biasanya event begini di organizer setahun sekali oleh bebelac di beberapa kota di Nusantara.
      Setuju untuk cara menanamkan kebaikan dan rasa peduli yang udah mba terapkan ke Palung.
      Semoga kelak ia jadi anak yang berkarakter dan membanggakan. Terima kasih mba sdh berkunjung

      Hapus
  18. bebelac pintar ya, bisa mengetahui metode yanng asyik dan menyenangkan untuk anak. terutama dalam menumbuhkan adanya rasa peduli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya karena bebelac khusus dibantu oleh psikolog dari rumah dandelion yang sudah melakukan riset terhadap permainan yang mendukung IQ,EQ dan SQ

      Hapus
  19. Dengan bermain di Bebeland, dek Syahid punya banyak ilmu yang bisa diserap ya. Minimal, bisa bersosialisasi dengan teman sepermainan..

    BalasHapus
  20. Cerianya si adek.. Gegara minum Bebelac y?
    Kl baca nutrisi kandungamnya.. Paa banget y bun buat anak2

    BalasHapus
  21. Puasnya si Akang Syahid main di bebelac. Keliatan emaknyapun happy bisa kumpul dengan emak-emak blogsum. AH. jadi kangen kalian apalagi bisa sama-sama dapat ilmu dan bermain di acara bebelac ini

    BalasHapus
  22. Seru banget nih acaranya. Ada acara dongengnya segala. Anakku pasti betah tu ikutan main di sana.

    BalasHapus
  23. Pasti seneng banget ya anaknya diajak kesana, apalagi ada 8 permainan edukasinya, pasti anak2 bertambah wawasannya ya

    BalasHapus
  24. Keren banget acaranya ya kak, bagi para ibu nambah wawasan dan anak-anak juga bisa bermain dengan bahagia

    BalasHapus
  25. seruuu kali ya kak. pdhl minggu juga main ke sana tp segan mau main ke bebelac, gak ada lg anak kecil wkwkwk

    BalasHapus
  26. Ini even kemarin ya ka...seru sekali...banyak arena bermain yang keren leren and ada hartis juga yak...kk suka baca IG rumah dendolion. Kemarin psikolognya dr Rumah dendoliaon yak...

    BalasHapus
  27. Nyesel ih nggak bisa dateng kemaren tu. Padahal setahun sekali kan ya event nya di Medan. Buat anak pasti seru banget. Download e booknya aja lah dulu ya.

    BalasHapus
  28. Aku juga ke sini. Rame banget. Seruuu. Buat yg emang minum susu bebelac jg enaaak banyak hadiah hehe. Anakku seneng bgt main di sini. Event yg kutunggu tiap tahun.

    BalasHapus