Practical Lifeskill dan Alat Peraga Edukasi bertema Jagalah Allah

⛳❄🌷⛳❄🌷⛳❄🌷⛳

               *Bakul IDEA*
            Berbagi Kumpulan Inspirasi,Dokumentasi,Edukasi Anak

πŸ”–Nama Anak: Rumaisha
πŸ”–Akun FB/IG ~dari Ayah~ /Bunda: fb. Bassaamnya Si Jiwa/ IG @shisca_elliza
πŸ”–Tema Kegiatan: Jagalah Allah
πŸ”–Deskripsi Kegiatan:
Bismillahirrahmanirrahim
.
Keluarga D'Lima sudah mulai berpartisipasi membantu nenek belanja dan ikut membukakan warung jualan nenek.
Kegiatan membantu nenek, dimanfaatkan Bunda melatih kemandirian (lifeskill) anak-anak sekaligus belajar banyak hal, Seperti:
✔ Mengenal matematika sederhana.
✔ Transaksi jual beli
✔ Menyusun dan merapikan barang dagangan nenek
✔ Menulis
✔ Menimbang benda dengan timbangan
✔ Dan banyak pelajaran lainnya
.
Lalu,saat sedang di warung ada kakak yang membeli bawang. Masha, mencoba membantu menimbangkan bawang 100gram. Bunda ikut membantu mem-pas-kan timbangan karena masih kurang sedikit takarannya.
Setelah itu Bunda bercerita tentang larangan berbuat curang dalam takaran.
QS. Al-Muthafifin 1-6
QS. Ar-Rahman : 9
QS. Al- Isra': 35.
Dan contoh umat Nabi Syu'aib (penduduk madyan) yang dibinasakan Allah dengan Guntur hingga mati bergelimpangan.
.
Lalu, Bunda mengajak Masha untuk menimbang benda seperti ayam,bawang,cabe,daun sop ke atas timbangan. Menakar 1 ons = 100gram
Menakar gula setengah kilo sama dengan 500gram.
Lalu mengajak Masha menuliskan kembali ke kertas (prewriting).
.
Diakhir kegiatan bunda juga mengajak kakak Masha melihat benda-benda yang ditimbang. Lalu bertanya "bisakah kakak Masha membuat cabe, bawang,ayam,daun?"
Kakak jawab "tidak bisa Bunda. Kan harus ditanam"
Bunda lalu mengajak kakak sedikit berdiskusi dan menjawab.
"Iya, manusia diberikan akal untuk mempergunakan kemampuan untuk bercocok tanam. Tapi Allah lah yang menjadikan semua tumbuhan dan hewan serta makhluk bumi ini hidup".
Lihat kak, benda-benda yang kita timbang ini semuanya bermanfaat.
Lalu, karena kakak tidak bisa menciptakan benda benda bermanfaat seperti ini, bunda ingin tanya lagi.
Bisakah kk ciptakan benda yg bagi kita tidak punya manfaat seperti sayap nyamuk?
Masha jawab "tidak bisa" sambil tertawa.
Naaah,
Sayap nyamuk yang kelihatannya tidak berguna bagi manusia saja kita tidak bisa menciptakan.
Sungguh manusia itu maha lemah. Allahu 'Aziiz ul Hakiim (Maha Perkasa dan Maha Bijaksana).
.
Wallahu a'lam bishawab.

21 Komentar

  1. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. foto..mana foto.. xixixi.. eh di grup udah ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi,
      Penyakit suka gak lengkap kalo bikin tulisan ya gini ya Bun

      Hapus
  3. Belajar matematika terapan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ‘

    BalasHapus
  4. Hihi, rekomended keknya bukunya ya kak. Gacil mau juga ah intip2 bukunya

    BalasHapus
  5. Insyaallah ibu yg mendidik anaknya sesuai quran dan sunnah, masuk surga amiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allahumma Aamiiin...
      Doa yang sama buat Kaka juga ya

      Hapus
  6. gak boleh di kurangin, boleh di lebihin :D

    BalasHapus
  7. jadi penasaran ingin membacanya

    BalasHapus
  8. :") pengetahuan ibuknya bikin aku jadi semangat terus belajar buat bekal mendidik anak. Aaaa ibuknya kerenn !!! Bener kata kak astri, belajar sambil diterapkan :πŸ˜ƒπŸ‘

    BalasHapus
  9. Jadi orang tua itu harus banyak banget ilmu ya,,,

    BalasHapus
  10. Saya juga jadi nambah ilmu πŸ˜€

    BalasHapus